Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Teks Contoh Pidato Tentang Hari Sumpah Pemuda Singkat

Teks Contoh Pidato Tentang Hari Sumpah Pemuda Singkat - Sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia. Pidato berikut ini akan menyampaikan bagaimana euforia sumpah pemuda tersebut sebaiknya bangkit kembali pada pemuda dan pemudi di zaman ini.

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi
Kepada yang terhormat Bapak Andi Saputra selaku walikota beserta seluruh jajarannya,
Yang terhormat seluruh dewan guru,
Dan siswa-siswi yang saya banggakan

Puji dan syukur  tak henti-hentinya kita haturkan kepada Allah SWT, tuhan semesta alam karena atas berkah dan nikmatnya kita bisa berkumpul di lapangan meredeka ini dalam keadaan sehat dan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Tak lupa shalawat serta salam selau tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw semoga beliau memberikan syafaatnya kepada kita semua aminnn.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan “marilah kembali kepada semangat persatuan nasional” agar kita semua kembali sadar akan kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai penerus bangsa ini.

Wahai Pemuda-pemudi Indonesia

33 tahun yang lalu tepatnya hari ini pada tanggal 28 otober 1982. Seluruh perwakilan pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai daerah seperti jawa , sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan seluruh daerah lainnya berkumpul di dalam satu ruangan dengan semangat nasionalisme yang tinggi yaitu untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Pertemuan yang diadakan di Jakarta waktu itu merupakan hasil dari kongres ke 11 yang dilaksanankan sebelumnya. Pertemuan ini kemudian menghasilkan sebuah sumpah sebagai tali pengikat persatuan seluruh pemuda-pemudi Indonesia pada waktu itu. Sumpah tersebut dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Adapun isinya adalah sebagai berikut:

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia,berbahasa satu bahasa Indonesia

Kini 33 tahun sudah sumpah tersebut mempersatukan seluruh pemuda-pemudi di tanah air ini. Mereka telah berjuang dengan mempertaruhkan seluruh jiwa dan raga mereka untuk merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia,

Kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia hendaknya bersyukur dengan keadaan kita sekarang ini karena kita hanya tinggal menikmati kemerdekaan ini saja berkat perjuangan para pendahulu kita. Namun, sesungguhnya perjuangan kita juga cukup berat karena pada dasarnya mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. Oleh karena itu, Sebagai pemuda-pemudi Indonesia saat ini kita harus melanjutkan perjuangan para pendahulu kita tapi kita berjuang bukanlah dengan mengangkat senjata, melainkan dengan berpresatasi dan memberikan kontribusi yang nyata kepada bangsa yang kita cintai ini.


Advertisement

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini, diantaranya adalah:

Berprestasi

Jadilah pemuda-pemudi yang berprestasi. Dengan berpresatai, kita bisa mengharumkan bangsa ini dan menunjukan kepada dunia bahwa bangsa kita ini adalah bangsa yang harus diperhitungkan. Beprestasilah sesuai dengan bidang kita masing-masing.

Menjauhi narkoba

Pemuda yang baik adalah pemuda yang sehat baik rohani maupun jasmani. Oleh karena itu dengan menjauhi narkoba saja kita sudah ikut berjuang dalam mengisi kemerdekaan ini karena bangsa yang kuat adalah bangsa yang pemuda-pemudinya sehat dan jauh dari narkoba. Sesungguhnya narkoba adalah perenggut masa depan kita dan jika masa depan para pemuda Indonesia telah terenggut oleh narkoba, maka bisa dipastikan masa depan bangsa ini juga ikut terenggut.

Aktif dalam bermasyarakat

Sebagai pemuda, kita harus aktif dalam bermasyarakat maupun berpolitik. Pemuda seharusnya menjadi agent of change karena pemuda memiliki konsep-konsep pemikiran yang masih segar sehingga biasanya pemuda banyak memiliki ide yang brilliant untuk membangun bangsa ini bukannya hanya diam melihat apa yang dilakukan para golongan tua di kursi jabatannya.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia, apa yang telah saya sampaikan diatas adalah sebagian cara untuk berjuang dalam mengisi kemerdekaan kita saat ini. Jangan sampai apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita yang telah rela mengorbankan nyawa dan hartanya hilang begitu saja.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia

Marilah kita jadikan momentum pringatan sumpah pemuda ini untuk kembali mempersatukan seluruh pemuda-pemudi di Indonesia dan kembali kepada semangat persatuan, jadilah pemuda yang kreatif dalam pembangunan jangka panjang tahap dua ini,  Dan yang teraakhir jadilah pemuda yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang mengabdikan diri kepada nusa bangsa tanpa pamrih apapun.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Selamat pagi.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top