Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

4 Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat

4 Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat - Sebelum ke contoh paragraf induktif sebab akibat, ada baiknya kita mengerti dahulu definisi dari paragraf induktif sebab akibat. Paragraf induktif sendiri adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada akhir kalimat dalam sebuah paragraf dan memiiliki pola khusus – umum.

Jadi paragraf induktif sebab akibat adalah paragraf yang dimulai dengan hal – hal khusus berupa fakta yang menjadi sebab, kemudian mengarah pada sebuah konklusi umum yang merupakan akibat dari sebab – sebab tersebut.

Perhatikan paragraf berikut ini!

Kemarau yang terjadi tahun ini sangatlah panjang. Dalam 6 bulan terakhir ini hujan tidak pernah turun sama sekali.  Semua air baik itu di sumur, sungai, danau menjadi kering. Begitu juga dengan irigasi, air yang biasanya mengalir ke sawah – sawah menjadi terhenti. Hal ini ditambah parah dengan mengeringnya tanah – tanah di sekitar sawah. Bahkan ada sebagian daerah yang tanahnya pecah – pecah karena sangat kering. Terlebih lagi dengan panasnya cuaca yang terjadi membuat semua tanaman menjadi kering dan layu. Banyak tanaman – tanaman terutama padi di sawah mati. Tumbuhan padi tersebut belum sempat dipanaen, akibatnya para petani mengalami gagal panen dan kerugian yang amat sangat besar karena kemarau ini.

Jika diperhatikan, paragraf di atas menyajikan sebuah hal khusus terlebih dahulu yang berupa sebab – sebab, yaitu: Hujan tidak pernah turun, Air menjadi kering, tanah menjadi pecah – pecah, dan cuaca sangat panas. Kemudian sebab – sebab tersebut disimpulkan menjadi suatu hal yang umum, yaitu para petani mengalami kegagalan dan merugi. Oleh karena itu, paragra ini adalah paragraf induktif sebab – akibat dengan gagasan utamanya adalah petani mengalami gagal panen dan merugi.
Advertisement

 

Contoh – Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat


Contoh 1

Ani suka makan sembarangan. Dia tidak pernah memperhatikan kebersihan dan kesehatan makanan yang dia makan. Tak jarang Ani selalu membeli makanan di warung – warung pinggir jalan. Disamping, tidak pernah memperhatikan makanannya, Ani juga tidak pernah berolahraga. Dia lebih suka menghabiskan waktu luangnya dengan bermain atau bersantai – santai, padahal olahraga sangatlah baik bagi kesehatan dirinya. Terlebih lagi, Ani juga sering berada di lingkungan yang kotor dan tidak sehat. Tempat tidurnya selalu dipenuhi oleh sampah - sampah bekas cemilannya. Bahkan dia sering bergaul dengan teman – temannya yang merokok sehingga tanpa dia sadari dia turut menghisap asap rokok tersebut. Akibatnya Ani saat ini menderita penyakit kronis dan sedang dirawat di rumah sakit.

Contoh 2

Budi sangatlah nakal. Dia selalu menggangu teman – temannya yang lemah, seperti mengejek, bahkan tak jarang dia juga suka memukuli temannya. Selain nakal, Budi juga suka berbohong. Dia selalu mengingkari janjinya. Tak hanya itu, Budi adalah anak yang bodoh dan pemalas. Dia selalu meminta teman – teman sekelasnya untuk mengerjakan tugas – tugasnya. Ketika ujian berlangsung, dia mengancam temannya untuk memberikannya contekan. Terlebih lagi, Budi adalah anak yang gemar berkelahi. Dia tak segan - segan mengajak siapapun untuk berkelahi. Oleh sebab itu, seluruh teman sekelasnya bahkan seluruh sekolah tidak menyukai perilaku buruk Budi.

Contoh 3

Banyak pabrik yang membuang limbah – limbah hasil produksinya di sungai. Limbah – limbah tersebut sangat beracun dan berbahaya bagi lingkungan. Semestinya sebelum dibuang, limbah tersebut harus dikelola terlebih dahulu, tetapi nyatanya tidak. Mereka langsung membuangnya di sungai – sungai yang ada. Hal ini juga ditambah dengan perilaku masyarakat yang tidak memperhatikan lingkungannya. Mereka bahkan ikut membuang sampah di sungai. Akibatnya saat ini, sungai telah tercemar dan menjadi tempat yang sangat beracun bagi makhluk hidup yang ada disekitarnya.

Contoh 4

Indonesia memiliki sumber daya yang sangat banyak. Sumber daya tersebut berasal dari berbagai sumber seperti tanah, laut, dan hutan. Di dalam tanah Indonesia, terkandung sumber – sumber alam yang luar biasa seperti logam mulia, perak, besi, gas dan lain – lain. Di dalam lautannya, Indonesia memiliki sumber minyak bumi, sumber kekayaan hayati seperti ribuan spesies ikan dan terumbu karang. Sedankan di dalam hutannya, Indonesia memiliki sumber kekayaan hutan seperti tumbuhan, dan hewan – hewan yang sangat banyak. Oleh karena itu, Indonesia adalah negeri yang sangat kaya raya.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top