Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Cara Mudah Menulis Huruf Tegak Bersambung



Cara Mudah Menulis Huruf Tegak Bersambung - Huruf tegak bersambung adalah sebuah seni yang bisa membuat tulisan tampak menjadi lebih indah dan rapih. Pada umumnya, belajar menulis dengan huruf tegak bersambung sudah diajarkan sejak di bangku SD, tetapi tetap saja menjadi hal yang sulit karena menulis dengan huruf tegak bersambung tidaklah mudah, ada beberapa kaidah – kaidah yang harus diperhatikan.

Agar bisa menulis huruf tegak bersambung dengan mudah, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk menulis huruf tegak bersambung.

1. Mengenali huruf – huruf tegak bersambung

Sebelum menulis huruf tegak bersambung, kenalilah huruf – huruf nya terlebih dahulu, baik huruf kapitalnya maupun huruf kecilnya. Hal ini dikarenakan huruf tegak bersambung sangat berbeda dengan huruf – huruf cetak.  Berikut ini adalah abjad huruf tegak bersambung :

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z 

Pelajari dengan cara berlatih menulis huruf – huruf di atas secara berulang – ulang karena jika sudah terbiasa dan hafal dengan huruf – huruf tegak bersambung, maka menulis kalimat dengan seni ini pun akan sangat mudah.

Untuk mengajari anak – anak, gunakanlah alat bantu dengan menggunakan huruf – huruf tegak bersambung yang menyerupai titik – titik atau samar, kemudian ajak mereka untuk menjiplak huruf  tersebut sehingga membentuk abjad tegak bersambung yang jelas.

Lakukan latihan ini secara terus menerus agar mereka menjadi mahir, setelah itu minta mereka menulis huruf tersebut tanpa menggunakan alat bantu.

2. Menulis dengan buku halus kasar

Buku halus kasar adalah buku yang diciptakan untuk menulis huruf tegak bersambung karena buku ini memiliki garis – garis yang bisa membantu menyesuaiakan tinggi huruf sehingga akan membuat tulisan menjadi lebih bagus dan rapih.

Sebelum menulis, pastikan Anda mengetahui huruf – huru tegak bersambung yang memiliki jambul atau ekor, dan huruf yang memiliki keduanya atau tidak.

Huruf yang memiliki jambul, misalnya b, h, k, l, dan d, t   
Huruf yang memiliki ekor, misalnya g, j, y, p, dan q
Huruf yang tidak memiliki ekor dan jambul, misalnya a, c, e, i, m, n, o, r, s, u, v, w, x, danz 
Huruf yang tidak memiliki keduanya, yaitu f
Huruf – huruf tersebut ditulis pada tepi bawah baris ke tiga pada buku tegak bersambung.

Setelah lancar menulis huruf tegak bersambung di atas, tulis pula huruf kapital tegak bersambung yang juga dimulai dari tepi bawa baris ke tiga, tetapi hampir semua huruf kapital memiliki tinggi yang berbeda – beda. Semua huruf tegak bersambung memiliki tinggi 3 baris kecuali pada huruf G dan J yang memiliki tinggi 5 baris.
Advertisement

3. Menulis kata

Setelah lancar menulis huruf tegak bersambung mulailah untuk menulis kata – kata sederhana setelah itu menulis kalimat – kalimat dan kemudian menulis sebuah paragraf. Semakin sering berlatih, tentu akan membuat kita semakin mahir menulis huruf dengan tegak bersambung. Setelah mahir jangan menggunakan buku halus kasar lagi, beralihlah dengan mencoba menulis pada buku biasa.

Dengan begitu, menulis huruf tegak bersambung akan menjadi sangat mudah karena Anda telah terbiasa menulisnya pada buku halus kasar. Namun, setelah mahir menulis dengan huruf tegak bersambung teruslah mengguanakannya agar kemampuan menulis tegak bersambung Anda tidak menjadi hilang.

4. Menggunakan Microsoft word

Di zaman yang modern ini semua pekerjaan dapat dilakukan dengan sangat mudah berkat tekhnolgi – tekhnologi yang telah ada. Jika Anda tidk mau ribet menulis dengan huruf tegak bersambung, gunakanlah Microsoft Word dengan menggunakan font Lucida handwriting pada menu bar yang ada di atas lembar penulisan. 

Dengan menggunakan font Lucida handwriting, maka tulisan Anda akan otomatis menjadi huruf tegak bersambung, seperti pada tulisan ini. Setelah itu Anda bisa langsung mengeprint tulisan Anda tersebut.   

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top