Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

2 Contoh Esai Tentang Media Sosial (Social Media)

Contoh Esai Tentang Media Sosial - Simak dua contoh tulisan mengenai dampak media sosial di bawah ini.

DAMPAK MEDIA SOSIAL BAGI KEHIDUPAN REMAJA

Media sosial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan interaksi yang terjadi antara kelompok atau individu, seperti saling berbagi, dan bertukar pikiran melalui internet atau komunitas virtual lainnya. Jaringan sosial atau disebut juga dengan media sosial ini memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan remaja. Hal ini dikarenakan saat ini, anak-anak telah tumbuh dengan dikelilingi oleh perangkat – perangkat mobile dan situs jaringan sosial interaktif, seperti Twitter, MySpace, dan Facebook. 

Akibatnya, media sosial telah menjadi aspek yang penting bagi kehidupan mereka. Media sosial telah mengubah cara mereka berinteraksi dengan orang tua, dan teman sebayanya. Disamping itu, media sosial juga telah memberikan dampak positif dan negatif di kehidupan mereka.   

Di sisi positif, media sosial dapat bertindak sebagai alat yang sangat berharga dan bermanfaat bagi para remaja. Media sosial ini dapat membantu mereka untuk memasarkan keterampilan mereka dan mencari peluang bisnis di internet. Selain itu, situs jejaring sosial juga dapat digunakan untuk berbagi hal – hal yang positif kepada semua orang. 

Namun, sisi negatifnya adalah internet penuh dengan sejumlah risiko yang terkait dengan kejahatan online. Contohnya adalah Cyber bullying, yaitu jenis bullying yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. Para pelaku cyber bullying ini menggunakan situs – situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook sebagai tempat bersembunyi di balik anonimitas yang disediakan oleh internet untuk melakukan tindakan tercela tersebut.

Selain itu, para remaja juga memiliki risiko dapat terungkap informasi pribadi mereka secara tidak sengaja di internet. Mereka biasanya mengabaikan kebijakan privasi yang dimiliki oleh beberapa situs dengan tidak membacanya terlebih dahulu. Akibatnya, informasi – informasi pribadi bahkan juga bisa foto – foto pribadi bisa tersebar luas di internet. Hal ini menjadi masalah yang serius karena bisa meningkatkan kasus kejahatan cyber, seperti pencurian identitas, penipuan identitas, dan lain – lain. Baru – baru ini juga sebuah study mengungkapkan bahwa media sosial bisa membuat remaja menghabiskan uang mereka dengan mengklik iklan pada internet. Iklan yang tidak sengaja terklik itu dapat menyebabkan seseorang membeli barang tertentu secara tidak sadar.

Berdasarkan penjabaran di atas, hal ini menjadi semakin jelas bahwa media sosial telah menjadi bagian yang penting di kehidupan masyarakat. Situs jejaring sosial ini menyebabkan dampak positif bagi mereka untuk bisa menjadi lebih profesional. Namun, media sosial juga dapat memberikan efek negatif, yaitu membuat remaja malas dan tidak berkompeten. Oleh karena itu, sebagai remaja sangat penting untuk berhati-hati dan menahan diri ketika berhadapan dengan media sosial. 
Advertisement

Manfaat Media Sosial Bagi Usaha Bisnis

Media sosial atau disebut juga dengan jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi ternyata tidak hanya digunakan sebagai tempat berkumpul atau berbagi di dunia maya. Namun, media sosial kini juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mengembangkan sebuah bisnis. Saat ini telah banyak para pengusaha yang beralih ke media sosial dalam memasarkan produk mereka baik barang ataupun jasa. Beralihnya para pelaku bisnis ke media ini dikarenakan jejaring sosial memiliki manfaat yang sangat banyak bagi usaha bisnis. Berikut ini adalah alasan mengapa jejaring sosial bisa menjadi alat promosi yang paling efektif. 

Alasan yang pertama adalah aksesnya cepat dan mudah, sehingga memungkinkan produk yang dipasarkan melalui media sosial akan cepat dikenali oleh masyarakat. Orang – orang yang yang ingin memasarkan usahanya tidak perlu lagi membutuhkan waktu yang lama. Mereka hanya tinggal memasukan gambar dan deskripsi produk mereka di media sosial. Disamping itu, iklan – iklan yang mereka pasang di situs – situs tersebut mudah diakses kapanpun dan di manapun.

Alasan yang kedua adalah jaringannya luas. Jaringan sosial yang sangat luas dan tidak terbatas ini dapat juga dimanfaatkan untuk sarana promosi produk lintas Negara. Pada jaman dahulu, untuk memasarkan produk hingga ke luar negeri sangatlah susah dan juga membutuhkan biaya yang sangat mahal. Namun, dengan menggunakan media sosial, kini para pelaku bisnis tidak perlu lagi merasa sulit karena dengan memasang iklan mereka di media sosial, produk mereka bisa dikenal hingga ke luar negeri, sehingga dapat memperlebar pemasaran produk tersebut.   

Alasan yang terakhir adalah alasan yang paling utama, yaitu gratis. Penggunaan media sosial sebagai sarana promosi tidak dikenakan biaya apapun, sehingga para pengusaha bisa mengalihkan biaya promosi yang mestinya mereka keluarkan untuk keperluan lainnya. Dengan begitu, mereka bisa mengembangkan usaha mereka tanpa terbebani masalah biaya pemasaran.

Oleh karena itu, menggunakan media sosial sebagai sarana promosi untuk produk sangatlah tepat karena ada beberapa macam alasan mengapa media sosial untuk sarana promosi, diantaranya adalah aksesnya mudah dan cepat, jaringannya luas, dan tidak dikenakan biaya sedikit pun.   

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top