Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

2 Teks Contoh Wawancara Tentang Kesehatan

Contoh Wawancara Tentang Kesehatan - Mau membaca seperti apa contoh teks wawancara mengenai kesehatan? Ikuti contoh berikut ini.

Wawancara 1


Berikut ini adalah contoh wawancara mengenai donor darah yang dilakukan kepada salah seorang narasumber yang berprofesi sebagai dokter.

Pewawancara  : 
Selamat pagi Dok, Saya dari majalah kesehatan, Sehat Selalu. Apakah saya bisa minta waktunya sebentar untuk wawawancara tentang pentingnya donor danar ?

Narasumber :
Selamat pagi, Tentu saja boleh, Silahkan tanyai apa yang ingin kalian ketahui !

Pewawancara :
Sebenarnya apa sih tranfusi atau donor darah itu ?

Narasumber :
Donor artinya menyumbang atau memberi, jadi donor darah adalah proses pemberian atau penyumbangan darah yang dilakukan oleh seseorang yang disebut donor kepada orang lain yang disebut resipien untuk tujuan transfuse darah.

Pewawancara :
Siapa sajakah yang bisa melakukan donor darah ?

Narasumber ?
Semua orang bisa melakukannya asal telah memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan, seperti umur harus cukup minimal 17 tahun, tidak sedang menderita penyakit parah, tidak ada riwayat sakit, berat badan harus ideal, kadar HB di dalam darah minimal 12.5 g/dl, tekanan darah sistolik 100-180 mm Hg dan diastolic 50-100 mm Hg, dan bagi wanita tidak sedang haid.

Pewawancara :
Jika telah memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan, bagaimanasih tahapan proses dalam proses donor darah ?

Narasumber :
Para calaon pendonor akan diperiksa oleh petugas. Jika cocok, calon pendonor harus mengisi formulir. Setelah itu kadar HBnya diperiksa. Kemudian para calon pendonor akan diambil darahnya oleh petugas. setelah selesai, pendonor harus beristirahat sebentar dan menikmati makanan yang diberikan oleh petugas, lalu petugas akan memberikan kartu tanda anggota donor darah.

Pewawancara :
Setelah itu darah yang diterima, akan diapakan Dok ?

Narasumber :
Darah yang telah diterima akan disimpan di dalam wadah khusus dan dikirim ke PMI. Di PMI inilah akan dipisahkan antara plasma darah dann HBnya, lalu disimpan sebagai persediaan darah. Jika ada permintaan darah dari rumah sakit untuk keperluan medis, kami siap mengirimnya.

Pewawancara :
Lantas apasih untungnya donor darah buat kita ?

Narasumber :
Donor darah sangat bermanfaat. Selain bisa membantu orang – orang yang sedang kesusahan, donor darah juga bisa membuat tubuh kita sehat. Dengan diambilnya darah dari dalam tubuh kita secara teratur, maka akan mendorong tubuh untuk memproses darah – darah baru. Terlebih lagi, pendonor juga bisa mengetahui kesehatannya secara rutin karena akan diperiksa oleh petugas donor darah.

Pewawancara :
Baiklah, saya kira sudah cukup jelas Dok, Terimakasih atas waktu dan informasi yang telah dokter berikan kepada kami.

Narasumber :
Terimakasih kembali.
Advertisement

Wawancara 2


Berikut ini adalah wawancara tentang pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh dengan narasumber yang merupakan instruktur kesehatan.

Pewawancara : 
Selamat pagi Pak!

Narasumber :
Selamat pagi, ada keperluan apa ya ?

Pewawancara :
Saya dari majalah kesehatan ingin mewawancarai Bapak tentang pentingnya berolahraga. Apakah Bapak bersedia untuk diwawancarai ? 

Narasumber :
Dengan senang hati, tanyakan saja apa yang ingin kalian ketahui ?

Pewawancara :
Baiklah, langsung saja kita mulai wawancaranya ya Pak! Menurut Bapak, apasih olahraga itu ?

Narasumber :
Olahraga adalah bentuk aktivitas fisik yang terstruktur dan terencana, dengan melibatkan anggota tubuh yang digerakan secara berulang – ulang dan ditujukan untuk miningkatkan kebugaran jasmani. 

Pewawancara :
Apakah olahraga itu penting bagi kesehatan tubuh kita ?

Narasumber :
Tentu saja sangat penting karena akan banyak sekali manfaat yang bisa diterima oleh kita.

Pewawancara :
Lantas apa saja manfaat – manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga ?

Narasumber :
Banyak sekali, diantaranya adalah olahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga kita tidak mudah terkena penyakit. Disamping itu, olahraga juga bisa meningkatkan pasokan oksigen ke dalam otak dan menyebabkan otak bekerja secara optimal, sehingga bisa meningkatkan kecerdasannya. Ditambah lagi, olahraga bisa membetuk postur tubuh dan membakar lemak, sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan bagi yang mengalami obesitas, dan sesungguhnya masih banyak lagi manfaat yang bisa kita terima dari olahraga.

Pewawancara :
Tadi Bapak mengungkapkan olahraga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Lantas olahraga yang seperti apakah yang bisa menurunkan berat badan ?

Narasumber :
Tentunya olahraga yang bisa membakar lemak, seperti kardio, lari, berenang, dan lain – lain. Namun, harus pula diikuti dengan diet yang sehat.

Pewawancara :
Olahraga yang seperti apa sih yang baik bagi kita ?

Narasumber :
Olahraga yang baik bagi kita adalah olahraga yang sesuai dengan tujuan kita. Jika kita ingin membentuk otot, maka lakukanlah olahraga yang dapat memperbesar massa ottot, dan jangan berolahraga yang membakar lemak untuk menurunkan berat badan. Disamping itu, berolahraga juga harus teratur dan jangan berlebihan. Usahakan minimal seminggu sekali, dan jika terlalu banyak berolahraga malah akan menghancurkan tubuh kita. Yang terakhir sebagai tambahan, olahraga juga harus diimbangi dengan hidup dan makanan yang sehat.

Pewawancara :
Baiklah terimakasih atas waktunya Pak!

Narasumber :
Terimakasih kembali. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top