Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Lengkap

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Lengkap - Pada artikel sebelumny kelasindonesia.com telah membahas secara lengkap mengenai kutipan. Kali ini kelasindonesia.com akan memberikan contoh secara lengkap mengenai kutipan langsung lebih dari empat baris.  

Kutipan langsung adalah jenis kutipan yang mana pengutip mengambil secara langsung pernyataan atau ide atau gagasan seorang penulis atau penemu terdahulu untuk mendukung atau menguatkan gagasan pegutip pada karya yang sedang dibuatnya. Teknik kutipan langsung dengan panjang lebih dari empat baris merupakan suatu teknik kutipan langsung yang mana pengutip mengambil lebih dari empat baris panjangnya. Hal ini dirasa kutipan memang benar-benar dibutuhkan untuk mendukung dan menguatkan tentang teori atau pernyataan pengutip. Aturan-aturan dalam menulis kutipan langsung lebih dari empat baris antara lain:

a. Kutipan ditulis pada alinea/ paragraf yang berbeda dengan jarak spasi 2,5
b. Identitas penulis beserta tahun terbit dan halaman ditulis sebelum kutipan dengan format, nama penulis (tahun terbit terbaru: halaman buku)
c. Kutipan ditulis dengan jarak spasi satu, dan tulisan boleh dimiringkan.

Agar lebih jelasnya, berikut diberikan contoh artikel yang menggunakan kutipan langsung lebih dari empat baris.

FERTILISASI PADA MANUSIA


Reproduksi adalah satu –satunya cara suatu makhluk hidup untuk melestarikan (menjaga keeksistesi) jenisnya (keturunan).  Reproduksi dapat ditempuh dengan tanpa kawin (aseksual) atau melalui perkawinan (seksual). Tidak semua makhluk hidup mampu menempuh kedua cara tersebut. Reproduksi pada manusia berlangsung secara kawin, artinya melibatkan dua sel gamet dari dua individu yang berbeda jenis kelamin (sperma=jantan, ovum=betina). Reproduksi pada manusia dan makhluk lain yang melibatkan sel gamet diawali dengan terjadinya fertilisasi, yaitu proses peleburan sel sperma dari induk jantan dengan sel ovum betina yang telah matang yang terjadi di dalam organ reproduksi induk betina. 
Telur yang telah dibuahi oleh sperma akan terus berkembang di dalam rahim ibu ke tahap embriogenesis atau perkembangan embrio. Tidaklah mudah bagi sperma untuk dapat membuahi sel telur. terdapat sekitar 200-600 juta sperma yang dapat dihasilkan oleh pria dan saling bersaing untuk membuahi sel telur. dari sekian ratus juta sperma yang masuk, hanya satu sel sperma saja yang dapat membuahi sel telur, luar biasa. Lalu bagaimana dengan ratusan juta sel sperma yang lain??? Taufiq (2006:43) menjelaskan:

“ setelah nutfah (spermatozoa) diletakkan di dalam vagina , ia harus menempuh jalan yang panjang agar sampai ke ovum. ... . nutfah menghadapi serangkaian hambatan dan kesulitan dalam perjalanannya menuju vagina, rahim, dan saluran. Olehkarena itu, ia harus mampu menempuh jarak itu dalam waktu sesingkat mungkin.  Setelah mengalami perjalanan panjang, sejumlah nutfah (sekitar 40%) akan tertinggal dan tidak dapat mengikuti pertandingan sampai akhir. Sebagian nutfah akan mati oleh lendir vagina. Tidak ada spermatozoa yang mampu bertahan hidup dan melanjutkan pertandingan, kecuali yang mampu menembus vagina dengan selamat. ... . sekelompok nutfah akan tersesat dan hancur di dalam saluran rahim (tuba). Perlombaan lari itu memasuki babak yang menentukan dan mendekati garis finis setelah jutaan peserta gagal di babak – babak sebelumnya. Akhirnya, hanya ratusan yang merupakan unsur terbaik dan terkuat yang sampai ke babak final. ” 

Advertisement
Perjuangan sperma untuk dapat menemukan sel telur, sperma rela berkorban dan berani menghadapi tantanan dengan resiko fatal yang dapat terjadi. Dan sampai akhirnya hannya sperma-sperma terbaik dan tangguh yang dapat bertaha sampai babak akhir. Perjuangan sperma belum berakhir ketika ratusan sperma akhirnya menemukan sel telur. selanjutnya sel sperma akan menghadapi tantangan selanjutnya yaitu dengan lapisan pelindung telur. seperti yang dijelaskan oleh Campbell (2004: 179):

“ ... . sekresi dalam saluran reproduksi betina mamalia mengubah molekul tertentu pada permukaan sel sperma yang telah didepositkan atau dimasukkan selama ejakulasi jantan dan juga meningkatkan motilitas sperma tersebut. Peningkatan fungsi sperma dalam saluran reproduksi betin ini, yang disebut dengan kapasitasi , memerlukan waktu sekitar 6 jam pada manusia. sel telur mamalia diselubungi oleh sel –sel folikel yang dilepaskan dan dibebaskan bersama dengan sel telur itu selama ovulasi. Sebuah sel sperma yang dikapasitasi harus ampu bermigrasi melalui lapisan sel folikelini sebelum mencapai zona pelusida, atau matriks ekstraseluler sel teur. ... . Zona pelusida berfungsi sebagai reseptor sel sperma, yang berikatan dengan molekul komplementer pada permukaan kepala sperma. Pengikatan kepala sperma dengan molekul reseptornya menginduksi akrosom sperma itu untuk membebaskan isinya dengan cara eksositosis. Enzim – enzim pencernaan protein dan hidrolase yang dikeluarkan dri akrosom membuat sel sperma mampu menembus zona pelusida dan mencapai membran plasma sel telur tersebut. Reaksi akrosomal ini juga memaparkan sejenis protein pada membran sel sperma yang berikatan dan menyatu dengan membran sel telur. 

Pengikatan sel sperma dengan sel telur memicu depolarisasi membran sel telur, yang berfungsi sebagai pemblokiran cepat terhadap polispermia”. 

Hanya ada satu sel sperma yang berhasil membuahi sel telur. kasus bayi kembar merupakan bukan hasil dari pembuahan ganda (satu sel telur dibuahi oleh lebih dari satu sel sperma). Setelah satu sel sperma yang terbaik dapat membuahi sel telur, maka respon alami akan terjadi, yaitu seperti mengerasnya lapisan pelindung sel telur agar tidak dapat dibuahi oleh sel sperma yang lain. Setelah terjadi pembuahan  (fertilisasi), maka proses selanjutnya akan terjadi pembelahan sel dan pembentukan organ. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top