Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

3 Contoh Karangan Persuasi Tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia

3 Contoh Karangan Persuasi Tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia - Simak ketiga contoh karangan bahasa Indonesia mengenai pendidikan di Indonesia berikut ini.

 

Karangan Persuasi 1


Mari Wajib Belajar Sembilan Tahun

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting di dunia ini. Dengan pendidikan kita bisa meraih cita-cita dan harapan kita. Pendidikan juga lah yang akan membawa kita mengelilingi dunia yang luas ini. Menyadari pentingnya pendidikan ini, pemerintah pun telah mengelurkan program Wajar Sembilan tahun, atau Wajib Belajar Sembilan Tahun.

Wajib belajar Sembilan tahun ini dimulai dari tingkatan pertama yaitu sekolah dasar (SD) selam enam tahun, kemudian dilanjutakan di sekolah menengah pertama (SMP) selama 3 tahun dan kemudian sekolah menengah atas (SMA) selama 3 tahun pula. Marilah kita dukung program pemerintah ini untuk membangun bangsa yang berpendidikan karena bangsa yang maju adalah bangsa yang dipenuhi oleh warganya yang pintar.

Marilah kita ajak juga seluruh teman, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita untuk pergi ke sekolah untuk melaksanakan program ini karena sebenarnya pendidikan juga akan memberikan manfaat yang baik bagi kita semua. Pendidkan yang kita dapat akan membentuk pribadi kita menjadi lebih beradab dan pintar dalam menghadapi masa depan kita sehingga kita akan siap menjalani hidup yang semakin sulit ini.

Oleh karena itu, marilah kita melaksanakan program wajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan ayo kita ajak seluruh keluarga dan orang terdekat kita untuk mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah dari SD hingga SMA agar kita semua menjadi orang yang pintar.

 

Karangan Persuasi 2


Ayo Belajar Giat

Ujian akhir nasional akan segera tiba, oleh sebab itu siapkan dirimu dengan belajar yang giat dan tekun agar kita bisa menghadapi dan menjawab semua soal-soal yang diberikan kepada kita nantinya. Tentunya kita tidak mau gagal dalam ujian nasional kali ini karena hal tersebut pastilah sangat memalukan dan disayangkan karena kita telah belajar selama hampir 3 tahun di sekolah ini. Janganlah kita jatuh hanya karena ujian yang hanya di laksanakan selama 4 hari itu. Untuk mencegah hal-hal yang tidak bik terjadi, maka persiapkanlah diri untuk menghadapi ujian jauh hari sebelum ujian nasioanl di mulai.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kita mempersiapkan ujian nasional dengan belajar jauh-jauh hari, diantaraya adalah kita bisa lebih siap menghadapi soal-soal. Dengan belajar yang giat kita akan terbiasa untuk memecahkan soal-soal ujian nasioanal sehingga pada saat ujian tiba kita bisa menyelesaikan soal ujian tersebut dengan sangat mudah dan cepat.

Tak hanya itu, dengan belajar yang giat menjelang ujian nasional akan melatih mental kita untuk menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya. Teruslah berlatih agar mental kita menjadi kuat dan optimis dalam mengikuti ujian nasional karena meskipun kita mengetahui cara mengerjakan soal tersebut, jika mental lemah pasti akan menyulitkan kita dalam mengerjakan soal-soal tersebut dengan sempurna.

Oleh karena itu, marilah kita mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya, agar kita bisa mengerjakan soal-soal tersebut dengan mudah sehingga kita semua bisa lulus dan mendapatkan nilai baik dalam ujian nasional kali ini.
Advertisement

 

Karangan Persuasi 3


Tuntutlah ilmu setinggi mungkin

Ilmu adalah suatu hal yang sangat penting di dunia ini. Ilmu bisa membuat manusia menjadi mulia dan ilmu juga bisa membuat manusia menjadi kejam. Sangking pentingnya ilmu bahkan Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan kita untuk menuntut ilmu hingga ke negeri china. Yang dimaksud dengan hingga ke negeri China adalah kita dianjurkan untuk menuntut ilmu hingga ke tempat yang sangat jauh. Dengan menuntut ilmu, kita pasti akan menjadi orang yang berilmu.

Menjadi orang yang berilmu sangatlah bermanfaat. Mereka memiliki derajat yang lebih tinggi di mata tuhan di bandingkan dengan orang-orang yang tidak berilmu. Hal ini dikarenakan orang-orang berilmu dapat memberikan kemaslahatan atau manfaat bagi orang banyak. Orang-orang berilmu juga bisa menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana. Terlebih lagi dengan ilmu orang-orang bisa membangun peradaban ke arah yang lebih baik.

Tak hanya bermanfaat bagi orang banyak, ilmu juga bermanfaat bagi dir sendiri, antara lain dengan berilmu kita akan dihormati dengan orang-orang, tetapi orang berilmu juga tidaklah gila akan penghormatan karena mereka mengambil ajaran padi yang semakin berisi semakin merunduk, dengan berilmu juga kita bisa mewujudkan impian-impian kita.

Oleh karena itu, marilah kita menuntut ilmu setinggi mungkin agar kita menjadi orang yang pintar sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Janganlah malas dalam menuntut ilmu karena kebodohan akan menghampiri kita dan bagi yang sedang menuntut ilmu, manfaatkanlah kesempatan itu dengan baik karena ada banyak orang di sana yang tidak mendapatkan kesempatan yang sama.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top