Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

30 Contoh Kalimat Saran dan Kritik

30 Contoh Kalimat Saran dan Kritik - Saran merupakan sebuah solusi yang ditujukan kepada seseorang untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi. Sedangkan, kritik adalah sebuah pendapat yang dikeluarkan untuk mengomentari suatu objek.

Contoh kritik :

Lukisan itu tidak bagus karena terlihat sangat kaku dan miskin warna.
Keputusan pemerintah dalam menaikan harga BBM tidak berpihak kepada rakyat kecil.
Kamar Budi sangat kotor dan tidak rapih.
Karangan bebasmu jauh dari kata bagus karena tidak memilki kejelasan tentang ide pokoknya.
Pekerjaanmu sama sekali tidak rapih bahkan hasilnya juga tidak maksimal.

Contoh saran :

Seharusnya, lukisan itu diwarnai dengan warna biru agar terlihat lebih hidup.
Pemerintah lebih baik mengkaji ulang tentang keputusannya tersebut.
Budi seharusnya membersihkan kamarnya agar selalu terlihat bersih dan rapih.
Sebaiknya, sebelum menulis karangan hendaknya kamu membuat kerangka karangan terlebih dahulu.
Lebih baik bagimu untuk tidak terburu – buru dalam menyelesaikan pekerjaanmu itu.

Dalam bahasa Indonesia, saran dan kritik ini disampaikan dalam bentuk sebuah kalimat, yaitu kalimat kritik dan saran agar bersifat membangun dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Kalimat kritik dan saran adalah kalimat – kalimat yang mengandung kritik dan saran.

Berikut ini adalah contoh – contoh kalimat kritik dan saran :

1. Pekerjaan Budi sangat tidak rapih sehingga hasilnya sangat tidak memuaskan, seharusnya Budi bekerja dengan tidak terburu – buru dan memperhatikan kerapihan agar hasilnya memuaskan.
2. Puisi karangan Aria Nugraha tidak memiliki rima sehingga terdengar seperti kalimat biasa, seharusnya ia lebih memperhatikan diksi atau pemilihan kata dalam puisinya.
3. Baju yang kau kenakan itu tidak cocok dengan warna kulitmu, sebaiknya kamu memakai baju yang berwarna cerah sehingga terlihat sepadan di kulit.
4. Perkataanmu itu terlalu menyakitkan hati orang lain, ada baiknya sebelum berkata sesuatu kepada orang lain dipikirkan dahulu akibatnya.
5. Warna tembok rumah Pak Budi sangat kuno, sebaiknya ia mengganti warna itu dengan warna yang lebih cerah, misalnya biru atau kuning.
6. Tugas yang kamu berikan kepada murid – muridmu terlalu banyak, seharusnya seorang guru jangan malah menyusahkan anak muridnya dengan tugas yang sangat banyak itu.
Advertisement
7. Ketua kelas 7 A tidak tegas dalam menjalankan fungsinya sebagia pemimpin, sebaiknya menjadi seorang pemimpin haruslah tegas supaya menjadi panutan bagi para anggotanya.
8. Penampilan Anda di atas lapangan tadi tidak menunjukan kelas sebagai bintang lapangan, Anda harusnya bersemangat dalam bertanding agar tidak menelan pil kekalahan.
9. Penampilanmu di pertandingan Badminton semalam sangat tidak maksimal, sebaiknya kamu memperbanyak jam latihanmu agar menjadi lebih hebat ketika bertanding.
10. Lelaki itu tidak menunjukan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah yang baik, seorang ayah hendaknya bertanggung jawab kepada anak – anak dan istrinya karena merupakan kepala keluarga.
11. Film produksi Disnoy tidak tepat untuk diputar di Indonesia, sebaiknya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang film ini diputar di Indonesia.
12. Gaya berpakaianmu itu tidak cocok dengan budaya kita, kamu harus memperhatikan lagi gaya berpakaian yang sesuai dengan nilai – nilai budaya kita.
13. Seleramu dalam memilih makanan tidaklah sehat, sebaiknya kamu lebih memilih makanan – makanan yang bergizi, seperti sayuran, dan buah.
14. Teh buatanmu tidak ada rasa manis sama sekali, sebaiknya sebelum memberikan teh kepada seseorang hendaknya dicicipi terlebih dahulu.
15. Kebiasaan begadang yang kamu lakukan itu tidak baik untuk kesehatan, sebaiknya kamu menyelesaikan pekerjaanmu di siang hari agar tidak sampai larut malam.
16. Perbuatan Budi terhadap Ani tadi sangat memalukan, seharusnya Budi meminta maaf kepada Ani mengenai kelakuannya itu.
17. Kebunmu memang indah tetapi penataan letak bunganya kurang menarik, seharusnya kamu menyusun bunga – bunga itu sesuai dengan warna dan jenisnya.
18. Budi memang seorang anak yang pintar tetapi malas belajar, seharusnya Budi lebih giat lagi dalam belajar.
19. Jalanan menuju balai kota sangat hancur dan penuh dengan lubang, dewan kota hendaknya segera melakukan perbaikan sebelum menimbulkan kecelakaan bagi para pengendara yang melintas.
20. Suaramu sangat indah tetapi kamu tidak memiliki tehnik menyanyi yang bagus, sebaiknya kamu belajar kepada orang yang tepat untuk memperbaiki tehnik menyanyimu.  

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top