Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

7 Contoh Paragraf Induktif Generalisasi

Contoh Paragraf Induktif Generalisasi - Paragraf generalisasi adalah paragaf yang menggunkana pengembangan pola induktif, yaitu dengan menempatkan gagasan utamanya pada kalimat utama di akhir paragaraf. Paragraf ini menarik sebuah kesimpulan umum berdasarkan data – data yang telah dijabarkan sebelumnya. Data tersebut adalah pernyataan – pernyataan yang berupa hal – hal khusus.

Berikut ini adalah contoh – contoh paragraf generalisai

Contoh 1

Sehabis pulang sekolah Shinta mengerjakan Pr nya, kemudian dia membantu ibunya untuk menyiapkan makan siang. Setelah makan siang, Shinta akan selalu merapaikan meja makan dan membantu ibunya untuk mencuci piring. Sehabis mencuci piring Shinta menjaga adiknya selagi ibunya sedang berisitirahat. Ketika hari sudah sore, Shinta akan memandikan adiknya dan membawanya untuk mengaji ke rumah pak Sholeh. Begitulah kegiatan sehari – hari Shinta sepulang dari sekolah. Dia tidak pernah menghabiskan waktunya tanpa melakukan hal yang berguna. Shinta memangalah anak yang berbakti kepada ibunya.

Contoh 2

Setelah hasil ulangan umum dibagikan, Adi mendapatkan nilai IPS sebesar 80. Nilai itu adalah nilai yang paling besar di kelasnya. Begitu juga dengan nilai bahasa Indonesia, dia mendapatkan nilai 90. Tidak hanya itu, nilai IPAnya pun merupakan nilai yang terbaik di kelas, yaitu 85. Disamping itu, nilai matematikanya tak kalah hebat, dia menapat nilai 95, padahal matematika merupakan pelajaran yang paling sulit. Namun, Adi bisa menguasainya dengan sangat baik. Semua teman – temanya merasa kagum dengan apa yang telah dicapai oleh Andi. Tak heran Adi memang anak yang sangat pintar.

Contoh 3

Indonesia memiliki ratusan ribu pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke. Pulau – pulau tersebut terdiri dari ribuan pualu kecil dan 5 buah pulau besar. Di antara pulau – pulau tersebut, ada yang sudah memiliki nama, dan ada juga yang belum memiliki nama atau bahkan belum berpenghuni. Indonesia memiliki 5 buah pulau besar, yaitu pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papu. Pulau – pulau tersebut sangatlah besar, bahkan pulau Kalimantan dan Sumatera masuk ke dalam pulau yang paling terbesar di dunia. Oleh sebab itu, Indonesia disebut dengan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau.

Advertisement
Contoh 4

Sapi berkambang biak dengan cara melahirkan, mereka melahirkan anaknya setelah mengandung di dalam perut. Demikian pula dengan kambing, mereka juga berkembang biak dengan cara melahirkan. Berbeda dengan sapi, kambing memiliki massa untuk mengandung anak yang lebih singkat daripada sapi. Tidak hanya sapi dan kambing, kerbau pun melahirkan anak – anaknya. Hal ini dikarenakan meraka memiliki kelenjar susu yang ada pada tubuh bagian bawah mereka. Oleh karena itu, semua hewan mamalia berkaki empat memiliki kalenjar susu pada bagian tubuhnya.  

Contoh 5

Kemarin hujan turun dengan sangat deras. Padahal lusa juga hujan turun dengan deras pula. Hal ini dikarenakan bulan ini merupakan puncaknya musim hujan karena angina kencang masih selalu bertiup dengan membawa awan – awan dari tempat yang memiliki ketinggian yang lebih tinggi. Disamping itu, cuaca akhir – akhir ini juga sangat dingin. Bahkan BMKG telah memprediksikan hujan akan terus berlangsung hingga sebulan ke depan. Oleh sebab itu, bisa dipastkan bahwa hari ini juga akan turun hujan yang sangat deras.

Contoh 6

Para koruptor tidaklah memiliki hati. Mereka dengan seenaknya memanfaatkan posisi atau jabatan mereka demi keuntungan priabadi dan kelompoknya. Mereka tidak mengerti atau seakan tidak peduli bahwa perbuatan tersebut merupakan perbuatan dosa. Bahkan telah jelas dikatan bahwa mencuri atau memakan uang yang bukan miliknya merupakan perbuatan haram. Padahal mereka telah diajari ilmu agama baik di sekolah maupun di lingkungan keluarganya. Mereka pun tahu bahwa mereka akan menerima hukuman dari perbuatanny tersebut. Jadi bisa dipasatikan bahwa para koruptor merupakan orang – orang yang tidak takut dengan Tuhan yang menciptakannya.

Contoh 7

Sebelum menjadi milyader yang terkenal saat ini Mark Zukerbeg adalah orang biasa. Dia adalah salah seorang mahasiswa yang hampir drop ut. Begitu pula dengan Bill Gates, Sang pendiri Microsoft ini pun tidak tamat dalam kuliahnya. Dia terpksa tidak melanjutkan pendidikannya karena suatu permasalahan. TIdak hanya Bill Gates, Steve Jobs, orang yang mendirikan perusahaan Apple juga harus keluar dari kuliahnya. Oleh karena itu, bisa dipastikan bahwa orang – orang sukses memiliki sifat tidak mudah berputus asa.  

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top