Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Paragraf Persuasi Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya

Contoh Paragraf Persuasi Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya - Paragraf persuasi adalah paragraf yang tujuan utamanya mengajak seseorang untuk melakukan atau mempercayai sesuatu hal seperti apa yang disampaikan oleh penulis dalam tulisannya. Paragraf ini bersifat subjektif yaitu berupa pandangan atau pendapat penulis pribadi tentang suatu masalah yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, untuk menyakinkan para pembacanya, paragraf ini harus disertai dengan data – data pendukung seperti fakta, contoh, dan lain – lain. Bentuk – bentuk paragraf persuasi adalah slogan, himbaun, dan lain – lain.

Ciri – Ciri Paragraf Persuasi

Sebelum mempelajari ciri – ciri paragraf persuasi, perhatikanlah contoh paragraf persuasi berikut ini terlebih dahulu.

Ayo menabung!

Menabung atu menyimpan uang adalah perilaku yang patut kita tanam di dalam diri kita sendiri. Dengan menabung, kita bisa mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari seperti sakit, dan untuk keperluan mendadak lainnya. Tak hanya itu dengan menabung atau menyisihkan sedikit uang bisa membentuk pribadi yang hemat. Bahkan dengan menabung kita juga bisa menjalani hidup mandiri dan terlepas dari tanggungan orang tua. Oleh karena itu, marilah kita menanamkan budaya menabung di dalam diri kita sehingga. Sisihkanlah uang kita walaupun sedikit dan berhematlah karena kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Setelah membaca paragraf persuasi di atas, sudahkan terbayang ciri – ciri dari pargaraf persuasi? Jika kita perhatikan, paragraf persuasi memiliki ciri – ciri sebagai berikut:

1. Merupakan jenis paragraf campuran yang memiliki dua kalimat utama pada bagian awal dan akhir paragraf.
2. Paragraf persuasi bersifat mengajak pembacanya untuk melakukan apa yang dikatakan oleh penulis di dalam tulisannya.
3. Agar pembaca mau mengikuti apa yang dikatakan oleh penulisnya, paragraf ini menyajikan alasan – alasan pendukung berupa fakta, maupun opini yang meyakinkan.
4. Di dalam paragraf banyak terkandung kalimat – kalimat ajakan berupa “ayo”, “mari”, dan imbuhan –lah seperti “lakukanlah”, “tanamkanlah”  dan lain – lain.

Advertisement
Macam – Macam Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi sendiri banyak digunakan dalam bidang pendidikan, periklanan, maupun politik.

1. Paragaraf Persuasi Pendidikan

Jenis paragraf persuasi banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Karena sifatnya yang mengajak, sasaran pembacanya merupakan siswa – siswa maupun pihak – pihak yang terlibat di dalam dunia pendidikan.

Tuntulah Ilmu Setinggi Mungkin!

Ilmu adalah sesuatu yang sangat berharga di dunia ini. Bahkan ilmu mampu mengangkat derajat manusia baik di dunia maupun di akherat. Ilmu bisa membantu kita untuk mewujudkan cita – cita di dunia dan dengan ilmu juga kita bisa bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup di dunia ini. Bahkan nabi Muhammad SAW sendiri pun menganjurkan untuk menuntu ilmu sepanjang hidup kita dari lahir hingga liang lahat. Oleh karena itu, marilah kita menuntut limu setinggi mungkin agar kita bisa menyebarkan manfaat bagi seluruh kehidupan di dunia ini. Tuntutlah ilmu dan jadikanlah diri dan perilaku kita sebagai orang yang berilmu karena orang yang berilmu memiliki pandangan yang lebih di mata Allah SWT.

2. Paragraf Persuasi Periklanan

Paragraf ini biasa digunakan untuk keperluan periklanan yang dibuat untuk mempengaruhi konsumen membeli produk yang diiklankan.

Anda sering merasa lelah dan tak bersemangat menjalani hari? Itu tandanya anda menderita kekurangan darah merah sehingga terhambatnya pembentukan energy di dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu, segeralah minum Hemoglobin Pil untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh Anda. Rasakanlah manfaat yang akan Anda dapatkan dan Raihlah mimpi Anda dengan bersemangat!

3. Paragraf Persuasi Politik

Paragraf ini dibuat untuk kepentingan politik yang digunakan untuk mempengaruhi pembacanya agar memiliki pandangan yang sama dengan penulisnya.

Mari sukseskan pemilu 2015

Pemilihan umum akan segera dilaksanakan, marilah kita sukseskan pemilu ini dengan memilih pemimpin yang adil dan berjiwa besar. Janganlah menjadi golput dengan menyia – nyiakan hak suara Anda karena nasib bangsa kita lima tahun ke depan berada di tangan Anda. Luangkanlah 5 menit waktu Anda atau Anda akah hidup dengan menderita 5 tahun ke depan!  Ayo pilih pemimpin yang baik!

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top