Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Teks Contoh Pidato Tentang Hari Guru Nasional Terbaru

Teks Contoh Pidato Tentang Hari Guru Nasional Terbaru - Guru adalah seorang pahlawan yang benar-benar giat menyuarakan pendidikan terbaik bagi masyarakat. Pidato singkat berikut ini, memberikan pemahaman siapa itu guru dan bagaimana seharusnya kita bersikap terhadap seorang guru.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMPN 23 Senja Permai, Abraham Salahduin, M.H
Yang saya hormati, Bapak wail kepala sekolah, Aji Masyanto,M,pd
Yang terhormat, seluruh dewan guru
Dan hadirin yang berbahagia,

Alhamduliilah, puji dan syukur marilah kita sampaikan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha ESA, berkat rahmat dan hidayah-Nya lah kita semua bisa berkumpul di hari yang berbahagia ini dalam rangka memperingati hari guru nasional yang jatuh pada hari ini. Tak lupa marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada Nabi besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga, sahabat dan umatnya yang setia semoga kita semua bisa dipertemukan di dalam surga Allah SWT kelak Aminnn.
Izinkanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari guru nasional sebagai rasa terimakasih kita untuk guru-guru tercinta atas segala jasa-jasa yang telah mereka berikan.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum memulai pidato ini, saya akan menyanyikan sebuah lagu persembahan untuk guru-guru tercinta yang ada di sini  

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sabagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Advertisement


Semboyan Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa saat ini masihlah sangat relevan. Mereka telah mendidik anak-anak calon penerus bangsa ini. Presiden, Pejabat pemerintahan, pejabat daerah dan masih banyak lagi, semua adalah produk-produk yang dihasilkan oleh seorang guru. Tanpa guru mereka pastilah bukan siapa-siapa di dunia ini.

Guru adalah satu dari sedikit profesi yang sangat mulia di muka bumi ini.  Meskipun hanya bergelar Pahlawan tanpa tanda jasa mereka tak henti-hentinya berjuang untuk mengantarkan anak-anak Indonesia menuju cita-citanya agar kelak mereka bisa menjadi penerus bangsa ini dan menjadi manusia yang membanggakan bagi nusa dan bangsa. Mereka telah mengantarkan dan membuka wawasan kita menuju dunia yang sangat luas ini. Mereka jugalah yang telah mengajarkan kita membaca, menulis dan berhitung. Oleh sebab itu tanpa guru-guru kita tidak mungkin bisa mencapai keberhasilan.

Meskipun anak-anak didik mereka kelak akan melupakan mereka, meskipun pemerintah tak lagi memperhatikan nasib mereka, Guru akan tetap gigih melaksanakan tugasnya yang begitu mulia untuk membentuk calon-calon pemimpin bangsa. Mereka tak akan lelah mengabdi dan tak akan lelah mengajar hingga usia senja menghampiri mereka.

Maka dari itu, Sudah sepatutnya kita memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan rasa terima kasih yang sangat mendalam kepada guru-guru kita yang telah bersusah payah untuk mengajar setiap pengetahuan, memberikan nasihat dan motivasi yang membangun serta bimbingan dan teladan yang membentuk kepribadian kita agar menjadi manusia yang berpendidikan dan bermoral.

Teman-teman yang berbahagia,

Kelak kita akan tumbuh menjadi manusia yang sukses, Namun, janganlah sekali-kali kita melupakan jasa-jasa mereka yang begitu besar untuk kita semua. Marilah kita buktikan kepada mereka bahwa apa yang telah mereka lakukan dan berikan kepada kita tidaklah sia-sia dengan cara berprestasi dan menggapai mimpi-mimpi kita karena seorang guru yang sejati tidak akan merasa senang dengan hadiah berupa materi namun mereka akan sangat gembira melihat anak didik mereka sukses dan mampu berguna bagi orang lain, nusa dan bangsa

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, sekali lagi saya menyampaikan bahwa guru adalah orang yang sangat berjasa di dalam hidup kita. Oleh karena itu, marilah kita menyampaikan rasa terimakasih yang sangat besar untuk guru-guru kita semua.

Terima kasih guru atas segalanya yang engkau berikan kepada kami.

Terima kasih atas waktu, kesabaran, ilmu dan kegigihan yang engaku beikan kepada kami.

kami sadar bahwa kami tidak bisa membalas semua jasa-jasamu. Hanyalah doalah yang bisa kami berikan semoga kalian diberikan kesabaran dan kesehatan oleh Allah SWT agar tetap bisa menjalankan tugas yang mulia itu.

Saya kira cukup sampai di sini pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga di hari guru nasioanla ini, guru-guru selalu Berjaya. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top