Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Contoh Teks Narasi Lengkap

Contoh Contoh Teks Narasi Lengkap - Teks narasi ialah jenis paragraf yang menceritakan suatu peristiwa dari waktu ke waktu yang dijabarkan secara urut mulai dari awal kejadian sampai akhir. 

Artinya, teks narasi merupakan jenis teks yang memiliki alur maju, yaitu menceritakan sesuatu secara kronologi. Dalam paragraf narasi, mengisahkan suatu peristiwa secara kronologi, di awal merupakan bagian pengenalan tokoh, bagian kedua merupakan bagian peristiwa atau konflik yang terjaldi, dan bagian akhir merupakan bagian penyelesaian. Paragraf narasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- Menceritakan suatu perbuatan atau tindakan
- Dirangkai secara urut berdasarkan waktu kejadian
- Adanya peristiwa atau konflik
- Alur maju
- Menjelaskan latar atau setting peristiwa
- Menggunakan bahasa sehari-hari 
- Peristiwa yang diveritakan meruakan peristiwa nyata atau khayalan 

Dalam menulis teks narasi memiliki tujuan antara lain memberitakan suatu peristiwa atau menginformasikan suatu pengalaman yang dapat dijadikan pengetahuan. Teks narasi dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan tujuannya:

1. Narasi ekspositorik  adalah Jenis narasi yang memiliki tujuan untuk menginformasikan kisah atau pengalaman seseorang agar dapat menambah wawasan orang lain.narasi ekspositoris merupakan narasi nonfiksi yakni narasi yang menceritakan peristiwa yang benar-benar terjadi. 

Contoh: 

Sebelum sekolah Parmin bergegas pergi ke pasar mengatur kendaraan. Uang yang ia peroleh diberikan seluruhnya kepada ibunya untuk membeli beras dan juga lauk untuk makan hari itu, dan juga untuk uang jajan Parmin di sekolah. Sepulang ia bekerja, Parmin pergi kesekolah  menuntut ilmu. Di sekolah, parmin tergolong anak yang pandai. Parmin mendapat juara ke -5 dalam peerimaan raport semester kemarin. 

Sepulang parmin sekolah, parmin bergegas menuju bengkel pamannya. Parmin membantu pamannya di bengkel dan ia akan diberikan uang setelah membantu pamannya. Uang yang berasal dari pamannya parmin tabung untuk biaya sekolah ke perguruan tinggi. Di malam hari adalah waktu Parmin untuk belajar dan mengerjakan tugas, mengingat siang harinya parmin sangat sibuk dengan bekerja dan belajar disekolah. 

2. Narasi sugesif merupakan narasi fiktif, artinya menceritakan kisah atau peristiwa yang muncul dari hasil imajinasi atau daya khayal seorang penulis. Meski demikian, narasi sugestif menceritakan hal-halyang berkaitan dengan kehidupan nhyata, karena tak jarangcerita diilhami dari kisah nyata dan ditambahkan unsur-unsur imajinatif dari pengarangnya. Teks ini memiliki tujuan untuk memberi wawasan atau menyampaikan pesan moral atau sosial kepada pembaca atau pendengar. 
Advertisement

Contoh:

Sebelum sekolah Parmin bergegas pergi ke pasar mengatur kendaraan. Menjadi juru parkir harus dilakukan oleh Parmin untuk membantu perekonomian keluarga. Meski demikian parmin tak malu jika bertemu dengan teman atau gurunya saat menjadi juru parkir di pasar. Parmin tak pernah malu akan tindakan yang ia lakukan selama itu benar dan halal baginya, itu bukan masalah. Tekad parmin untuk mengubah hidup keluarganya amat kuat menjadi alasannya untuk melawan rasa malu dan malas. Ibu Parmin berjualan gorengan dan jajanan di warung kecilnya, sedangkan ayahnya buruh tani di sawah. 

Uang yang ia peroleh dari pasar diberikan seluruhnya kepada ibunya untuk membeli beras dan juga lauk untuk makan hari itu, dan juga untuk uang jajan Parmin di sekolah. Setiap pagi, pasar ramai, sehingga parmin senang dapat membawa uang banyak ke rumah. Sepulang ia bekerja, Parmin pergi kesekolah  menuntut ilmu. Meski uang yang dihasilkan Parmin terbilang lumayan saat menjadi juru parkir, hal tersebut tak menggoyahkan niatnya untuk mencari ilmu. Karena menurutnya pendidikan adalah satu-satunya cara yang dapat menolong hidupnya. Parmin memiliki cita-cita menjadi seorang engineer. Karena menurutnya dengan menjadi engineer Parmin dapat membantu di sekitarnya membuat alat-alat yang sederhana. 

Orang tua Parmin sangat bangga memiliki anak seperti dia. Tekadnya amat kuat untuk menjadi seorang engineer. Menurut orang tuanya, parmin adalah sosok anak yang mandiri, ia tak pernah minta sesutu yang memberatkan orang tuanya. Hal ini karena Parmin sadar betul, bahwa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja orang tuanya kesulitan. Oleh karena itu, ia tak ingin tak menambah beban orang tuanya. Sepulang parmin sekolah, parmin bergegas menuju bengkel pamannya. Parmin sangat senang bekerja di bengkel pamannya, karena pengetahuan tentang mesin enjadi bertambah . 

Ia akan diberikan uang setelah membantu pamannya. Uang yang berasal dari pamannya Parmin tabung untuk biaya sekolah ke perguruan tinggi. Parmin tak pernah meninggalkan tugas sekolah, malam hari adalah waktu terbaiknya untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah, karena pada siang harinya ia sibuk bekerja dan bersekolah.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top