Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

2 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan Tubuh

2 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan Tubuh - Simak dua contoh artikel bahasa Indonesia yang membahas mengenai kesehatan berikut ini.

Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan - 1


Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Alpukat sering disebut dengan buah yang tak bersahabat bagi para pengidap kolestrol tinggi. Namun siapa sangka, buah yang berasal dari Benua Amerika ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk tubuh sehingga dapat memberikan sejuta manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kita ambil dari buah alpukat:

Manfaat yang pertama adalah buah alpukat bisa menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung senyawa asam oleat tak jenuh, vitamin E, kalium, folat,  pitosterol. Kandungan-kandungan tersebut sangat berperan besar untuk menjaga kesehatan organ jantung.

Manfaat yang kedua adalah buah alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini terjadi karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Kandungan-kandungan tersebut memberikan nutrisi kepada kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan segar dari waktu ke waktu.

Buah alpukat juga sangat baik untuk diet. Lemak yang ada di dalam buah alpukat bisa menjadi cadangan energi yang bisa bertahan lama. Perut akan berada dalam keadaan kenyang yang sangat lama sehingga bisa menekan nafsu makan.

Yang tak kalah penting adalah buah ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan bauh alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan kalium yang mampu meningkatkan hormon insulin untuk menyeimbangkan kadar glukosa di dalam darah.

Terlebih lagi, buah alpukat dipercaya sebagai buah pencegah stroke yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan, buah alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi untuk menurunkan oksidasi kolesterol sehingga bisa menghindarkan seseorang terkena penyakit yang mematikan tersebut.

Demikianlah manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah kecil ini. Meskipun buahnya tidaklah besar, bauah alpukat mengandung manfaat yang sangat besar bagi tubuh.
Advertisement

Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan - 2


Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang paling berbahaya di dunia ini. Bahkan penyakit-penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu dan dua di Indonesia. Penyakit ini menyerang siapapun tidak mengenal jenis kelamin dan usia penderitannya. Bahkan penyakit storke pernah ditemukan pada seorang anak kecil. Sedangkan penyakit jantung, diidentifikasikan pernah menyerang seorang bayi yang baru lahir.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke pada manusia, diantaranya adalah kebiasaan buruk seperti makan-makanan sembarangan, merokok dan minum-minuman keras. Penyakit ini menyerang tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Untuk itulah mengetahui cara-cara pencegahan penyakit ini merupakan suatu tindakan yang bijaksana untuk menghindari mereka. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Yang pertama adalah ketahui apakah Anda beresiko terkena penyakit ini. Dengan mengetahui hal ini, kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Orang yang sangat beresiko sangat rentan terserang penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang sehat.

Hindari kebiasaan-kebiasan buruk seperti merokok, makanan berkolestrol dan minuman alcohol. Makanan-makanan tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja di luar batas normalnya sehingga akan sangat rentan rusak. Selain itu, makanan berkolestrol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pembuluh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung.

Menjaga tekanan darah agar selalu normal. Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi orang-orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang ada di kepala sehingga menggangu sistem saraf yang akan mengakibatkan stroke. Oleh karena itu, pantaulah selalu tekanan darah, hindari stress berlebih dan istirahat yang cukup.

Selain memantau tekanan darah, jagalah kadar kolestrol di dalam tubuh. Lemak adalah sumber utama yang menyebabakan serangan jantung. Ada 2 jenis lemak yang ada di dalam tubuh, yaitu: LDL dan HDL. LDL adalah lemak yang jahat di dalam tubuh, sedangkan HDL merupakan lemak yang baik. Untuk mengatur kadar lemak dan menghilangkan HDL di dalam tubuh sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung kolesterol.

Yang terakhir adalah lakukan olahraga dengan teratur. Olahraga yang teratur bisa membuat tubuh kita sehat dan bugar sehingga akan memberikan kekebalan bagi tubuh dari penyakit-penyakit. Namun harus diimbangi juga dengan kebiasaan dan makanan yang baik.

Demikianlah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke agar penyakit-penyakit tersebut tidak menyerang tubuh kita.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top