Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Esai Tentang Merokok (Terbaru)

Contoh Esai Tentang Merokok (Terbaru) - Berikut terdapat sebuah contoh esai atau karangan yang ditujukan untuk membahas tentang bahaya merokok. Semoga bermanfaat.

Bahaya Merokok


“Rokok membunuhmu” Itulah peringatan yang tertera di dalam kemasan – kemasan rokok saat ini. Kalimat tersebut sangatlah sederhana. Namun jika diperhatikan maknanya, kalimat ini sangat mengerikan. Bahkan tidak hanya kalimat itu, pemerintah juga telah memberikan gambar – gambar yang mengerikan akibat merokok pada kemasannya. Jika kita manusia yang pintar dan berfikir, semestinya kita sadar arti dari kalimat dan gambar mengerikan itu. Namun, masih saja ada orang – orang yang tidak menggubris hal itu. Mereka dengan tenang terus menghisap asap – asap yang membahayakan. Mereka tidak mengetahui perbuatan itu memiliki dampak yang sangat berbahaya baik bagi dirinya sendiri maupun orang – orang yang ada di sekitarnya. Untuk dapat menyadarkan para perokok, berikut ini adalah paragraf yang membahas dampak – dampak yang bisa ditimbulkan oleh rokok terhadap kesehatan manusia.

Bahaya yang pertama adalah rokok bisa menyebabkan serangan kanker. Kandungan – kandungan berbahaya di dalam rokok, seperti nikotin akan mengaktifkan sel – sel kanker yang ada di dalam paru - paru. Akibatnya, sel – sel kanker itu akan terus tumbuh dan menyebar di seluruh bagian organ tersebut, sehingga paru – paru bisa membusuk dan tidak lagi bekerja secara optimal. Pada akhirnya mereka menderita Bronchitis. Orang – orang yang telah menderita penyakit kanker paru paru ini biasanya akan sulit bernafas karena paru – parunya dipenuhi dengan air. Bahkan mereka juga bisa mati akibat penyakit ini.

Bahaya yang kedua adalah rokok menyababkan serangan jantung. Kebiasaan merokok akan menaikan hormone adrenalin yang ada di dalam tubuh. Hormone ini adalah hormone yang memacu sistem kerja jantung. Dengan merokok, hormone ini akan terus menerus diproduksi. Bahkan akan merusak kelenjar penghasil hormone ini, sehingga hormone adrenalin akan menumpuk di dalam tubuh yang menyababkan jantung akan terus menerus dipacu dan akhirnya menyebabkan tekanan yang luar biasa pada jantung. Akibatnya, jantung lama kelamaan akan menjadi lemah. Jantung yang lemah ini sangatlah bahaya. Akibatnya, orang yang menderita lemah jantung ini akan sangat rentan terhadap kematian.
Advertisement

Bahaya yang ketiga adalah rokok meenyebabkan gangguan kehamilan dan janin. Rokok ternyata tidak hanya identik dengan kaum adam saja. Kini wanita pun ikut merokok, bahkan ada yang melebihi pria. Wanita perokok ini tidak sadar bahwa kebiasaan buruk tersebut sangat berbahaya bagi kehamilaan dan janin mereka. Rokok akan menghasilkan zat – zat racun di dalam tubuh dan darah mereka, sehingga berdampak langsung dengan janin mereka. Akibatnya, kehamilan para ibu – ibu perokok ini akan mengalami keguguran. Bahkan, jika lahir sekali pun, janin mereka yang tidak sehat itu akan menjadi bayi yang cacat. Contohnya adalah bayi kembar siam, bahkan ada kasus bayi yang lahir dengan jantung yang sangat lemah.

Bahaya yang terakhir dan merupakan bahaya yang amat sangat merugikan adalah rokok juga ternyata mengancam orang – orang yang tidak merokok. Hal ini terjadi karena kebiasaan para perokok yang tidak memiliki aturan dengan merokok di tempat – tempat umum, sehingga orang – orang yang ada disekitarnya juga ikut menghirup asap rokok yang dihasilkan oleh perokok. Karena menghirup asap yang sama ini, mereka juga sangat rentan terhadap bahaya – bahaya yang mengancam para perokok, seperti gagal jantung, kanker paru – paru, dan gangguan kehamilan dan janin. Orang – orang yang menghirup asap rokok ini disebut juga dengan perokok pasif karena secara tidak sengaja mereka juga ikut menghirup asap rokok.

Berdasarkan uraian – uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa kebiasaan merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat membahayakan para perokok dan orang – orang yang di sekitarnya. Orang – orang yang akrab dengan asap rokok ini akan menderita berbagai penyakit yang dtimbulkan oleh rokok seperti kenker paru – paru, penykit jantung, dan gangguan kehamilan dan janin bagi wanita. Bahkan kematian pun sangat dekat dengan mereka. Oleh karena itu, jika kita masih sayang dengan diri kita dan orang – orang di sekitar kita, terutama dengan orang yang kita sayangi, maka mulai dari sekarang berhentilah merokok. Karena seperti apa yang telah tertera di kemasan rokok, merokok membunuhmu.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top