Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Pengertian dan 3 Contoh Karangan Argumentasi Singkat

Pengertian dan 3 Contoh Karangan Argumentasi Singkat - Berdasarkan tujuannya suatu tulisan dapat dibagi menjadi karangan argumentasi, deskrispsi, narasi, eksposisi, dan persuasi. Pada kesempatan marilah kita bahas tentang karangan argumentasi lebih jauh.

Karangan argumentasi adalah salah satu bentuk tulisan yang isinya berupa pendapat-pendapat penulis mengenai suatu hal dengan mengemukakan pendapat berupa alasan, contoh dan bukti yang kuat. Karangan ini bertujuan untuk menyakinkan atau mempengaruhi pembaca untuk dapat memiliki pandangan yang sama dengan penulis. 

 

Ciri-Ciri Karangan Argumentasi


Paragraf argumentasi memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Paragraf ini berusaha menyakinkan pembaca agar percaya dengan pendapat penulis
2. Paragraf ini disertai dengan pembuktian berupa data, fakta, grafik, table, dan lain-lain.
3. Paragraf ini meghindari keterlibatan emosi dan subjektivitas dalam mengemukakan pendapanya.
4. Paragraf ini menggunakan logika dan penalaran sebagai landasan berfikirnya.

Di dalam karangan argumentasi, ada 3 bagian utama yang harus ada, yaitu:

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan merupakan bagian awal di mana penulis akan memperkenalkan topik yang kan dibahasnya.

2. Tubuh argument

Pada bagian ini berisi argument atau pandangan-pandangan penulis mengenai topik yang seadang dibahas.

3. Kesimpulan

Bagian kesimpulan merupakan inti atau ringkasan seluruh pendapat pengarang akan suatu topik yang sedang di bahas.
Advertisement

 

3 Contoh Karangan Argumentasi Singkat


Contoh 1

Harga BBM Naik Lagi?

Pada akhir bulan Maret kemarin pemerintah resmi kembali menaikan harga BBM jenis premium yang tadinya Rp. 6.500 per liter menjadi Rp. 7.000 per liter. Kenaikan ini merupakan sebuah bentuk ketidak berpihakan pemerintah dengan masyrakat menengah ke bawah. Mereka kembali menaikan harga BBM dengan dalih mengikuti harga perkembangan minyak dunia dan mengalihkan subsidi ke sector lain.

Hal ini tidaklah masuk akal karena Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil dan pemasok minyak bumi untuk Negara-negara lain. Cadangan minyak bumi kita cukup banyak dan dapat dikatakan surplus untuk memenuhi kebutuhan minyak bumi di dalam negeri. Lantas mengapa kita terpengaruh dengan harga minyak dunia sedangkan kita adalah produsen minyak tersebut.

Mereka juga mengatakan bahwa penghapusan subsidi BBM akan dialihkan kepada sector lain seperti pendidikan. pembangunan dan kesehatan. Lantas yang menjadi pertanyaan apakah kita sudah merasakan itu semua? pendidikan yang mahal dan tidak merata, pembangunan yang lambat, dan pengobatan yang mahal masih kita rasakan hingga saat ini. Lalu kemanakah janji-janji pemerintah tersebut? Apakah mereka menutup mata akan penderitaan masyarakatnya.

Sekali lagi kenaikan harga BBM ini mengikat leher masyarakat menegah ke bawah karena akibat kebijakan ini harga-harga kebutuhan pokok juga ikut mengalami kenaikan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan pemerintah mengkaji ulang kenaikan BBM ini.

Contoh 2

Manfaat Internet

Internet merupakan suatu teknologi canggih yang diciptakan untuk memudahkan seluruh kehidupan manusia dengan akses informasi yang tidak terbatas dan cepat. Namun, sayangnya manfaat-manfaat yang disediakan oleh internet belum sepenuhnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Dari sekitar 300 juta penduduk di Indonesia hanya separuhnya saja yang mengerti cara menggunakan dan memetik manfaat dari internet. Padahal, jika dimanfaatkan dengan bijak, banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa kita rasakan.

Manfaat yang pertama adalah internet bisa digunakan sebagai sarana untuk bisnis. Luasnya jangkaun internet bisa digunakan sebagi sarana promosi produk yang ampuh. Selain cepat memasarkan bisnis di internet juga gratis, jadi kita tidak perlu membayar baiaya tambahan untuk promosi.

Tidak hanya untuk berbisinis, Internet juga dapat dijadikan sumber informasi yang ampuh. Internet dapat menghubungkan setiap orang dari belahan dunia manapun sehingga kita bisa bertukar informasi dengan mereka. Namun, janganlah langsung percaya dengan berita yang ada di Internet. Sebaiknya ceklah terlebih dahulu kebenarannya.

Itulah sebagian dari manfaat internet yang dapat kita ambil manfaatnya. Oleh kerena itu gunakanah internet sebijaksana dan sebaik mungkin agar kita mendapatkan manfaat dan terhindar dari pengaruh buruk internet.
 
Contoh 3

Bullying

Budaya bullying sangatlah berbahaya bagi tumbuh dan berkembang anak-anak. Bullying dapat merusak masa depan dan menajadikan mereka pasif dan apatis terhadap dirinya dan juga lingkungnnya. Sebetulnya bullying telah terjadi sejak zaman dahulu dan tidak ada yang tahu kapan budaya bullying dimulai.

Bahaya yang dapat disebabkan oleh bullying ini sangat begitu besar bagi anak-anak. Anak-anak korban bullying yang terus mendapatkan tekanan dan ejekan dari teman-temannya akan menderita tekanan batin yang sangat berat. Mereka akan menjadi takut bersosialisai dan berinteraksi dengan orang lain. Akibatnya mereka mulai menjauhkan diri dari lingkungannya. Sehingga terjadilah anak-anak yang kurang percaya diri atau bahkan lebih parah lagi anak-nak yang menjadi stress.

Oleh karena itu, jauhi dan awasilah perilaku bullying di dalam lingkungan anak-anak agar masa depan mereka tidak hancur dan menjadi anak-anak yang aktif dan berprestasi.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top