Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Contoh Ide Pokok Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, Deskripsi, Narasi, Persuasi, Argumentasi, Eksposisi

Contoh Contoh Ide Pokok Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, Deskripsi, Narasi, Persuasi, Argumentasi, Eksposisi - Ide pokok atau topik utama adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Dengan kata lain, ide pokok adalah unsur pembangun utama dari sebuah paragaraf yang kemudian dikembangkan menjadi ide – ide penjelas sehingga terbentuklah suatu paragraf yang utuh.

Ide pokok di dalam sebuah paragraf tersirat atau tersurat pada kalimat utama yang biasanya terletak pada bagian awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf. Kalimat yang mengandung ide pokok tersebut disebut dengan kalimat utama, sementara itu, kalimat yang mengandung ide penjelas disebut dengan kalimat pendukung.

 

Ciri – Ciri Ide Pokok


1. Membicarakan hal yang umum atau luas sehingga bisa dikembangan kembali.
2. Merupakan inti sebuah paragraf sehingga dibicarakan atau dibahas pada setiap bagian kalimat baik secara tertulis maupun tersirat.
3. Memiliki pendukung atau penguat berupa alasan, contoh, atau opini pada kalimat penjelas.

 

Cara Menemukan Ide Pokok


Untuk menemukan ide pokok di dalam sebuah paragraf, hal pertama yang harus dilakukan adalah:

1. Membaca semua paragraf dengan jelas.
2. Menemukan kalimat utama.
3. Menemukan ide pokok dengan menjustifikasikan kalimat utama dengan hal yang selalu dibahas dalam setiap kalimat.

Contoh :

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Menurut data yang beredar bahwa ada satu korban yang meninggal setiap harinya. Keganasan penyakit ini tak hanya menyerang orang tua dan dewasa saja, tetapi remaja bahkan anak – anak bisa menderita penyakit ini. Di Indonesia saja ada ribuan lebih penderita yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit ini. Penyakit jantung ini dikatakan sebagai pembunuh berbahaya karena penyakit ini menyerang korbannya secara tiba – tiba sehingga jika tidak ditolong sang korban akan kehilangan nyawanya.

Ide pokok pada kalimat ini tertulis secara jelas pada kalimat utamanya yaitu Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Hal ini bisa diperkuat dengan kalimat – kalimat pendukung yang menjelaskan betapa bahayanya penyakit ini di seluruh kalimat.

 

Contoh – Contoh Ide Pokok Paragraf Lengkap


Ide pokok pada paragraf induktif

Setiap sore hari banyak mobil yang melewati jalanan ini. Mereka biasanya merupakan para pekerja kantoran yang bekerja di Jakarta. Tak hanya mobil – mobil kecil, mobil – mobil besar pun turut meramaikan jalanan ini seperti mobil bus, truk dan mobil besar lainnya. Hal ini dikarenakan jalanan ini sangat strategis. Oleh karena itu, tak heran jalananan yang menghubungkan antara Provinsi Jakarta dan Banten ini sangat padat oleh kendaraan bermotor.

Ide pokok : Jalanan penghubung antara Provinsi Jakarata dan Banten sangat padat oleh kendaraan bermotor.

Ide pokok pada paragraf deduktif

Bunga mawar adalah bunga yang Indah. Bunga ini bahkan menjadi lambang cinta karena keindahannya. Tak jarang banyak para pasangan yang menghadiahi bunga mawar untuk pasanganya. Setangkai bunga mawar terlihat sangat romantis bahkan jika dalam bentuk karangan bunga mawar, keindahannya tak akan tertandingi oleh apa pun.

Ide pokok: Bunga mawar adalah bunga yang indah.

Ide pokok pada paragraf campuran

Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Dengan berolahraga, tubuh kita akan selalu sehat dan prima sepanjang hari. Tubuh yang sehat akan membuat kita terhindar dari penyakit sehingga kita bisa menjalani aktivitas tanpa halangan apapun. Tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit akan memudahkan kita mewujudkan mimpi – mimpi kita. Oleh karena itu, Olahraga sangatlah penting untuk dilakukan.

Ide pokok:  Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita
Ide pokok: Olahraga sangat penting untuk dilakukan
Advertisement

 

Ide pokok yang tersirat


Pada paragraf deduktif, induktif, dan campuran topik utamanya jelas terlihat pada kalimat utama. Sedangkan pada paragraf narasi, deskripsi dan lainnya topik utamanya tersirat di dalam setiap paragraf. Di bawah ini adalah topik utama yang tersirat di dalam paragraf.

Ide pokok pada paragraf deskripsi

Ani bisa mengerjakan soal matematika dengan sangat cepat. Dia bahkan bisa mengerjakan soal – soal yang sangat sulit dengan begitu mudahnya. Tak jarang guru kami selalu memintanya untuk menggantikan dirinya jika dia tidak bisa masuk. Salah satu presatasi yang membanggakannya adalah dia pernah menjuarai lomba olimpiade matematika siswa tingkat nasional.

Ide pokok: Ani sangat pintar dalam hal matematika.

Ide pokok pada paragaraf narasi

Hari ini aku bertemu dengan teman lamaku. Sebenarnya kami sudah lama tidak bertemu dan akhirnya kami sekarang bisa bersama lagi. Aku pun mengajaknya bermain bersama – sama. Kami main ke taman dan bersenang – senang. Semua masalahku terasa hilang saat itu berkat sahabat lamaku.

Ide pokok: Hari itu aku sangat senang bertemu dengan sahabat lama.

Ide pokok pada paragraf persuasi

Bersihkanlah lingkungan tempat tinggal kita karena jika lingkungan bersih, maka tak ada bibit penyakit yang menyebar. Marilah kita bersama – sama menyapu, dan membersihkan semua kotoran yang ada. Jika pekerjaan ini dilakukkan bersama – sama, maka kebersihan lingkungan yang kita idamakan akan mudah tercapai.

Ide pokok: Marilah bersama – sama membersihkan lingkungan.

Ide pokok pada paragraf argumentasi

Ujian nasional secara Online bukanlah jawaban dari permasalahan saat ini. Bahkan ujian nasional secara online ini malah menimbulkan permsalahan baru bagi sekolah maupun siswanya. Permasalahan – permasalahan yang timbul misalnya, sekolah dituntut harus memiliki fasilitas yang memadai seperti komputer, jika sekolah itu mampu hal ini tdak jadi masalah, tetapi bagaimana dengan sekolah – sekolah yang ada di daerah. Tak hanya itu, ujian nasional tahun ini tetap terjadi kebocoran kunci jawaban bahkan lebih mudah karena sistemnya yang online.

Ide pokok: Ujian nasional online menimbulkan masalah baru bagi siswa dan sekolah.

Ide pokok pada paragraf eksposisi

Jeruk memiliki kandungan vitamin c yang sangat banyak. Kandungan vitamin c ini baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Jika tubuh kita kekurangan vitamin c, maka kita akan mengalami sariawan yang sangat mengagangu. Bahkan lebih parah lagi, jika kita kekurangan vitamin c, kita akan lebih mudah terserang penyakit. Tak hanya kandungan vitamin c yang banyak, jeruk juga memiliki minyak astiri yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Ide pokok: Jeruk sangat bermanfaat bagi tubuh.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top