Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

4 Contoh Kalimat Penutup Pidato

4 Contoh Kalimat Penutup Pidato - Dalam menyampaikan pidato, terdapat bagian akhir yang berfungsi untuk menutup atau mengakhiri dari sebuah pidato. Bagian ini memiliki ciri khas, karena berisi harapan dari pembicara akan pidato yang disampaikan. Berikut kumpulan contoh kalimat penutup pidato.

[Contoh 1] kalimat penutup pidato dalam sebuah acara perpisahan sekolah yang disampaikan oleh kepala sekolah

“ Dan akhirnya waktu jua yang memisahkan kita. Saya sebagai kepala sekolah mengucapkan selamat kepada ananda yang tercinta akan keberhasilan di bangku sekolah. Semoga ilmu yang telah ananda raih dapat menghantarkan ananda sekalian dalam menjemput cita-cita. Kami sangat bangga akan prestasi ananda yang juga mengharumkan nama sekolah. Hasil yang baik ini tentu tak luput dari kerja keras bapak-ibu sekalian. Terima kasih saya ucapkan kepada bapak-ibu dewan guru beserta staff sekolah yang telah membantu siswa-siswi SMA Tauladan ke gerbang kesuksesan. Dan kami pun hanya manusia biasa yang tak luput dari rasa salah, oleh karena itu marilah kita saling berbesar hati untuk saling memaafkan. Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah senantiasa merahmati kita dengan ilmu yang bermanfaat. Dan satu lagi pesan saya, mari kita saling menjaga silahturahmi. Sekian, saya akhiri wabillahit taufiiq wal hidaayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”. 

[Contoh 2] kalimat penutup pidato dalam sebuah acara pernikahan

“demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah senantiasa selalu membimbing kedua mempelai agar sama-sama menjadi istri yang sholehah dan suami yang sholeh, serta mengaruniakan anak-anak yang sholeh dan sholehah, berbakti kepada orang tua, bermanfaat bagi sesama. Dan bagi yang sudah memiliki pasangan atau bahasa lainya pujaan hati, semoga diberi kemudahan untuk mencapai pelaminan. Sementara bagi yang belum memiliki pasangan atau jomblo, semoga segera dipertemukan dengan calon idaman. Ingat! Jodoh adalah cerminan diri kita. Wanita baik-baik untuk laki-laki baik-baik, dan sebaliknya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat, terima kasih dan saya tutup dengan alhamdulillah. Wabillahit taufiiq wal hidaayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”.

Advertisement
[Contoh 3] kalimat penutup pidato dalam acara penyambutan bulan Ramadhan

“Alhamdulillah, kita telah sampai di penghujung acara. Semoga setiap diri kita mulai menyiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan, bulan yang penuh akan ampunan. Dan semoga Allah mengkaruniakan umur panjang serta kesehatan agar dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Aamiin, aamiin, Allahumma Aamiin. Sekian dari saya, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Wabillahit taufiiq wal hidaayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”.

[Contoh 4] kalimat penutup pidato dalam acara pemilihan Kepala Desa

“Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya berharap bapak-ibu sekalian benar-benar dapat memilih calon atas kemauan bapak-ibu atas dasar pemikiran atau mungkin hasil sholat istigharah bukan karena mendapat serangan fajar atau apapun. Bapak-ibu sekalian diberi kebebasan untuk menentukan pilihan, maka pilihlah yang terbaik mengingat pemilihan ini akan mendapatkan satu calon yang akan memimpin desa kita. Desa kita di masa depan sangat dipengaruhi oleh hasil pemilihan kita hari ini. Dan untuk para kandidat, dimohonkan untuk memiliki sikap “legowo”, jika tidak terpilih sebagai kepala desa. Jangan sampai bapak-bapak calon kandidat ini memiliki prasangka negatif atau memutuskan tali silahturahmi. Hari pemilihan ini adalah batas persaingan bapak-bapak para kandidat sekalian, setelah hasil keluar maka kita semua masyarakat desa Tanjung Sari harus mendukung program kerja kepala desa yang baru. Dan bagi kandidat yang terpilih sebagai kepala desa, tentu harus menjalankan tugas sebaik mungkin karena dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin desa ini. Kita sama-sama dalam membangun desa tercinta kita agar dapat terwujud sebagai desa yang asri dan juga aman. Baiklah bapak-bapak, ibu-ibu sekalian, sekian pidato dari saya. Terima kasih, wassalamualaikumwarahmatullahiwabarokatuh”. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top