Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

5 Contoh Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia

Contoh Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia - Paragraf proses adalah salah satu bentuk dari pengembangan paragraf eksopisi. Jika paragraf eksposisi merupakan paragaf yang bertujuan untuk menyampaikan topik berupa informasi kepada pembacanya, maka paragaraf proses adalah paragraf yang menyampaikan infomasi tentang langkah, cara atau petunjuk membuat sesuatu, atau tentang gambaran proses tentang terjadinya sesuatu.

Ciri – ciri

1. Menyampaikan sebuah informasai yang berupa proses atau langkah membuat/terjadinya sesuatu.
2. Biasanya sering memakai transisi kronologi antar kalimat, misalnya, “pertama”, ”kemudian”, “selanjutnya”, dan lain – lain.

Contoh – contoh paragraf eksposisi proses

Contoh 1
Beras yang menjadi makanan pokok kita sehari – hari harus melalui beberapa proses pengolahan terlebih dahulu sebelum menjadi nasi. Proses tersebut lumayan panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses ini diawali dengan mempersiapkan sawah yang akan ditanami bibit padi. Petani harus membajak sawahnya dengan menggunakan kerbau atau traktor agar menjadi subur. Setelah itu, petani akan membuat garis – garis pola untuk menanam padi. Hal ini dilakukan agar bibit yang ditanam tersusun rapih dan jaraknya tidak terlalu dekat. Kemudian petani akan menanam bibit padi tersebut sesuai dengan tempat yang telah ditandai. Mereka menanamnya secara mundur agar tidak menginjak bibit yang telah diitanam. Setelah semua bibit tertanam, proses selanjutnya adalah perawatan. Petani akan menunggu sawahnya kurang lebih selama enam bulan sambil melakukan perawatan, seperti memberi pupuk, mengairi, dan memberantas hama. Setelah padi menguning, mereka akan memanennya. Hingga akhirnya padi dirubah menjadi beras dan barulah bisa kita masak hingga menjadi nasi.

Contoh 2
Bencana alam, Tsunami yang terjadi di Aceh 9 tahun yang lalu begitu mengerikan. Tsunami ini terjadi begitu cepat sehingga penduduk tidak sempat untuk menghindar. Mula – mula bencana ini diawali oleh gempa bumi. Gempa tersebut mengguncang seluruh daratan Aceh hingga mencapai daratan di permukaan laut. Guncangan tersebut menyebabkan patahan di permukaan laut dan membentuk sebuah lubang besar. Kemudian lubang tersebut dipenuhi dengan air laut sehingga membuat air laut menjadi surut. Setelah beberapa saat, lubang itu menutup kembali dan membuat air di dalamnya memberikan tekanan yang luar biasa besarnya yang menyebabkan air tersebut terdesak keluar dan menyebabkan gelombang yang besar. Gelombang ini terus merambat semakin membesar hingga ke daratan. Gelombang besar itulah yang disebut dengan Tsunami yang menyapu seluruh daratan.
Advertisement

Contoh 3
Minuman es juice jeruk sangat disukai oleh orang banyak. Hal ini dikarenakan rasanya yang manis dan proses pembuatannya yang mudah dan cepat. Untuk menikmati minuman ini, langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah menyiapkan alat dan bahan, seperti jeruk, es batu, blender, sendok, dan pisau buah. Setelah semua alat dan bahan siap, kupaslah buah jeruk dan cuci daging buahnya. Langkah yang selanjutnya adalah, memisahkan biji dan daging buahnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa pahit dari biji tersebut. Langkah yang ketiga adalah memasukan daging buah jeruk dan es batu secukupnya ke dalam blender. Lalu campur hingga halus. Setelah halus, tuangkan es ke dalam gelas. Setelah itu barulah es juice jeruk siap dinikmati.

Contoh 4
Lidah buaya atau Alloevera sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Tanaman ini mengandung zat - zat yang bisa memberikan kelembaban pada rambut sehingga rambut tidak menjadi kering dan patah. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan memilih lidah buaya yang masih muda. Kemudian buang kulitnya dengan menggunakan pisau. Setelah terkelupas, bagian dalam lidah buaya yang menyerupai agar akan mengeluarkan lendir. Kemudian usapkanlah lendir tersebut ke rambut yang telah dibasahi sebelumnya. Lalu diamkan selama 3 menit. Setelah itu, rambut dibilas denga air bersih. Melakukan perawatan lidah buaya ini secara rutin akan membuat rambut menjadi sehat.

Contoh 5
Tentunya tempe sudah tidak asing lagi di telinga kita. Makanan ini adalah makanan traditional yang telah lama menjadi makanan sehari – hari orang Indonesia. Namun, tahukah Anda cara pembuatannya? ternyata proses pembuatan tempe tidaklah sulit. Untuk membuat tempe, yang harus pertama dilakukan adalah mencuci biji kacang kedelai lalu direbus hingga airnya mendidih. Biasanya setelah proses perebusan, kulit kedelai akan terlepas. Setelah itu, bersihkan kacang kedelai denga air yang mengalir agar kulitnya ikut terbuang. Kemudian letakan ke dalam sebuah wadah dan campurkan denga ragi, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, masukan kedelai yang telah diberi ragi ke dalam wadah plastik dan diamakan selama dua hari hingga kedelai menjadi tempe.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top