Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Esai Tentang Kepemimpinan (Terbaru)

Contoh Esai Tentang Kepemimpinan (Terbaru) - Di bawah ini, terdapat sebuah contoh esai mengenai kepemimpinan. Semoga bermanfaat. 

Arti Kepemimpinan


Apakah yang dimaksud dengan pemimpin ? Siapakah yang bisa menjadi seorang pemimpin atau bisakah semua orang menjadi pemimpin ? Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sering sekali diutarakan oleh orang –orang ketika belajar mengenai kepemimpinan, baik di acara – acara informal maupun seminar – seminar tentang kepemimpinan. Dari pertanyaan – pertanyaan tersebut, biasanya tiadak ada jawaban yang umum dan jelas mengenai definisi dari kepemimpinan itu sendiri. Banyak orang memiliki jawaban yang berbeda menanggapi pertanyaan itu. 

Banyak orang yang akan meyakinkan Anda tentang tidak ada yang sulit untuk menjadi seorang pemimpin, dan tidak sedikti pula yang akan memberitahu Anda bahwa menjadi pemimpin itu sangatlah sulit. Namun, siapakah yang benar diantara jawaban – jawaban tersebut ? Banyak sekali essai atau tulisan mengenai arti dari sebuah kepemimpinan. Sumber – sumber tersebut akan memudahkan Anda untuk mencari jawaban dari pertanyaan di atas. 

Salah satu definisi yang paling popular mengenai kepemimpinan menyatakan bahwa kepemimpinan adalah suatu kualitas khusus yang dimiliki oleh beberapa orang yang bisa memungkinkan mereka untuk memerintah, mempengaruhi dan memimpin orang lain. Kualitas – kualitas terebut diantaranya adalah karisma seseorang, kekuatan pikiran, potensi intelektual, bakat organisasi, dan rasa tanggung jawab.

Essay lain memberikan pengertian yang berbeda mengenai definisi kepemimpinan, yaitu kepemimpinan adalah pengetahuan psikologi yang nyata dan interaksi sosial antar manusia. Definisi ini mengatakan bahwa setiap orang pasti bisa mengembangkan kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin dengan bantuan dari orang lain.  

Namun, janganlah terlalu memikirkan apa yang dikatakan oleh beberapa essay mengenai teori kepemimpinan ini. 

Karena ada baiknya bila kita mencari tahu sendiri apa yang dimaksud dengan kepemimpian itu ? Hal ini bisa kita lakukan dengan melihat sekeliling kita, melihat orang – orang yang telah menjadi seorang pemimpin. Pernahkah Anda melihat seseorang yang biasa memimpin sebuah perusahaan atau organisasi ? dan dari pemimpin – pemimpin itu, apakah Anda pernah menemukan seorang pemimpin yang memimpin suatu perusahaan atau organisasi, tetapi tidak memiliki karisma, dan tidak ada keahlian khusus. Pasti Anda akan menjawab tidak pernah.

Sayangnya, ada begitu banyak orang di dunia ini yang berada di posisi teratas, orang yang memiliki pengaruh dan kekuasaan, namun tidak ada yang benar-benar memiliki kualitas seorang pemimpin yang nyata di dalam diri mereka. Mungkinkah menjadi seorang pemimpin hanya berarti berada di posisi yang lebih tingggi daripada orang lain?
Advertisement

Tentu saja tidak, untuk memimpin seseorang harus memiliki keterampilan yang bisa membuat orang lain melakukan apa yang Anda inginkan. Meskipun orang lain tersebut melakuannya dengan terpaksa karena seorang pemimpin sejati adalah seseorang yang dihormati oleh orang lain. 

Dan karena hal inilah orang lain akan mengikuti perkataan mereka. Selain itu, seorang pemimpin juga harus memiliki visi dan misi yang nyata. Mereka harus mengetahui mau dibawa kemana suatu oraganisasi atau perusahaan tersebut, sehingga orang – orang yang mengikutinya merasa yakin kepada pemimpinya. Karakteristik pemimpin yang lain adalah, seorang pemimpin haruslah pintar dalam mengambil keputusan, karena mereka adalah otak dari suatu organisasi atau perushaan. Sekali saja mereka salah dalam mengambil langkah, resiko yang mereka terima sangatlah besar.  

Di dunia ini tidak semua kepala lembaga, perusahaan atau organisasi adalah pemimpin. Hal ini dikarenakan otoritas dapat diperoleh dengan cara yang berbeda - beda. Hanya otoritas yang didapatkan dengan didasarkan pada penghormatan orang - tidak takut atau tidak merasa ditekan - pasti bisa membantu kita untuk menjadi seseorang pemimpin sejati.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, menjadi seorang pemimpin menuntut seseorang untuk memiliki  suatu haal yang khas dari diri mereka, yaitu sesuatu yang akan membuat dirinya istimewa, lebih kuat, dan mungkin lebih baik daripada orang lain. Itulah mengapa tidak benar berfikiran bahwa hampir setiap orang dapat dengan mudah menjadi seorang pemimpin karena untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda harus meningkatkan diri Anda, galilah lebih banyak lagi ilmu pengetahuan serta pengalaman. Karena tanpa potensi kepemimpinan yang ada di dalam diri, Anda tidak akan pernah menjadi seorang pemimpin sejati.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top