Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

5 Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan

5 Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan - Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di kalimat utama pada awal paragraf yang isinya mengemukakan topik-topik utama dan selanjutnya diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.

 

5 Contoh Paragraf Deduktif


Paragraf 1

Junk food atau disebut juga dengan makanan sampah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Junk food sangat tidak sehat karena proses pengolahannya yang tidak baik. Menurut pakar kesehatan, makanan yang digoreng memiliki kandungan gula dan garam yang banyak. Bahkan makanan – makanan ini mengandung kolesterol yang sangat tinggi yang akan membahayakan kesehatan. Contohnya pada makanan burger yang terlihat seperti makanan sehat memiliki kalori lebih dari 1.200 kalori. Kalori-kalori tersebut dapat mengendap di dalam darah dan membuat darah tersumbat sehingga akan menyebabkan penyakit jantung coroner bahkan stroke. Jika makanan ini terus – menerus dikonsumsi, maka tubuh kita akan semakin rentan terkena penyakit – penyakit tersebut.

Paragraf 2

Kesehatan merupakan suatu hal yang paling berharga di dunia ini. Tanpa kesehatan, manusia akan sangat kesulitan. Meskipun kita memiliki uang yang sangat banyak, semua itu tidak ada gunanya jika kita sedang sakit. Bahkan orang – orang rela untuk menukar segala harta benda yang dimilikinya agar menjadi sehat kembali. Kesehatan menjadi sangat berharg karena biayanya yang mahal. Bahkan muncul jargon – jargon nyeleneh di masyarakat seperti “sehat itu mahal”, “orang miskin tidak boleh sakit”, dan lain – lain. Meskipun pemerintah telah mengadakan program BPJS, Askes, dan lain – lain, tetap saja tidak bisa membuat kesehatan menjadi murah. Hal ini sangatlah wajar karena harga obat – obatan yang beredar sangatlah mahal, dan juga biaya untuk menjadi seorang dokter atau perawat amat sangat mahal. Semua biaya - biaya tersebut pada akhirnya dibebankan kepada pasien sehingga biaya pengobatan menjadi sangat mahal.

Advertisement
Paragraf 3

Olahraga yang teratur adalah cara yang paling baik dan murah dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Tubuh yang tetap bergerak akan menghasilkan energi yang cukup hasil dari pembakaran atau oksidasi makanan yang ada di dalam tubuh. Energi ini akan dipakai untuk menunjang aktifitas kita sehari – hari. Selain menghasilkan energy, proses pembakaran tersebut juga akan menghasilkan glukosa yang merupakan cadangan energy. Glukosa ini akan disimpan dalam bentuk otot sehingga tubuh kita akan menjadi proposioanal. Disamping menghasilkan energi dan membentuk massa otot, olahraga juga bisa membakara lemak yang menumpuk di badan sehingga tubuh kita akan memiliki berat badan yang proposional. Namun, berolahragalah dengan teratur dan jangan sampai berlebihan karena malah akan merusak tubuh kita.

Paragraf 4

Buah alpukat adalah buah yang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk program diet. Buah yang berasal dari Amerika latin ini sangat cocok untuk menu diet bagi orang yang ingin menghilangkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah ini banyak mengandung nutrisi penting seperti  protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin A  dan lemak. Nutrisi – nutrisi tersebut sangat dibutuhkan selama menjalani diet. Mengkonsumsi buah alpukat juga dapat membuat kita tidak lapar dalam waktu yang lama karena buah ini memiliki serat yang banyak dan lemak yang baik. Lemak baik inilah yang akan memberikan cadangan makanan dan serat inilah yang akan membuat tubuh kita kenyang dalam waktu yang lama. Selain kandungan – kandungan mineral di atas, buah ini juag memiliki kandungan glukosa yang rendah dan menstabilkan gula darah. Orang – orang yang sedang diet tentunya menghindari konsumsi gula yang berlebih sehingga buah ini sangat cocok dipakai sebagai pengganti nasi. 

Paragraf 5

Sinar matahari sangat baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan sinar matahari akan memecah pro vitamin D yang ada di dalam tubuh menjadi vitamin D. Pro vitamin D perlu dirubah menjadi vitamin D agar bisa diserap oleh tubuh. Vitamin D inilah yang akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi sehingga tulang dan gigi kita akan menjadi kuat. Namun tidak semua sinar matahari baik bagi kesehatan, sinar matahari pagi antara jam 8 dan 9 lah yang baik karena tidak mengandung sinar ultar violet yang akan merusak kulit. Di samping harus terpapar sinar matahari, kita juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung pro vitamin D seperti susu dan biji – bijian karena fungsi matahari hanyalah membantu proses pengubahannya saja.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top