Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

20 Contoh Kalimat Narasi Lengkap

20 Contoh Kalimat Narasi Lengkap - Narasi merupakan bentuk teks yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa. Dalam arti lain, narasi adalah sebuah cerita. Tentu dalam cerita ada suatu peristiwa atau kejadian atau konfliks. 

Tujuan teks narasi ialah untuk menginformasikan sesuatu yang dapat dijadikan wawasan bagi orang lain. Teks narasi selalu menunjukkan urutan waktu kejadian (alur). Unsur tersebut ialah unsur penting yang ada dalam teks narasi. Selain terdapat unsur alur, unsur setting ataau latar dapat juga melengkapi teks ini. Kali ini kelasindonesia.com akan memberikan contoh kalimat narasi.

20 Contoh Kalimat Narasi


1. Andi bangun pukul 05.00 menunaikan sholat subuh, kemudian bersiap-siap pergi ke sekolah.

Dalam kalimat tersebut menyebutkan waktu yang merupakan penunjuk kejadian. Kronologi dalam kalimat tersebut menceritakan bahwa andi sholah setelah ia bangun pada pukul 05.00, kemudian setelah ia selesai sholat andi bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. 

2. Setelah pulang dari Jepang, Andhini akan membuka kedai makanan jepang di jantung kota.

Kalimat di atas menceritakan rencana Andhini yang akan membuka resto makanan jepang setelah dirinya pulang dari Jepang. Andhini berencana membuka restu tersebut di jantung kota dimana ia tinggal. 

3. Fitri pergi mengantarkan ibunya ke pasar sebelum berangkat ke sekolah. 

Kronologi dalam kalimat di atas yaitu Fitri menghantarkan Ibunya lalu berangkat ke sekolah. 

4. Bayu berjanji akan menikahi kekasihnya setelah ia bekerja selama dua tahun di perusahaan BUMN yang baru saja menerima dirinya.

Dalam kalimat tersebut menginformasikan bahwa setelah dua tahun bekerja di perusahaan BUMN, Bayu akan menikah dengan kekasihnya. 

5. Yuanita bertemu dengan Romeo pada 25 Desember tahun lalu, dan mereka akan menikah pada 25 Maret tahun ini, perkenalan yang sangat singkat.

Pada kalimat di atas mengungkapkan cerita pernikahan Yuanita yang terbilang cepat dengan pria yang bertemu pada saat malam natal.

6. Mampuslah!!! Aku lupa tak mengerjakan PR Biologi, sepulang sekolah aku bermain futsal sampai isya, setelah itu aku merasa lelah jadi langsung pergi tidur.

Kalimat diatas menceritakan bahwa “aku” lupa mengerjakan PR karena kelelahan setelah main futsal sepulang sekolah.

7. Jihan bermain game sejak ia kembali dari menginstal ulang komputer.

8. Ibu dan Ayah berencana akan menambah anak setelah aku berusia tiga tahun.

9. Syifani dan Rebecca saling adu ulut setelah kejadian malam kemarin, dimana Syifani memergoki kekasihnya si Diego berjalan berdua bersama Rebecca, teman sekelasnya.

10. Rumah Bakso Pak Ndut semakin ramai dan kebanjiran orderan setelah foto-foto artis Hollywood, Bradpit yang makan di warungnya tersebar di media sosial.
Advertisement

11. Kemampuan aktingnya sudah tak diragukan lagi, kesuksesannya bermain di film layar lebar Putri Salju membuat namanya melambung, kini Ahn Jae Hyung kebanjiran orderan bahkan ditawari produser musik ternama di Korea. 

12. Meski Kerja kerasnya belum membuahkan hasil, jatuh bangun tertimpa tangga tak membuatnya mundur dalam mengembangkan bisnis online.

13. Evdo mendapat penghargaan dari Presiden setelah berhasil membawa pulang lima medali emas dalam ajang sea games yang diadakan di Thailand.

14. Koneksi internet di daerah Natar semakin cepat, semenjak ditambahkan kabel-kabel pada  jalur optik.

15. Setelah kematian anak pertama dan keduanya, fahmi bertekad untuk berhenti bekerja dan fokus mengurus keluarganya, ia tidak mau kehilangan anak lagi.

16. Barang siapa mencuci tangan sebelum makan, niscaya dapat menurunkan resiko penyakit pencernaan.

17. Sampah-sampah masyarakat hendaknya jangan dijadikan pemimpin, setelah pengalaman yang terjadi pada masa lalu.

18. Dapatkan keuntungan berbelanja lebih murah setelah bergabung memjadi member, hanya dengan lima puluh ribu rupiah.

19. Harga barang sebelum diskon bulan lalu sama dengan harga setelah diskon lima puluh persen bulan ini, tak ada bedanya.

20. Sebagai kaum perempuan kita pasti sangat berterimakasih dengan perjuangan Ibu Kartini, berkat perjuangannyalah kaum perempuan mendapat hak dan kesematan yang sama dengan kaum pria. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top