Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Kisah Legenda Nyi Roro Kidul Secara Singkat dan Jelas

Kisah Legenda Nyi Roro Kidul Secara Singkat dan Jelas - Nyi Roro Kidul adalah sebuah legenda yang begitu terkenal dan terus diceritakan hingga saat ini. Yuk kita baca cerita berikut ini. :)

Nyi Roro Kidul

Alkisah pada zaman dahulu, ada seorang putri yang sangat cantik jelita laksana bidadari dari khayangan yang bernama Dewi Kadita. Dia merupakan putri kesayangan dari Raja Padjajaran, Munding Wangi. Selain memiliki paras yang sangat cantik, Dewi Kadita juga sangatlah baik. Dia sangat baik dan ramah kepada semua orang. Kecantikan paras dan keelokan tubuhnya pun telah tersebar ke seluruh penjuru negeri.

Meskipun sang raja memiliki putri yang sangat cantik, dia tidak merasa senang. Raja sedih karena sampai saat ini belum dikaruniai oleh anak laki-laki sebagai putra mahkota sebagai penerus tahtanya. Akhirnya sang raja memutuskan untuk menikahi lagi dengan Dewi Mutiara agar mendapatkan anak laki-laki yang gagah perkasa sebagai penerus tahta.

Pada awalnya, Dewi Mutiara sangat baik kepada Dewi Kadita untuk mendapatkan cinta ayahnya. Namun setelah menikah, Dewi Mutiara menunjukan sifat aslinya. Terlebih lagi ketika Dewi Mutiara dikaruniai oleh seorang anak laki-laki. Dewi Mutiara pun semakin jahat kepada Dewi Kadita. Dia takut kalau Dewi Kadita akan menjadi penghalang bagi anaknya untuk menjadi penerus tahta. Hari demi hari Dewi Mutiara semakin khawatir, bahkan dia mulai berani meminta langsung kepada raja untuk mengasingkan Dewi Kadita dari istana. “Tuanku, aku ingin kau mengasingkan Dewi Kadita dari istana ini,” pinta istrinya. Mendengar permintaan itu, Raja Munding Wangi menjadi marah. Dia menolak dan memarahi istrinya tersebut.

Dewi Mutiara pun semakin dendam kepada anak tirinya tersebut. Dia terus memutar otak untuk mengusir Dewi Kadita. Hingga pada akhirnya, dia memutuskan untuk pergi menemui seorang dukun untuk mencelakai Dewi Kadita. “Aku ingin kau mencelakai Dewi Kadita hingga dia terusir dari istana ini,” perintah Dewi Mutiara. Sang dukun pun menyanggupi permintaan dirinya. Kemudian dukun itu menyanggupinya karena dirinya dijanjikan  untuk diberikan hadiah jika berhasil.
Advertisement

Setelah beberapa hari, dukun itu mulai menjalankan aksinya. Dia mulai mengguna-guna Dewi Kadita dengan mengirimkan sebuah angin yang telah diberi mantra olehnya. Ketika Dewi Kadita sedang tertidur, angin itu masuk dan mengenai tubuhnya. Keesokan paginya saat dia terbangun, betapa terkejutnya dia melihat dirinya di cermin. Semua tubuhnya dipenuhi oleh koreng dan bisul yang berbau busuk. Sudah berapa banyak tabib istana yang datang untuk mengobatinya, namun tetap juga gagal. Mereka mengatakan bahwa penyakit itu bukanlah penyakit biasa melainkan sebuah guna-guna.

Hari demi hari penyakit Dewi Kadita semakin parah dan mulai mengeluarkan bau busuk. Dia pun sudah mulai putus asa dengan keadaan dirinya. Setelah melihat kesempatan ini, Dewi Mutiara merasa senang. Dia mulai menghasut raja untuk mengasingkan anak kesayangannya itu dari istana. Dia mengatakan bahwa penyakit tersebut akan mengakibatkan pengaruh buruk terhadap anak laki-laki mereka dan kerajaan.

Pada awalnya sang raja tetap menolaknya, namun setelah didesak oleh istrinya tersebut sang raja pun luluh juga. Dewi Kadita yang mengetahui tersebut merasa sangat sedih dan dia pun pergi meninggalkan istana dengan sendirinya. Dia pergi dari kerajaan itu dan terus berjalan sangat jauh. Mengetahui anak tirinya telah pergi dari istana, Dewi Mutiara senang bukan kepalang. Dia pun merasa lega karena rencananya akan berjalan dengan mulus. Namun, sang raja tetap merasa sedih karena kehilangan putri kesayangannya itu.

Siang malam Dewi Kadita berjalan di seluruh negeri. Kecantikan paras dan keelokan tubuhnya telah mengilang. Tak jarang dia selalu mendapatkan penolakan dan hinaan selama perjalanannya. Semakin jauh dia berjalan, hingga akhirnya dia sampai di sebuh tebing yang berbatasan langsung dengan lautan. Dewi Kadita pun termenung memandangi lautan yang luas itu. Setelah beberapa saat, Dewi Kadita mendengar bisikan suara yang menyuruhnya untuk terjun ke laut. Karena merasa putus asa, Dewi Kadita pun melompat ke arah lautan.

Setelah melompat, keajaiban pun terjadi tubuhnya yang penuh koreng dan bisul kembali menjadi bersih dan cantik. Hingga akhirnya Dewi Kadita berubah wujud menjadi penguasa lautan itu. Dia pun menguasai seluruh Laut Selatan dan mendirikan kerajaan ghaib di sana. Hingga kini kerajaan tersebut dipercayai masih ada dan Dewi Kadita itu pun dikenal sebagai Ratu Kidul atau Ratu Pantai Selatan.

***

Kisah Nyi Roro Kidul ini termasuk ke dalam cerita legenda dan masih dipercayai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan ada beberapa versi yang menceritakan tentang asal-usul Nyi Roro Kidul. Cerita-cerita tersebut ada yang berupa versi jawa, versi sunda dan bahkan versi batak. Dongeng di atas adalah salah satu cerita Nyi Roro Kidul versi Sunda sebagai bahan referensi Anda.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top