Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

5 Contoh Paragraf Eksposisi Berita

Contoh Paragraf Eksposisi Berita - Eksposisi berita adalah salah satu bentuk pengembangan paragraf eksposisi yang menyajikan, atau memaparkan informasi tentang suatu peristiwa yang telah terjadi atau hasil dari sebuah penelitian.

Sama seperti paragraf eksposisi lainnya, eksposisi ini menyajikan topiknya dengan memberikan data – data yang lengkap baik berupa fakta, contoh, table, grafik, atau bentuk data – data lainnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan alasan yang kuat pada topik yang disampaikan.

Contoh – contoh paragraf eksposisi berita

Contoh 1

Bencana longsor yang terjadi di kampung Cibitung, Kecamatan Panggelangan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada hari selasa, 12 April 2015, pukul 14.00 wib menimbulkan kerusakan yang sangat parah. Longsor tersebut telah menimbun ratusan rumah dan perkebunan yang ada di sana. Longsor ini terjadi akibat dari hujan deras yang terjadi selama 4 hari sebelumnya. Hujan deras itu menyebabkan tanah di perbukitan ikut tergerus dan longsor. Nahasnya, ribuan kubik tanah yang longsor itu meluncur menghantam pipa panas bumi Star Energi Geothermal sehingga menimbulkan ledakan yang sangat keras. Akibatnya, 4 korban meninggal dunia, 14 orang menghilang dan diperkirakan masih tertimbun di dalam tanah, dan ratusan orang mengalami luka ringan dan berat. Korban luka tersebut telah dirawat di rumah sakit setempat. Hingga saat ini team evakuasi sedang mencari korban yang masih hilang dengan cara menggali tempat-tempat yang diyakini masih terdapat korban. Sebenarnya, bencana ini sudah diperkirakan sebelumnya. Pemerintah pun telah merencanakan untuk merelokasi warga sekitar. Namun, rencana ini batal akibat dari ketiadaan tempat untuk menampung warga sekitar sehingga terjadilah bencana yang sangat mengerikan ini.

Contoh 2

Penyu (Chelonia Mydass) akan selalu kembali ke tempat asalnya dimana dia dilahirkan untuk bertelur. Perilaku aneh ini telah diteliti oleh beberapa ilmuan. Mereka menghabisakan waktu beberapa tahun untuk menemukan alasan yang kuat dari perilaku aneh ini. Setelah diteliti, perilaku bertelur penyu ini ternyata merupakan sebuah tradisi yang telah mereka lakukan selama beberapa ribu tahun yang lalu. Penyu – penyu itu selalu kembali ke tempat asalnya karena mereka merasa tempat itu sebagi tempat yang sangat aman untuk menaruh telur - telurnya. Setelah menetas, anak - anak penyu akan langsung menuju lautan dan ketika akan berenang mereka akan selalu menoleh ke belakang untuk mengingat tempat mereka dilahirkan tersebut. Hal inilah yang membuat mereka akan selau kembali ke tempat mereka dilahirkan untuk bertelur.
Advertisement

Contoh 3

Tahun ini pemerintah akan mengganti bahan bakar premium dengan pertalite per bulan maret 2015. Penggantian ini telah disetujui oleh menteri SDM dan pihak pertamina. Mereka beralasan bahwa penggunaan pertalite jauh lebih efisien dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan premium. Hal ini dikarenakan pertalite mengandung kadar Ron yang lebih baik. Tak hanya itu, pertalite juga memiliki kadar oktan yang berkisar antara 90 hingga 91, atau berada diantara produk premium yang memiliki kadar oktan 88 dan pertamax di level 92. Hal ini akan menghasilkan pembakaran yang sempurna pada kinerja mesin mobil, sehingga mesin akan menjadi optimal dan awet. Sayangnya, pemerintah hingga kini masih bingung dalam menentukan margin keuntungan dalam penjualan pertalite ini. Diperkirakan margin keuntungannya akan mendekati margin keuntungan pada pertamax, yaitu di kisaran Rp 375 per liter. Rencananya pemerintah akan mengganti semua premium dengan cara bertahap, saat ini mereka telah melakukan uji coba di wilayah Jawa, 
Madura, dan Bali. Direncanakan tahun depan pertalite telah digunakan oleh konsumen di seluruh wilayah Indonesia.    

Contoh 4

Tumbuhan kunyit sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tumbuhan ini sering digunakan sebagai bumbu atau rempah yang digunakan sebagai penyedap rasa alami dalam masakan. Selain itu, kunyit juga bisa digunakan sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan ini telah terbukti bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti, kanker, gangguan pencernaan, dan lain – lain. Bahkan kunyit, bisa juga digunakan untuk mengurangi resiko penyakit diabetes, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk orang – orang yang memiliki gen diabetes. Selain sebagai penyedap dan obat, kunyit juga bisa digunakan sebagai bahan pewarna kuning alami, sehingga kunyit sering digunakan sebagai pewarna makanan – makanan karena tidak menyebabakan efek samping yang berbahaya.  

Contoh 5

Warga Negara Indonesia yang hilang di Nepal akibat gempa pada tanggal 1 April 2015 belum ditemukan. Mereka adalah para pendaki anggota Taruna Hiking Club atau THC Bandung, yaitu Jeroen Hehuwat, 39 tahun; Kadek Andana, 26 tahun; dan Alma Parahita, 31 tahun. Saat gempa berlangsung, mereka kehilangan kontak dengan teman – teman mereka yang ada di sana. Namun, diperkirakan para pendaki ini berada di daerah Langtang. Berbekal informasi itu, pemerintah segera mengutus BASARNAS dan TNI untuk melakukan evakuasi. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top