Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Laporan Wawancara Singkat Mengenai Kewirausahaan

Contoh Laporan Wawancara Singkat Mengenai Kewirausahaan - Di bawah ini, ada sebuah contoh laporan singkat tentang wawancara kewirausahaan. Semoga bermanfaat.

 

BAB 1 Pendahuluan


1.1 Tujuan

Wawancara ini dilakukan untuk berbagi mengenai segala hal tentang kewirausahaan, sehingga bisa menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan para pelajar.

 

Bab II Isi Laporan


2.1. Narasumber

Tokoh yang menjadi narasumber dalam wawancara ini adalah salah satu ketua umum Himpunan Pengusaha Muda dan Sukses Indonesia (HPMSI), Bapak Chairul Azwar, M. Pd.

2.2. Waktu

Wawancara ini dilakukan pada :

Hari : Jum’at
Tanggal : 22 Mei 2015
Pukul : 17. 00 WIB

2.3. Tempat

Wawancara ini dilaksanakan di kantor pusat Himpunan Pengusaha Muda dan Sukses Indonesia (HPMSI), cabang Lampung, di jalan Sultan Badarudin II, no. 7, Bandar Lampung.

2.4. Pewawancara

Wawancara ini dilakukan oleh team yang terdiri dari :

Pewawancara : Ario Wiguna
Pencatat : Dewi Safitri

2.5. Transkip Hasil Wawancara

Pewawancara : Selamat sore pak, kami dari mahasiswa Unila mohon izin untuk meminta waktu bapak untuk bisa diwawancarai.

Narasumber : Selamat sore, baiklah silahkan!

Pewawancara : Menurut Bapak apa sih wirausaha itu dan kenapa kita perlu berwirausaha ?

Narasumber : Wirausaha adalah suatu usaha yang dilakukan oleh diri sendiri dengan cara mengidentifikasi peluang sehingga menghasilkan sebuah usaha yang dapat menghasilkan sesuatu. Berwirausaha sangat penting dilakukan karena dengan berwirausaha kita bisa mencukupi kebutuhan hidup kita maupun orang lain di sekitar kita. Dengan menjadi seorang wirausahawan kita juga bisa menjadi seorang yang baik karena untuk menjadi orang yang baik, tentunya kita bisa menolong orang lain. Oleh karena itu, dengan berwirausaha kita bisa menolong orang – orang yang membutuhkan pertolongan kita.

Pewawancara : Bagaimanasih menumbuhkan jiwa wirausaha di dalam diri kita ?

Narasumber : Jiwa wirausaha harus ditumbuhkan sejak dini yaitu dengan cara bergaul dengan orang – orang yang memang memiliki latar belakang sebagai pengusaha. Disamping itu, menumbuhkan jiwa wirausaha juga bisa dilakukan sendiri dengan cara membaca – membaca buku dan mengikuti seminar tentang kewirausahaan.

Pewawancara : Menurut Bapak, mengapa kita perlu belajar berwirausaha bukannya lebih baik jika kita langsung saja terjun ke dunia ini ?

Narasumber : Tentunya sangat perlu karena segala sesuatu kita pasti membutuhkan perbekalan. Nah, dengan mengetahui tehnik, manajemen, pemasaran, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan wirausaha kita bisa menjadi lebih siap, sehingga kita bisa terhindar dari kebangkrutan. Kita tidak bisa memula suatu bisnis tanpa adanya persiapan, kalaupun tetap dilakukan saya yakin usaha tersebut akan menjadi bangkrut.
Advertisement

Pewawancara : Bagaimanasih cara kita memulai suatu usaha ?

Narasumber : Pertama – tama kita harus melakukan research tentang peluang suatu usaha. Dengan cara mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, tetapi sulit untuk didapatkan. Setelah itu, siapkan segala sesuatunya dan jalani usaha tersebut dengan giat dan jangan cepat berputus asa. Jika gagal, cari terus peluang usaha yang menjanjikan karena kegagalan adalah temannya para pengusaha.

Pewawancara : Dalam menjalani usaha kita, bisakah Bapak memberikan tips dan trik agar usaha kita bisa maju ?

Narasumber : Jika menjalani usaha hal pertama yang harus kita perhatikan adalah pemasarannya. Kita harus menciptakan promosi yang sangat bagus mengenai barang yang kita jual sehingga produk kita bisa mengenai hati para konsumen. Setelah itu, kita harus memperhatikan kualitas produk yang kita jual, dan yang terakhir sebagai seorang wirausaha, konsumen adalah raja. Oleh karena itu, perlakukan konsumen kita dengan sangat baik.

Pewawancara : Baiklah saya rasa cukup sampai di sini, Terimakasih Bapak atas waktu dan ilmu yang telah Bapak berikan kepada kami, semoga usaha yang Bapak jalani sukses.

Narasumber : Aminn. Terimakasih kembali.

2.6 Analisis Hasil Wawancara

Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Chairul Azwar, M. Pd, dapat kita ketahui bahwa wirausaha adalah suatu usaha yang dilakukan oleh diri sendiri yang bisa menghasilkan sesuatu. Wirausaha sangat penting dilakukan, karena dengan wirausaha kita bisa memenuhi kebutuhan hidup kita maupun orang – orang di sekitar kita. Ketika ingin memulai suatu usaha, kita harus mempelajari seluk beluk wirausaha itu agar kita terhindar dari wawancara. Bapak Chairul Azwar, M. Pd. juga membagikan tips dan triknya dalam berwirausaha yaitu dengan memperhatikan promo, kualitas produk, dan pelayanan kepada konsumennya.

 

Bab III Penutup


3.1 Kesimpulan

Setelah wawancara dilakukan, dapat disimpulkan bahwa jiwa wirausaha harus ditanam sejak dini agar kita menjadi pengusaha yang sukses dan tidak mudah meyerah, sehingga usaha yang kita lakukan bisa berhasil. Terlebih lagi, sebelum melakukan suatu usaha, hendaknya kita mempelajari terlebih dahulu tentang strategi – strategi dan cara berwirausaha.

3.2 Saran

Setelah wawancara ini dilakukan, penulis menyarankan untuk semua orang yang ingin kebutuhan hidup diri dan keluarganya bisa terpenuhi, maka berwirausahalah.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top