Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Paragraf Fakta dan Opini Lengkap dalam Bahasa Indonesia

Contoh Paragraf Fakta dan Opini Lengkap dalam Bahasa Indonesia - Berdasarkan kebenaran atau kejelasan isinya, paragraf dibedakaan menjadi paragraf fakta dan paragraf opini. Berikut ini adalah pengertian dan contoh paragraf fakta dan opini.

1. Paragraf Fakta


Paragraf fakta adalah paragraf yang ide pokoknya merupakan suatu hal yang benar – benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Ciri – ciri:

1. Merupakan suatu kebenaran umum.
2. Menyertakan bukti berupa data - data yang akurat.
3. Mengungkapkan peristiwa yang benar – benar terjadi.

Contoh Paragraf Fakta

Contoh 1

Pada tanggal 25 April 2015 lalu, terjadi sebuah bencana alam yang sangat mengerikan di negeri Nepal. Gempa bumi sebesar 7.9 SR tersebut telah mengguncang negeri kecil di sebelah selatan Asia ini yang terjadi tepat pada jam 11. 56 waktu setempat.  Gempa tersebut telah meluluh lantahkan semua bangunan yang berdiri di negeri Nepal. Bahkan gempa ini tercatat sebagai gempa yang paling mematikan yang pernah melanda Nepal sejak 80 tahun terakhir. Gempa tersebut telah merenggut nyawa 6.621 orang dan lebih dari 14.023 korban menderita luka parah dan kehilangan tempat tinggalnya. Kebanyakan korban yang meninggal akibat dari tertimpa reruntuhan bangunan. Mereka tidak sempat menyelamatkan diri saat gempa berlangsung. Saat ini Nepal membutuhkan bantuan kemanusaian berupa pakaian, makanan, dan obat – obatan.

Contoh 2

Dodi yang merupakan seorang anggota DPR dari partai Merdeka tertangkap tangan oleh KPK di hotel Melayu, Senin, 4 April 2015. Dodi ditangkap beserta dengan temannya dan juga seorang pengusaha yang diduga sebagai pemberi suap. Petugas KPK segera membawa Dodi dan tersangka lain beserta barang bukti berupa uang sebesar 700 juta rupiah yang dibungkus dalam bungkusan kardus. Mereka di bawa ke kantor KPK untuk dimintai keterangan. Petugas hingga kini masih mendalami motif penyuapan tersebut dan mencari tahu apakah ada orang lain yang terlibat di dalam kegiatan haram tersebut. Hingga kini, Dodi dan ketiga orang lainnya masih di tahan di dalam tahanan KPK.

Contoh 3

Ikan Paus adalah satu – satunya mamalia terbesar yang hidup di dalam air maupun di daratan. Bobot terberat ikan ini yang pernah tercatat adalah ikan paus biru yang beratnya mencapai hingga 7 ton dengan panjang sekitar 1.000 meter. Monster air tersebut hidup di samudera yang luas dengan memakai ribuan hewan – hewan kecil seperti ikan dan plankton. Karena termasuk ke dalam hewan mamalia, ikan paus bernafas dengan menggunakan insang dan hampir beberapa menit sekali ke permukaan untuk mengambil nafas. Dalam hal berkembang biak, ikan paus bereproduksi dengan cara melahirkan 3 hingga 4 ekor bayi paus yang beratnya mencapai 2 ton. Oleh sebab itu, ikan paus merupakan monster yang hidup di lautan.
Advertisement

2. Paragraf Opini


Paragraf opini adalah suatu paragraf yang topiknya merupakan pendapat seseorang dan bersifat subyektif yang masih belum tentu kebenarannya.

Ciri – ciri:

1. Tidak ada kalimat fakta.
2. Menggunakan kata-kata relatif seperti rasa, cantik, bagus, jelek, dan lain – lain.
3. Menggunakan kata yang tidak pasti atau berupa saran.
4. Masih bisa diperdebatkan.

Contoh Paragraf Opini

Contoh 1

Menurut Alex Sudrajat, Jokowi adalah presiden yang sangat sederhana. Dia juga menambahkan bahwa Jokowi sangatlah ramah dan tidak suka dengan hal yang berbau mewah. Dengan pesonanya, Jokowi berhasil merebut hati para pemilih yang kebanyakan merupakan ibu – ibu. Mereka jatuh cinta dengan kesederahanaan dan kepolosan yang ada pada sosok Jokowi. Meskipun ramah dan sederhana, Jokowi merupakan pemimpin yang cukup tegas.

Contoh 2

Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata merupakan novel yang sangat bagus. Novel ini memberikan kesan yang sangat mendalam dan melibatkan emosi para pembacanya. Tak hanya itu, novel ini juga memberikan pengalaman kepada pembacanya seoalah – olah mereka ikut terlibat di dalam cerita tersebut. Terlebih lagi, novel ini juga sangat dicintai oleh para pecinta novel karena mengangkat budaya lokal. Mereka mengangap bahwa Laskar Pelangi merupakan karya terbaik Andrea Hirata. Tak heran novel ini laku keras di pasaran.

Contoh 3

Pantai Pangandaran adalah pantai yang paling menakjubkan di pulau Jawa. Di pantai ini Anda akan merasakan deburan ombak dan hembusan angin yang akan membuat diri Anda tenang dan melupakan semua permasalahan yang ada di dalam otak Anda. Tak hanya itu, pemandangan alam yang ada disekitar sana juga sangat menyejukan mata. Ditambah lagi dengan air pantainya yang bersih memberikan suatu pemandangan yang tak terlupakan. Oleh karena itu, pantai ini disebut juga dengan primadonanya pulau Jawa.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top