Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Cara Menentukan Gagasan Utama dalam Teks (Teknik Lengkap)

Cara Menentukan Gagasan Utama dalam Teks - Gagasan utama yang disebut juga dengan gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran adalah suatu topik yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah teks.

Dalam setiap paragraf pasti memiliki sebuah gagasan utama yang terletak baik secara tersurat maupun secara tersirat. Secara tersurat, gagasan utama dapat dilihat pada kalimat utama yang biasanya terletak pada bagian awal, akhir atau awal dan akhir paragraf. Sedangkan secara tersirat, gagasan utama terletak tersirat di dalam seluruh kalimat pada paragraf.

Lalu bagaimana kita dapat menentukan gagasan utama dalam sebuah teks?

Berikut ini adalah tips untuk menentukan gagasan utama dalam sebuah teks.

1. Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks tersebut dengan cermat, dan pahami pula apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Setelah membaca teks tersebut secara keseluruhan, jawablah pertanyaan berikut apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang menjadi topik utamanya.  

2. Temukan kalimat utamanya

Strategi yang kedua adalah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang telah kita ketahui, kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat khusus yang mendukung kalimat utama tersebut. Oleh karena itu, untuk menemukan kalimat utama adalah dengan melihat kalimat utama yang diukung oleh kalimat – kalimat penjelas pada paragraf di dalam sebuah teks.

Bacalah teks tersebut dengan cermat, dengan demikian kita dapat menentukan manakah kalimat-kalimat utama di dalam setiap paragaf tersebut. Agar bisa menemukan kalimat utama dengan mudah, berikut ini adalah ciri – ciri kalimat utama dalam paragraf :

Ciri kalimat utama :

1. Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih lanjut.
2. Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
3. Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
4. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
5. Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata-kata kunci berikut ini :
Sebagai kesimpulan, Yang penting, oleh karena itu, Jadi, Oleh sebab itu, Dengan demikian

Setelah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, maka carilah inti kalimat tersebut dengan cara mengambil subjek dan predikatnya saja, lalu simpulkanlah gagasan - gagasan utamanya.
Advertisement

Contoh :

menemukan kalimat utama pada sebuah teks eksposisi berikut ini.

Buah Alpukat yang bukan buah asli Indonesia ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia. Buah ini berasal dari Amerika Latin dan tersebar luas hingga ke Indonesia berkat orang – orang portugis yang membawanya ke Indonesia. Di dalam buah ini terkandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat baik buat tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat yang bisa diambil dari buah alpukat.

Buah alpukat bisa mengencangkan kulit. Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam kulit menjadi makanan sehat bagi kulit sehingga kulit dapat menghasilkan kolagen yang banyak. Kolagen inilah yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi keriput dan turun. Akibatnya, kulit akan selalu terlihat lebih muda.

Selain itu, buah alpukat juga bisa mencegah obesitas. Kandungan serat dan lemaknya bisa membantu proses diet bagi orang – orang yang ingin menurunkan berat badan. Lemak yang ada di dalam buah alpukat merupakan lemak baik dan tidak jenuh karena mudah larut dalam tubuh sehingga tidak bisa mengendap di dalam darah. Sedangkan seratnya yang banyak, bisa membuat kenyang dalam waktu yang lama.

Terlebih lagi, buah ini juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke. kandungan asam folat di dalam buah ini berperan dalam mencegah stroke. Orang yang sering mengkonsumsi buah alpukat akan memiliki asam folat yang banyak di dalam tubuhnya sehingga menurunkan resiko terkena penyakit stroke.

Buah yang memiliki daging buah lezat ini ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik. Oleh karena itu, buah ini sangat bermanfaat bagi kita.

Perhatikanlah teks eksposisi di atas, bacalah dan temukan kalimat utama pada setiap paragrafnya.

Paragraf pertama

Kalimat utama : Buah Alpukat yang bukan buah asli Indonesia ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia.
Gagasan utama : Buah alpukat sangat bermanfaat.

Paragraf kedua 

Kalimat utama   : Buah alpukat bisa mengencangkan kulit.
Gagasan utama : Buah alpukat bermanfaat bagi kulit.

Paragraf ketiga

Kalimat utama  : Selain itu, buah alpukat juga bisa mencegah obesitas.
Gagasan utama : Buah alpukat mencegah obesitas.

Paragraf keempat

Kalimat utama  : Terlebih lagi, buah ini juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke.
Gagasan utama : Buah ini mengurangi penyakit stroke.

Paragraf kelima

Kalimat utama  : Oleh karena itu, buah ini sangat bermanfaat bagi kita.
Gagasan utama : Buah ini sangat bermanfaat.

Berdasarkan gagasan - gagasan utama pada setiap paragraf di dalam teks tersebut, maka gagasan utama teks eksposisi ini adalah:

Buah alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top