Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Contoh Gagasan Utama Lengkap

Contoh Contoh Gagasan Utama Lengkap - Gagasan utama adalah topik utama yang menjadi pokok pembahasan di dalam suatu paragraf. Sebuah paragraf pada umumnya selalu memiliki gagasan utama yang terkandung di dalam kalimat utamanya. Kalimat utama tersebut diletakan berbeda – beda, tergantung dengan jenis paragrafnya. Pada paragraf deduktif, kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Paragraf induktif kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Sedangkan, paragraf campuran kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf. 

Di bawah ini adalah contoh – contoh gagasan utama pada paragraf deduktif, induktif, dan campuran.

Paragraf Deduktif


Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf

Contoh :

Paragraf 1

Arus lalu lintas menuju puncak bogor mengalami kemacetan menjelang hari libur panjang yang terjadi. Kemacetan tersebut disebabkan oleh padatnya arus lalu lintas terutama mobil pribadi yang melintasi jalananan menuju puncak. Mobil – mobil tersebut kebanyakan berasal dari orang - orang Jakarta yang ingin memanfaatkan momentum liburan panjang ini dengan mengisi liburan mengunjungi Puncak Bogor. Tidak hanya mobil pribadi, arus menuju puncak ini juga dipenuhi dengan motor dan mobil – mobil pengangkut berukuran besar seperti, truk, dan fusso. Pada hari – hari biasa mobil – mobil pengangkut inilah yang selalu memenuhi jalanan ini. Namun, pada saat liburan ini mereka harus berbagi jalan dengan kendaraan – kendaraa lainnya karena jalanan ini memang merupakan jalur strategis yang menghubungkan antara dua provinsi di Pulau Jawa. Kemacetan ini diperkirakan akan terus melonjak pada hari minggu mendatang. 

Kalimat utama : Arus lalu lintas menuju puncak bogor mengalami kemacetan menjelang hari libur panjang yang terjadi. 
Gagasan utama : Arus lalu lintas menuju puncak macet pada liburan akhir pekan.

Paragraf 2

Kota Bandar Lampung akan terus diguyur hujan deras hingga beberapa bulan ke depan. Musim hujan ini merupakan musim yang terpanjang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Hal ini diperkuat oleh data yang dikeluarkan oleh pihak BMKG yang menyatakan bahwa angin yang membawa awan hujan terus bergerak dan bertiup menuju kota. Awan – awan tersebut mengumpul di atas langit kota dan siap menumpahkan air hujan. Tak hanya itu, cuaca yang tidak bisa diprediksi ini juga mengindikasikan bahwa musim hujan masih terjadi. Ditambah lagi dengan angin kencang yang bertiup turut menandai bahwa musim hujan akan terus berlangsung. Diperkirakan hujan akan terus turun hingga akhir bulan depan. 

Kalimat utama : Kota Bandar Lampung akan terus diguyur hujan deras hingga beberapa bulan ke depan.
Gagasan utama : Hujan akan terus turun di Bandar Lampung hingga bulan ke depan.

Paragraf Induktif


Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di bagian akhir paragraf.

Paragraf 1

Orang yang memiliki kebiasan merokok sangat beresiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan zat – zat kimia yang sangat berbahaya di dalam rokok. Zat – zat tersebut juga akan menggerogoti organ – organ penting lainnya seperti paru – paru, hati, dan lain – lain. Disamping berbahaya bagi perokok, rokok juga membahayakan orang – orang disekitarnya. Mereka juga menghirup asap yang dihasilkan oleh perokok, sehingga mereka juga sangat rentan mendapatkan dampak yang sama dengan para perokok. Orang – orang yang turut menghisap asap rokok ini disebut dengan perokok pasif. Oleh karena itu merokok sangat berbahaya bagi perokok dan orang – orang di sekitarnya. 

Kalimat utama : Oleh karena itu merokok sangat berbahaya bagi perokok dan orang – orang di sekitarnya. 
Gagasan utama : Merokok sangat berbahaya bagi semua orang.
Advertisement

Paragraf 2

Puluhan rumah di Desa Sukamaju hancur tertimpa ribuan kubik tanah yang longsor dari atas bukit. Longsor tersebut menimbun rumah – rumah beserta harta benda yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, longsor juga ikut menimbun perkebunan warga. Sekitar 3 hektare kebun sayuran yang siap panen tertimbun tanah, sehingga menyebabkan kerugian bagi para warga. Oleh karena itu, warga Desa Sukamaju mengalami kerugian yang cukup banyak atas bencana alam ini.

Kalimat utama : Oleh karena itu, warga Desa Sukamaju mengalami kerugian yang cukup banyak atas bencana alam ini.
Gagasan utama : Warga Desa Sukamaju mengalami kerugian karena bencana longsor.

Paragraf Campuran


Paragraf campuran adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di bagian awal dan akhir paragaf.

Contoh:

Paragraf 1

Tekhnologi memiliki dampak baik dan buruk bagi umat manusia. Tekhnologi bisa memberikan manfaat yang sangat banyak bagi manusia.  Dengan hadirnya tekhnologi ini, semua urusan manusia bisa dilakukan dengan mudah. Contohnya tekhnologi transportasi saat ini bisa menghubungkan antar pulau bahkan antar Negara hanya dengan hitungan jam. Namun, dibalik itu semua tekhnologi juga bisa memberikan bencana bagi manusia. Perkembangannya yang sangat tidak terbendung ini bisa menciptakan hal buruk bagi umat manusia. Contohnya adalah senjata pemusnah masal yang bisa mengahncurkan makhluk hidup hanya dalam sekejap. Oleh Karena itu, tekhnologi  ibarat dua buah mata pisau yang bisa memberikan manfaat sekaliugus menciptakan musibah bagi manusia.

Kalimat utama  : Tekhnologi memiliki dampak baik dan buruk bagi umat manusia. 
Oleh Karena itu, tekhnologi  ibarat dua buah mata pisau yang bisa memberikan manfaat  sekaliugus menciptakab musibah bagi manusia 
Gagasan utama : Tekhnologi bisa memberikan manfaat sekaligus memberikan dampak buruk.

Paragraf 2

Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya. Banyak sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Contohnya minyak bumi, gas alam, logam mulia, dan lain – lain. Selain sumber daya tersebut, Indonesia juga sangat kaya akan sumber daya alam hayati dan hewaninya. Banyak binatang dan tumbuhan yang hidup di Indonesia. Contohnya Indonesia memiliki spesies ikan yang sangat banyak di lautannya. Oleh sebab itu, Indonesia dijuluki sebagai negeri atlantis yang hilang.

Kalimat utama : Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya.
Oleh sebab itu, Indonesia dijuluki sebagai negeri atlantis yang hilang.
Gagasan utama : Indonesia disebut sebagi negeri atlantis yang hilang karean kekayaan sumber daya alamnya.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top