Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

4 Contoh Teks Persuasi (Pendidikan, Advertensi, Politik, dan Propaganda)

4 Contoh Teks Persuasi (Pendidikan, Advertensi, Politik, dan Propaganda) - Berikut ini adalah jenis-jenis teks persuasi dan contohnya.

1. Teks Persuasi Pendidikan

Ayo Raih Prestasi Sedini Mungkin!

Setiap manusia di dunia ini pasti ingin sekali bisa berprestasi karena presatasi adalah suatu hal yang sangat membanggakan baik bagi diri sendiri maupun orang tua. Orang tua mana yang tidak bangga jika anaknya berprestasi. Namun, mencapai prestasi bukanlah mudah. Presatasi tidak bisa didapatkan hanya dengan usaha yang kecil, perlu diadakan pengorbanan yang luar biasa di dalamnya untuk menghadapi kerikirl-kerikil tajam yang siap menghadang di depan.

Kenapa kita harus berpresatsi sedini mungkin? Hal ini karena dengan berpreatasi sedini mungkin bisa menciptakan pribadi yang kompetitif yang kelak akan selalu memacu dirinya untuk terbiasa berkompetisi dan berprestasi saat dewasa. Selain itu dengan berpresatasi sedini mungkin juga bisa membuat kita bangga akan diri kita sendiri. Terlebih lagi, orang tua juga akan sangat bersyukur dengan pencapaian kita tersebut.

Temukanlah setiap potensi yang ada di dalam diri Anda karena setiap anak di duni ini pastilah memiliki potensi untuk berpresatai. Lihatlah diri Anda lebih dalam lagi, pasti terdapat sebuah potensi yang bisa Anda asah menjadi suatu yang membanggakan. Berprestasi tidak hanya mencakup pada bidang pendidikan saja. Banyak bidang lain yang bisa Anda andalkan seperti olahraga, seni dan masih banyak lagi.  Asahlah potensi-potensi tersebut sehingga bisa menjadi suatu hal yang bisa menuntun Anda meraih prestasi. Oleh karena itu, marilah temukan potensi dalam diri kita, lalu kembangkanlah potensi tersebut, jadilah anak yang berprestasi dan buatlah orang tua bangga akan pencapaian kita. 

2. Teks Persuasi Advertensi

Sayangi Kesehatan Anda!

Dewasa ini banyak sekali beredar produk-produk air mineral kemasan yang tidak sesuai dengan standar kesehatan. Tanpa kita sadari produk-produk tersebut bisa membahayakan kesehatan kita. Namun jangan khawatir karena kini hadir air mineral G-Qua. Air mineral kemasan yang telah teruji standar kesehatannya.

Kenapa G-Qua baik untuk kesehatan? G-Qua berasal dari mata air sumber pegunungan yang masih asri dan belum terjamah aktivitas manusia. Mata air tersebut langsung dialiri ke pabrik yang ada didekat kaki pegunungan. Tidak hanya airnya yang terjamin bersih, G-Qua juga dikemas dalam kemasan yang aman dan sesuai dengan standar kemasan internasional.

Oleh karena itu, jika masih sayang dengan kesehatan Anda, tinggalkan produk yang lain dan beralihlah ke G-Qua! Ayo konsumsi G-Qua sekarang juga!

Advertisement
3. Teks Persuasi Politik

Ayo Pilih No. 3 untuk Perubahan!

Sebentar lagi hari pemilihan kepala daerah akan segera tiba. Kini sudah saatnya rakyat yang memilih rakyat sebagai pemimpinya. Pilihlah Ahmad Husein, M.Pd calon pemimpin daerah dari Partai Kebangsaan nomor urut 3!

Ahmad Husein, M. Pd sangat berkompeten untuk memimpin Rawa Bening selama lima tahun ke depan. Jujur, Amanah, dan Sederhana itulah Ahmad Husein, M Pd. Karena berasal dari rakyat, dirinya tidak akan pernah melupakan rakyat.

Oleh karena itu, sudah siapkah Anda menerima perubahan? Datanglah dan ajak semua keluarga, sahabat ke TPS dan Jangan ragu, pilihlah Ahmad Husein, M. Pd!  Insha Allah membawa berkah.

4. Teks Persuasi Propaganda

Marilah kembali ke Hakekat Manusia!

Smart Phone, Stupid People, slogan itulah yang tepat untuk menggambarkan keadaan manusia sekarang ini. Saat ini banyak manusia telah disibukan oleh tekhnologi ini yang tanpa kita sadari telah membawa kita keluar jauh dari garis hakekat manusia sebagai makhluk sosial.

Sebagaimana makhluk sosial, manusia sangatlah membutuhkan manusia lainnya. Tetapi saat ini, kita sudah melupakan itu semua. Kita lebih memilih bermain dengan HP kita dibandingkan dengan teman-teman kita. Kita lebih memilih bertanya dengan HP kita daripada bertanya dengan orang-orang sekitar. Kita lebih memilih berinteraksi di dunia maya daripada berinteraksi dengan orang-orang baru yang ada di sekitar kita.

Tanpa kita sadari perilaku tersebut akan menciptakan pribadi yang pasif, acuh tak acuh dan anti sosial. Sebelum hal tersebut mempengaruhi kita lebih jauh lagi, Bangkitlah dari tempat duduk atau tempat tidur kita. Marilah matikan handpone kita sejenak, lihatlah sekeliling kita betapa banyak hal yang bisa kita lakukan daripada hanya sibuk berkutat dengan handphone. Pergilah keluar dan berinteraksilah dengan sesama. Sapalah dan berikan senyum yang indah, maka kita akan menyadari betapa indah dunia ini tanpa tekhnologi-tekhnologi tersebut. Oleh karena itu, marilah kembali kepada hakekat umat mnusia dan jangan mau dibodohi oleh smart phone yang membuat kita menjadi stupid people.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top