Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Pengertian dan Contoh Paragraf Perbandingan Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian dan Contoh Paragraf Perbandingan Beserta Ciri-Cirinya - Perbandingan adalah suatu upaya untuk mengamati persamaan atau perbedaan yang dimiliki oleh dua buah objek atau lebih yang memiliki suatu kesamaan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, paragraf perbandingan adalah suatu paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat utama yang dikemukakan dengan cara membandingkan dengan hal lain secara koheren dan kohesif.

Sering terjadi kesalahan penafsiran antara kalimat perbandingan dan pertentangan karena mereka berdua paragraf yang serupa namun tak sama. Yang membedakan ke dua paragraf ini adalah cara penyampaian atau cara mengemukakan gagasan utamanya. Pada paragraf perbandingan, gagasan utama dikemukakan dengan cara membandingkan 2 hal yang memiliki kesamaan misalnya, antara sepak bola dan futsal. Sedangkan paragraf pertentangan membandingkan 2 hal yang berlawanan atau bertentangan dengan menonjolkan perbedaannya saja dan memihak suatu objek.

Di karenakan paragraf perbandingan merupakan pengembangan dari paragraf eksposisi. Oleh karena itu, hal yang dibandingkan haruslah bersifat konkret, logis dan umum. Kalimat-kalimat pendukung yang disajikan pun harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau fakta.

Ciri-Ciri Paragraf Perbandingan


1. Penulis menyampaikan gagasan utamanya dengan cara membandingkannya dengan suatu hal lainnya.
2. Membahas suatu hal yang bersifat konkret dan diketahui oleh masyarakat umum.
3. Bersifat netral atau tidak menjelek-jelekan suatu objek yang sedang dibahas atau didiskusikan.
4. Di dalam paragraf memiliki kata-kata penghubung seperti, jika dibandingkan dengan, seperti halnya,demikian juga, sama dengan,selaras dengan,sesuai dengan, dan lain-lain.

Contoh Paragraf Perbandingan



Sepak bola adalah olahraga yang paling populer di muka bumi ini. Hampir semua usia, tidak peduli pria ataupun wanita menyukai dan memainkan olahraga ini. Namun saat ini sepak bola sudah jarang dimainkan lagi dikarenakan sulitnya menemukan lapangan sepak bola terutama di kota-kota besar akibat banyaknya pembangunan. Di tengah-tengah masalah tersebut, kini muncul sebuah olahraga yang bernama futsal. Olahraga ini sama dengan sepak bola tetapi futsal tidak membutuhkan lapangan yang luas seperti sepak bola. Jumlah pemain futsal pun lebih sedikit jika dibandingkan dengan sepak bola. Futsal bisa dimainkan hanya dengan 5 orang saja sedangkan sepak bola membutuhkan 11 orang pemain. Meskipun begitu olahraga sepak bola tetap digemari oleh masyarakat.

Paragraf perbandingan di atas, membandingkan dua buah objek yaiut sepak bola dan futsal dengan menggunakan data-data sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau fakta. Gagasan utama yang ingin disampaikan oleh penulis adalah Sepak bola tetap menjadi olahraga yang digemari walupun kini muncul olahraga baru yaitu futsal.


Advertisement

Contoh-Contoh Lain Paragraf Perbandingan


Paragraf 1

Tennis dan badminton adalah 2 jenis olah raga yang sama, yaitu kedua-duanya memilik alat pemukul bola dan sebuah jaring untuk pelengkap permainan. Meskipun begitu, tennis bukanlah jenis olah raga yang banyak peminatnya, olahraga ini hanya memiliki penggemar yang banyak.  Berbeda halnya dengan badminton, olahraga ini memiliki penggemar dan peminat yang sama banyaknya. Hal ini dikarenakan badminton adalah olahraga yang cukup murah dibandingkan dengan tennis. Selain murah badminton juga bisa dimainkan dimana saja, sedangkan tenis hanya dimainkan di lapangan khusus. Oleh karena itu, badminton lebih banyak digemari oleh masyarakat. 

Paragraf 2

Tahun ini kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesai meningkat tajam dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan tahun ini disebut-sebut lebih parah dari kasus-kasus yang terjadi di awal tahun sebelumnya. Penyalahgunaan narkoba yang terjadi tahun ini, disebabkan oleh derasnya penyelundupan narkoba yang masuk ke Indonesia. Menurut pihak bea cukai, penyelundupan narkoba yang terungkap tahun ini mencapai 30 kasus meningkat sekitar 100% dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 15 kasus. Tak hanya itu, menurut BNN jumlah pengedar dan pemakai yang tertangkap tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dari 100 kasus menjadi 250 kasus.  Bahkan jumlah orang yang meninggal akibat narkoba naik sangat drastis mencapai 2 kali lipat dari tahun sebelumnya menjadi 400 orang. Oleh sebab itu, tahun ini Indonesia menetapkan keadaan darurat narkoba.

Paragraf 3

Ubi akar atau yang disebut dengan singkong cocok dijadikan sebagai bahan makanan utama untuk menggantikan nasi yang sedang mengalami kenaikan harga. Ke dua bahan makanan ini sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi dan mampu menyediakan energy dalam jumlah yang banyak untuk menopang aktivitas kita sehari-hari. Proses penyajiannya pun sama mudahnya seperti nasi karena mereka berdua hanya butuh direbus atau ditanak. Di samping karbohidrat, kandungan gizi singkong juga tidak kalah dengan kandungan gizi yang ada pada nasi.

Paragraf 4

Susu kambing memiliki manfaat yang sama dengan susu sapi. Keduanya sama-sama memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Sama seperti susu sapi, susu kambing sangat cocok diminum untuk memperkuat masa tulang dan menambah tinggi ukuran tubuh. Susu kambing juga memiliki bakteri baik seperti yang ada pada susu-susu sapi, yaitu bakteri lactobacillus yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, kedua susu ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top