Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

2 Contoh Esai Tentang Budaya (Terbaru)

2 Contoh Esai Tentang Budaya (Terbaru) - Berikut ini, terdapat dua contoh esai yag membahas mengenai kebudayaan. Semoga bermanfaat bagi perluasan pengetahuan Anda. 

Pengaruh Kebudayaan terhadap Perilaku Hidup Manusia


Budaya adalah sebuah ciri atau identititas dari sekumpulan orang yang mendiami wilayah tertentu. Budaya ini timbul dari perbuatan yang dilakukan oleh masyarakat secara berulang – ulang sehingga membentuk suatu kebiasaan yang pada akhirnya menjadi sebuah budaya dari masyrakat itu sendiri. Budaya yang telah terbentuk itu akan masuk dan mengakar di dalam kehidupan manusia, sehingga tanpa kita sadari budaya ini telah mempengaruhi kehidupan manusia. Berdasarkan ilustrasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan mempengaruhi manusia dalam berperilaku. Manusia akan didekte oleh budaya dalam hal berperilaku baik perilaku baik maupun buruk. Banyak sekali perilaku – perilaku manusia yang dipengaruhi oleh budaya. Di bawah ini adalah sebagian perilaku – perilaku manusia yang dipengeruhi oleh budaya.

Yang pertama adalah budaya mempengaruhi perilaku manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Kebiasaan – kebiasaan manusia dalam berinteraksi dengan orang lain telah merubah perilaku manusia ketika bersosialisasi. Saat ini kita telah hidup di jaman yang serba canggih. Semua aspek di kehidupan ini telah disentuh oleh tehnologi, salah satunya adalah aspek komunikasi dengan hand phone sebagai produknya. Hal ini membuat manusia terbisa menggunakan hand phone untuk berkomunikasi, sehingga terbentuklah budaya media sosial. Manusia kini lebih memilih  bersosialisai melalui media – media sosial seperti facebook, twitter, My Space, dan lain – lain. Akibatnya, mereka menjadi pasif terhadap lingkungan sekitarnya.

Budaya mempengaruhi manusia mengambil keputusan dalam perilaku konsumsi. Berkembangnya industri akibat tehnologi membuat perusahaan memproduksi barang – barangnya secara massal dan relative murah. Hal ini juga turut mempengaruhi perubahan kebudayaan manusia yang pada awalnya merupakan masyarakat agraris secara bertahap berubah menjadi masyarakat perkotaan. Akibatnya, terciptalah tata nilai baru dan pola hidup yang baru akibat dari budaya manusia yang telah menjadi masyarakat perkotaan. Hal ini menyebabkan kebutuhan hidup mereka menjadi semakin banyak, sehingga membuat mereka terus menerus membeli produk untuk memuaskan kebutuhan budaya baru tersebut. Pada akhirnya terbentuklah masayarakat konsumtif, yaitu masyarakt yang selalu mengkonsumsi barang maupun jasa.   

Terlebih lagi, budaya mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Tehnologi yang semakin berkembang ini mempengaruhi tatanan hidup manusia. Manusia terbiasa menggunkan tehnologi - tehnologi canggih yang telah diciptakan. Akibatnya, budaya manusia yang dahulunya hidup dengan sederhana, kini berubah menjadi sangat canggih. Perubahan budaya ini menciptakan masyarakat modern, yaitu masyarakat yang hidup dengan dikelilingi oleh tekhnologi – teknologi canggih. 

Berdasarkan penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa budaya mempengaruhi kehidupan manusia, dalam bersosialisasi, menciptakan masayarakat konsumtif, dan masyarakat modern. Oleh karena itu, budaya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena budaya akan selalu berkembang, maka perilaku manusia akan berkembang pula.  
Advertisement

Jenis – Jenis Budaya Asing yang Masuk Ke Indonesia


Dewasa ini, jaman telah semakin berkembang, bahkan perkembangnya pun tidak lagi bisa dibendung oleh manusia itu sendiri. Akibatnya, banyak budaya yang masuk ke Negeri kita, Indonesia dengan bebasnya. Dari budaya – budaya yang masuk tersebut, ada dua jenis budaya yaitu, budaya baik dan budaya yang buruk. Budaya tersebut tentunya mempengaruhi budaya asli Indonesai itu sendiri. Bahkan budaya asing ini mengancam keberadaan budaya kita. Berikut ini adalah paragraf yang mendiskusikan jenis – jenis budaya asing yang masuk ke dalam Indonesia.

Budaya asing yang pertama adalah budaya baik. Budaya – budaya yang baik ini masuk ke Indonesia dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Budaya yang baik ini tidaklah berbahaya, bahkan bisa membuat kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik lagi. Contohnya adalah budaya disiplin dari masyarakat Jepang, budaya berpakaian dari masyarakat arab, dan lain – lain. Budaya baik ini masuk ke Indonesia bersamaan dengan budaya buruk. Hal ini dikarenakan, sulitnya menyaring budaya – budaya tersebut akibat dari bebasnya budaya yang masuk ke Negeri ini.

Budaya asing yang kedua adalah budaya buruk. Disamping budaya baik, budaya buruk juga ikut masuk ke dalam Indonesia. Tidak seperti budaya baik, budaya buruk ini sangat berbahaya bagi kehidupan masyarakat Indonesia, karena pada umumnya budaya ini tidak sesuai dengan budaya asli Indonesia yang merupakan budaya ketimuran. Akibatnya, masyarakat Indonesia kini berperilaku jauh keluar dari pakem budaya ketimuran. Contohnya adalah budaya dari negeri barat, seperti pakaian seksi, gaya hidup yang bebas, dan budaya pesta tapa batas, dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa budaya asing yang masuk ke Indonesia ini ada dua macam yaitu budaya yang membuat kehidupan masyarakat Indonesia lebih baik, dan budaya yang membuat kehidupan masyarakat Indonesia semakin buruk. Oleh sebab itu, pintar –pintarlah dalam bergaul agar tidak terpengaruh budaya asing yang buruk yang telah masuk ke Indonesia.    

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top