Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif - Paragraf deskripsi adalah paragraf yang gagasan utamanya menggambarkann atau melukiskan sesuatu dengan sejelas-jelasnya agar pembacanaya merasakan atau mengalami sendiri apa yang sedang dibacanya. Ada dua macam paragraf deskrispi, yaitu paragraf deskrispsi objektif dan paragraf deskripsi subjektif.

 

1. Paragraf Deskripsi Objektif


Paragraf deskripsi objektif adalah paragraf deskripsi yang melukiskan suatu objek secara jelas dan apa adanya tanpa adanya kesan pribadi si penulisnya.

Contoh 1

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Indonesia, tepatnya di kota Jakarta. Tempat wisata yang bertemakan budaya Indonesia ini memiliki luas sekitar 150 hektare atau 1.5 kilometer persegi. Taman ini merupakan rangkuman budaya – budaya yang ada di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Tempat wisata ini menampilkan rumah – rumah adat, pakaian adat, dan tarian – tarian tradisional dari berbagi penjuru Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah ini memiliki berbagai macam fasilitas yang lengkap seperti toilet, rest area, dan masih banyak lagi. Selain, rumah – rumah adat, di sini juga terdapat danau yang membentuk miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, berbagai museum, Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1972 dan diprakasai oleh ibu Negara saat itu, Ibu Tien Soeharto.

Contoh 2

Candi Borobudur adalah sebuah situs purbakala peninggalan kerajaan Budha di Indonesia. Candi ini terletak di  Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi yang berbentuk stupa ini dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra yang merupakan penganut Budha Mahayana sekitar tahun 800 masehi. Candi ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang terdapat tiga pelataran melingkar di atasnya. Dinding – dinding di candi ini dihiasi oleh 2.672 panel relief dan 504 arca Budha. Stupa utama candi ini terletak di tengah – tengah bangunan dan dikelilingi oleh tiga barisan stupa yang melingkar dan berjumlah 72 stupa. Stupa – stupa tersebut berlubang yang di dalamnya terdapat arca Budha yang sedang duduk bersila dalam posisi teraratai sempurna.

Contoh 3

Pak Raden adalah salah satu guru di sekolahku. Rambut Pak Raden berwana hitam dan pendek. Warna rambut tersebut terlihat sangat kontras dengan warna kulitnya yang putih. Pak Raden memiliki mata yang sangat besar dan berwarna biru. Dia juga memiliki alis yang sangat tebal. Dia memiliki tubuh yang tinggi dan besar. Tingginya sekitar 170 cm dengan berat 60 kg. Tubuhnya yang sangat proposioanal itu membuat Pak Raden bercita – cita sebagai seorang tentara, tetapi nasib yang membawanya menajdi seorang guru. Tak heran Pak Raden sering sekali terlihat mengenakan topi bermotif tentara. Kini Pak Raden menjadi salah satu guru Matematika di sekolahku.
Advertisement

2. Paragraf Deskripsi Subjektif


Paragraf deskripsi subjektif adalah paragraf deskripsi yang melukiskan suatu objek sesuai dengan apa yang dirasakan oleh penulisnya. Dengan kata lain, penulis melukiskan suatu objek atas dasar perspektifnya pribadi.

Contoh 1

Taman Mini Indonesai Indah (TMII) adalah tempat wisata terbaik yang ada di Jakarta. Taman ini memiliki koleksi budaya Indonesia yang sangat lengkap. Tak hanya itu, di taman ini juga banyak sekali fasilitas – fasilitas yang bisa memanjakan pengunjungnya seperti danau, museum, theter, dan fasilitas - fasilitas lain yang tak kalah bagusnya. Selain fasilitasnya yang lengkap, kita juga akan dimanjakan dengan berbagai pertunjukan yang sangat menarik, diantaranya adalah tarian tradisioanl dari berbagai adat, pawai baju adat, dan marching band. Oleh karena tempatnya yang indah dan fasilitasnya yang lengkap, tak heran tempat wisata ini menjadi tujuan utama wisata yang ada di Jakarta timur.

Contoh 2

Candi Borobudur adalah candi yang sangat Indah yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan situs ini pernah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Candi ini berbentuk bujur sangkar yang dihiasi dengan stupa – stupa yang indah. Tepat di tengah – tengah stupa-stupa yang melingkar cantik tersebut terdapat stupa utama yang cukup besar seolah – olah memahkotai candi itu sendiri. Situs ini memiliki 2.672 panel relief dan 504 arca Budha sehingga menjadikannya sebagai situs peninggalan kerajaan Budha yang terlengkap di dunia. Hingga kini candi Borobudur terawat dan tertata dengan sangat baik sehingga cocok dijadikan sebagai tempat wisata. Selain mendapatka pengetahuan tentang sejarah, kita juga akan mendapatkan sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan.

Contoh 3

Pak Raden adalah salah satu guru yang sangat tegas di sekolahku. Dia memiliki tinggi sekitar 170 cm dan bobot sekitar 60 kg sehingga terlihat seperti beruang yang sangat besar. Pak Raden memiliki rambut hitam dan kulit yang berwana putih. Meskipun dia terlihat garang dan tegas, Pak Raden adalah guru yang sangat baik dn ramah. Dia membuat siswanya menyukai pelajaran matematika karena cara mengajarnya yang menarik dan asik. Tak heran Pak Raden menjadi guru terfavorit di sekolahku.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top