Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap

Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap - Paragraf induktif analogi adalah paragraf yang dikembangkan dengan menggunakan pola induktif, yaitu pengembangan paragraf yang memaparkan suatu hal - hal khusus terlebih dahulu, kemudian pada bagian akhir disimpulkan dalam bentuk suatu kesimpulan yang umum. Paragraf ini menyampaikan gagasan utamanya dengan cara membandingkan dua hal yang berbeda yang memiliki banyak kesamaan. Persamaan – persamaan itu kemudian akan disimpulkan ke dalam satu kesimpulan umum.

Contoh Paragraf analogi antara roda dan kehidupan

Roda selalu berputar. Kadang sisi yang di atas menjadi di bawah dan kadang sisi yang di bawah akan berada di atas. Perputarannya pun tak bisa diprediksi, kadang perputarannya cepat dan ada kalanya berputar sangat lama. Begitu juga dengan kehidupan di dunia ini. Kadang kita berada di saat – saat yang menyenangkan dan kadang pula kita berada di masa – masa sulit. Jika kita sedang merasa bahagai berarti kita sedang berada di atas, tetapi janganlah lupa daratan karena sewaktu – waktu kehidupan akan berputar kembali dan menempatkan kita pada posisi yang sulit. Begitu juga jika kita sedang berada di posisi yang sangat rendah, janganlah merasa putus asa atau kecewa, yakinlah bahwa kita akan bergeser dari posisi tersebut. Tetapi, berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, Kehidupan di dunia ini sama seperti perputaran roda yang akan terus berputar.

Contoh paragraf analogi antara warna dan manusia

Di dunia ini banyak sekali warna yang berbeda – beda. Warna – warna tersebut bersatu padu untuk menghiasi dunia ini menjadi sangat indah. Jika mereka dipisahkan, maka keindahan tersebut tidak akan tercipta karena akan terjadi kemonotonan warna. Hal ini sama juga dengan manusia. Kita diciptakan oleh Tuhan dengan berbeda – beda, baik bangsa, bahasa maupun warna kulit. Tetapi perbedaan ini bukanlah suatu yang harus diperdebatkan karena sesungguhnya perbedaan itu sangatlah indah dan perbedaan inilah yang memberi warna bagi kehidupan ini. Coba bayangkan jika di dunia ini semua manusia memiliki ciri – ciri fisik yang sama, tentunya dunia akan menjadi hambar tanpa suasana. Oleh karena itu, jangalah memandang perbedaan sebagai suatu hal yang aneh karena sesungguhnya perbedaan itu menciptakan sesuatu yang indah.
Advertisement

Contoh paragraf analogi antara rayap dan koruptor

Rayap adalah binatang yang sangat merugikan bagi manusia. Mereka selalu menggerogoti perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Mereka selalu memakan barang – barang tanpa henti dan rakus hingga habis tanpa tersisa. Begitu juga dengan para koruptor yang ada di negeri ini. Mereka tak lebih dari seekor rayap yang selalu menggerogoti uang rakyat, tanpa memikirkan akibatnya. Para koruptor ini tak memperdulikan rakyat yang telah memilihnya. Mereka lebih mementingkan perut mereka sendiri dan kelompoknya. Oleh sebab itu, para koruptor tak lebih dari seekor binatang yang sangat kejam dan kotor.

Contoh paragraf analogi antara anak manusia dan anak burung

Seekor anak burung tidak bisa lepas dari induknya ketika mereka baru menetas. Mereka akan selalu di rawat oleh induknya. Bahkan untuk makan pun mereka selalu disuap. Induk mereka tak akan pernah berhenti memberikan kasih sayangnya kepadanya. Namun, ketika mereka sudah bisa terbang, mereka akan meninggalkan sarangnya untuk mencari kehidupannya sendiri. Hal ini juga sama dengan kehidupan anak manusia. Ketika kecil, kita selalu bergantung dengan orang tua. Mereka selalu memberikan kasih sayangnya yang tak terhingga hingga kita dewasa. Kita akan terlepas dari tanggungan orang tua kita dan mencari kehidupan kita sendiri. Akan tetapi, janganlah seperti anak burung yang tidak akan kembali lagi kepada Induknya. Kita harus selalu mengingat jasa – jasa yang telah mereka berikan kepada kita. Oleh karena itu, kehidupan seorang anak manusia sama halnya dengan kehidupan anak burung yang selalu tergantung kepada induknya.     

Contoh paragraf analogi antara kasih sayang ibu dengan matahari

Matahari tak pernah berhenti memberikan kehidupan kepada semua makhluk hidup di bumi ini. Dia selalu menyinari dunia ini, bahkan dunia pun tidak akan bisa terus berlangsung tanpa adanya matahari. Begitu juga dengan kasih sayang seorang ibu yang tak pernah habis untuk anak – anaknya. Ibu selalu merawat kita hingga kita tumbuh dewasa, tanpa kasih sayang seorang ibu kita tak mungkin bisa hidup di dunia ini. Dengan kasih sayang seorang ibu juga, kita akan tumbuh menajadi pribadi yang kuat. Oleh sebab itu, kasih sayang seorang ibu seperti sebuah matahari yang tak pernah berhenti menyinari dunia ini. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top