Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif dan 4 Contoh Lengkap

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif dan 4 Contoh Lengkap - Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utama atau topik utamanya terletak pada kalimat utama pada awal kalimat di dalam sebuah paragraf.

Paragraf ini dikembangkan dengan pola umum khusus yaitu dengan memaparkan hal – hal umum terlebih dahulu yang merupakan gagasan utama dan kemudian dikembangkan dengan hal – hal khusus pada kalimat penjelas.

 

Ciri – Ciri Paragraf Deduktif


Berikut ini adalah ciri – ciri paragraf deduktif!

1. Gagasan utama pada paragaf deduktif terletak pada kalimat utama yang berada di awal paragraf.
2. Paragraf ini memiliki pola pengembangan umum khusus.

Contoh:

Pak Rozak menjual barang – barang elektronik. (Umum)
Di tokonya tersedia lemari es dua pintu. (Khusus)
Dia juga menjual TV 21 Inchi. (Khusus)
Tak hanya itu, di sana juga tersedia mesin cuci. (Khusus)
Mesin cuci yang dijual tersedia dengan berbagai tipe. (Khusus)

Paragraf di atas diawali dengan menyajikan suatu hal yang umum yaitu, barang – barang elektronik. Kemudian gagasan tersebut dikembangkan dengan menyajikan hal – hal khusus seperti lemari es, TV, mesin cuci.

Penalaran deduktif biasanya digunakan dalam beberapa jenis pola paragraf berikut ini:

1. Silogisme
2. Entimem

 

Contoh – Contoh Paragraf Deduktif


Contoh 1

Kemacetan di kota besar disebabkan oleh beberapa hal. Faktor pertama adalah menjamurnya kendaraan – kendaraan bermotor di jalan raya. Hal ini dikarenakan mudahnya akses untu mendapatkan kendaraan bermotor. Hanya dengan uang sebesar 1 juta saja saat ini telah bisa mendapatkan sebuah sepeda motor dengan sistem kredit. Faktor selanjutnya adalah tidak seimbangannya jumlah motor dengan pembangunan jalan yang ada. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor ini tidak diikuti dengan perluasan jalan raya. Akibatnya, jalan semakin menyempit karena kendaraan yang membeludak. Faktor yang terakhir adalah banyaknya lahan yang dialih fungsikan seperti trotoar yang digunakan sebagai pasar kaget, merebaknya pedagang kaki lima, dan lain – lain.

Contoh 2

Negeri Indonesia adalah Negara kepulauan. Negeri ini disebut demikian karena memiliki ribuan pulau yang terbentang dari sabang hingga merauke. Hampir semua pulau – pulau tersebut telah mendapatkan nama dan berpenghuni. Namun, ada juga pulau yang belum memiliki nama dan tidak berpenghuni. Ribuan pulau tersebut terdiri dari pulau – pulau kecil dan pulau besar. Indonesia memiliki 5 pulau besar diantaranya adalah pulau sumatera, pulau jawa, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, dan pulau irian jaya. Sedangkan untuk pulau kecil Indonesia kira – kira memiliki ribuan pulau.
Advertisement

Contoh 3

Membuat mie goreng instan sangatlah mudah dan gampang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan air. Air dipanaskan di dalam panci kira – kira lima belas menit hingga mendidih. Setelah mendidih, celupkan mie instan ke dalam air mendidih, lalu aduk hingga mie menjadi lunak. Kemudian angkat mie dari panci lalu tiriskan airnya hingga kering. Selagi menunggu mie menjadi agak hangat, siapakan bumbu – bumbu yang ada lalu tuangkan ke dalam piring. Langkah selanjutnya adalah tuangkan mie ke dalam piring yang telah dibumbui lalu aduk hingga rata. Setelah semua bumbu tercampur, berikan tambahan sesuai selera Anda misalnya bakso, sosis, daging ayam, dan lain – lain.

Contoh 4

Hari ini merupakan hari yang paling istimewa bagiku. Banyak sekali kebahagiaan yang aku dapatkan. Dimualai dari ayahku yang tiba – tiba mengetuk pintu kamarku dengan membawa hadiah pagi ini. Hadiah itu merupakan benda yang sangat aku inginkan dalam beberapa minggu terakhir ini. Kebahagiaan ku terus berlanjut hingga di sekolah. Hari ini hasil ujian matematika ku keluar dan aku mendapatkan nilai 9. Sungguh aku tak menyangka aku bisa mendapatkan nilai sebesar itu, tetapi bagaimanapun juga aku harus bersyukur. Setelah pulang dari sekolah, aku mendapatkan kejutan dari teman – temanku. Mereka membawakan ku kue ulang tahun dan kado yang sangat banyak. Lalu pada malam harinya aku dan keluargaku merayakan ulang tahunku dengan mengadakan acara makan malam di luar.

Contoh 5

Tekhnologi komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Pada awalnya manusia mengirimkan kabar kepada koleganya yang jauh dengan menggunakan merpati. Setelah beberapa dekade, manusia mulai menemukan cara baru yaitu dengan menggunakan surat. Penggunaan surat ini bertahan cukup lama, tetapi setelah ditemukannya tekhnologi komputer dan satelit barulah tekhnologi komunikasi tercipta yaitu handphone. Penemuan ini memudahkan manusia dalam hal berkomunikasi. Mereka kini bisa mengirimkan kabar kepada koleganya kapanpun dan dimanapun.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top