Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Esai Tentang Pendidikan dalam Kehidupan Manusia

Contoh Esai Tentang Pendidikan dalam Kehidupan Manusia - Pendidikan membuat pengaruh yang begitu besar terhadap kehidupan manusia, seperti yang dikatakan pada esai berikut ini. 

Pengaruh Pendidikan bagi Kehidupan Manusia

Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Hal ini menjadikan pendidikan sebagai kebutuhan utama yang harus dimiliki oleh manusia. Oleh sebab itu, manusia telah diperkenalkan dengan dunia pendidikan sejak mereka lahir dan terus berlangsung hingga kematiannya. Jika kita memiliki dasar pendidikan yang bagus, maka hal ini akan lebih mudah untuk mengembangkannya. Manusia juga akan lebih mudah menerima dan beradaptasi dengan kehidupan yang lebih baru dan maju. Mereka dapat menerima nilai – nilai yang berlaku di masyarakat, sekolah, keluarga, dan lingkungan. Disamping itu, pendidkan juga membuat manusia menjadi lebih cerdas dan menjadi lebih terhormat. Karena pentingnya pendidikan ini, Hampir semua aspek di dunia dipengaruhi oleh pendidikan. Agar lebih konkret, berikut ini adalah sebagian kecil aspek kehidupan yang dipengaruhi oleh pendidikan.

Pertama, pendikan mempengaruhi dunia kerja. Manusia dituntut untuk memiliki keterampilan di bidangnya. Pada umumnya, perusahaan akan melakukan wawancara sebelum menerima karyawan. Di dalam proses wawancara inilah, ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan. Dengan memiliki latar belakang pendidikan yang baik, akan membantu manusia mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya, tentunya dengan pendapatan yang besar. Sebaliknya, jika tidak memiliki latar belakang pendidikan yang baik, manusia akan sulit mendapatkan pekerjaan. Oleh sebab itu, pendidikan sangat berpengaruh dalam dunia kerja. 

Kedua, pendidikan membantu manusia untuk mendapatkan uang. Manusia yang berpendidikan lebih berguna bagi masyarakat dan mudah untuk menghasilkan uang. Hal ini dikarenakan mereka memiliki sesuatu yang menjual. Hanya dengan menggunakan keterampilan mereka, mereka bisa menghasilkan uang. Terlebih lagi, mereka juga tidak perlu bekerja dengan sangat keras menghabiskan seluruh tenaga karena mereka menggunakan otak. Hal ini berbeda dengan manusia yang tidak memiliki pendidikan. Mereka bekerja hanya dengan mengandalkan kemampuan otot saja. Oleh karena itu, Kurangnya tingkat pendidikan dan ketidaksadaran akan pentingnya pendidikan mungkin menjadi faktor utama penyebab kemiskinan di dunia ini. Alangkah indahnya jika semua manusia di dunia ini bisa mendapatkan pendidikan yang layak untuk kehidupan yang lebih baik.
Advertisement

Ketiga, pendidikan memiliki peran yang penting dalam hal komunikasi. Sebagai seorang manusia yang baik sangatlah penting untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan manusia lain. Seorang manusia semestinya harus mengetahui sikap bagaimana berinteraksi yang baik dengan orang lain, baik melalui bahasa tubuh maupun dengan kata – kata. Ketika berbicara dengan orang lain, sangat dianjurkan untuk memperhatikan bahasa tubuh, jangan sampai menunjukan bahasa tubuh yang tidak sopan kepada lawan bicara. Begitu juga dengan kata – kata, manusia harus memiliki kemampuan untuk memilih bahasa yang baik. Hal ini dikarenakan manusia yang berpendidikan akan menjunjung tinggi nilai – nilai kesopanan. Oleh karena itu, cara manusia berbicara menunjukan kepribadian mereka. 

Keempat, pendidikan mempengaruhi jaman. Saat ini manusia hidup di jaman yang serba modern, sehingga segala sesuatunya menjadi lebih canggih termasuk tehnologi. Tehnologi kini memenuhi kehidupan manusia, bahkan alat – alat sederhana seperti pembuka kaleng telah menggunakan tehnologi. Akibat dari meningkatnya perkembangan tehnologi ini, perlu ilmu untuk mengimbanginya. Hal ini dikarenakan untuk menguasai tehnologi atau mengoperasikan tehnologi cukup sulit. Kita harus memiliki pengetahuan untuk menggunakannya. Dengan memiliki pendidikan yang baik, kita bisa dengan mudah menggunakan tehnologi dan mengambil manfaat yang sangat banyak dari tehnologi tersebut. Sebaliknya, jika manusia tidak memiliki pengetahuan tentang tehnologi atau gaptek, mereka akan tertinggal dan tidak bisa mengambil manfaat pada tehnologi.

Terakhir, pendidikan menentukan kesuksesan hidup manusia. Manusia yang sukses adalah manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Dengan kata lain, mereka bisa membantu manusia lainnya. Hal ini dikarenakan, manusia yang berilmu pengetahuan memiliki banyak hal yang bisa mereka berikan untuk manusia lainnya. 

Oleh karena itu, pendidikan sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia di bumi ini karena pendidikan mempengaruhi segala aspek di dalam kehidupan manusia. Diantaranya adalah pendidikan bisa mempengaruhi dunia kerja, membantu manusia menciptakan kemakmuran bagi dirinya, mempengaruhi cara komunikasi, berperan dalam perkembangan jaman, dan mempengaruhi kesuksesan manusia di dunia.    

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top