Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

4 Contoh Paragraf Ineratif Tentang Pendidikan

Contoh Paragraf Ineratif Tentang Pendidikan - Paragraf ineratif adalah paragraf yang diawali dengan gagasan – gagasan penjelas sebagai pengantar gagasan utama yang terletak di tengah – tengah paragraf, dan kemudian kembali dikuatkan atau diperjelas dengan gagasan – gagasan penjelas lainnya.

Berikut ini adalah contoh – contoh paragraf ineratif tentang pendidikan:

Paragraf 1

Seseorang bisa menjadi dokter karena adanya guru. Guru jugalah yang menciptakan profesi – profesi bergengsi lainnya seperti polisi, pilot, tentara, hakim, pengacara, dan lain – lain. Bahkan pemimpin ada juga karena seorang guru. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa guru adalah profesi yang sangat penting dan mulia di kehidupan ini. Merekalah yang mendidik para calon – calon guru, polisi, bahkan pemimpin. Tanpa adanya guru, kemungkinan besar kita bukanlah siapa – siapa karena merekalah yang telah mengajarakan kita membaca, menulis, berhitung, dan ilmu – ilmu pengetahuan lainnya. Selain mengajarkan ilmu – ilmu pengetahuan, guru jugalah yang telah membuat kita mampu untuk bermimpi. Mimpi besar yang pada awalnya tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Disamping itu, guru adalah orang tua kita di sekolah yang mengajarkan kita perilaku – perilaku yang baik. Sungguh besar jasa mereka bagi kita semua, tak akan mungkin sedikitpun kita bisa membalasnya karena jasa – jasa mereka tidaklah terhitung jumlahnya. Meskipun begitu, tak sedikit pun mereka meminta balasan dari kita. Mereka hanya kan bahagia jika melihat anak didik mereka berhasil menjadi seorang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Paragraf 2

Meningkatnya jumlah kriminalitas yang terajadi saat ini tidaklah mengherankan. Bahkan dapat dikatakan wajar karena faktor rendahnya pendidikan para pelaku kriminal tersebut. Akibat, tidak ada pekerjaan yang bisa mereka dapatkan, padahal mereka harus tetap mengisi perut mereka. Hal inilah yang mendorong mereka untuk berbuat kriminal seperti mencuri, merampok, menipu, dan lain – lain. Berdasarkan ilustrasi yang dipaparkan di atas, sudah jelas bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan pendidikan kita bisa mendapatkan ilmu yang berguna. Ilmu inilah yang bisa membawa seseorang ke dunia kerja ataupun menciptakan lapangan kerja sendiri. Jika seseorang telah memiliki pekerjaan, tentunya kebutuhan mereka akan terpenuhi. Alhasil, tidak ada lagi dorongan atau keadaan yang memaksa mereka untuk berbuat kejahatan, sehingga tingkat kriminalitas akan menurun karena orang – orang sudah bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
Advertisement

Paragraf 3

Dengan ilmu, kita bisa pergi ke tempat manapun. Disamping itu, dengan ilmu kita juga bisa mendapatkan apa pun yang kita mau. Namun, ada kalanya ilmu juga bisa menghancurkan kita. Jika kita terlena dengan ilmu dan lupa dengan agama, maka dunia kita akan menjadi hancur karena ketidaan batasan bagi ilmu tersebut dunia ini. Oleh sebab itu, ilmu sangat bermanfaat, tetapi memerlukan agama sebagai batasannya. Ilmu bisa memberikan kemaslahatan bagi kita semua, contohnya dengan ilmu kita bisa menciptakan tekhnologi – tekhnologi canggih yang bisa memudahkan pekerjaan kita. Akan tetapi, jika ilmu ini tidak dibatasi oleh agama, maka justru sebaliknya ilmu akan membawa kehancuran bagi kita semua. Manusia bisa saja menyalahgunakan ilmu itu untuk kepentingan mereka sendiri yang bisa merugikan orang banyak. Contohnya para koruptor. Mereka adalah orang yang berilmu tetapi sayang ilmunya mereka salah gunakan dengan mencuri dari rakyatnya. Hal ini adalah akibat dari ilmu yang menutup mata hati mereka akibat dari ketiadaan agaman di dalam diri. 

Paragraf 4

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Di dalam buku tersimpan ratusan bahkan ribuan hal yang tidak kita ketahui. Terlebih lagi, jika kita membaca buku, maka pengetahuan kita akan menjadi sangat luas karena membaca buku membuat kita memasuki dunia yang belum pernah kita masuki sebelumnya. Oleh karena itu, buku sangatlah bermanfaat bagi kita. Buku akan memberikan kita ilmu – ilmu yang tidak diberikan di sekolah. Dengan membaca buku, kita juga bisa mengetahui segala sesuatu sehingga kita menjadi pintar dan berpengetahuan. terlebih lagi membaca buku akan memberikan kita pengalaman – pengalaman yang menyenangkan karean buku bukan hanya berisi tentang ilmu pengetahuan tetapi buku juga berisi tentang cerita – cerita yang menarik sehingga kita akan terhibur dan terhindar dari kebosanan yang bisa menyebabkan kita stress.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top