Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Pengertian dan Contoh Majas Repetisi Lengkap

Pengertian dan Contoh Majas Repetisi Lengkap - Repetisi berasal dari bahasa latin, repetitio yang berarti, re: kembali, lagi; dan petere: mengarahkan, sehingga arti dari kata repetisi ialah pengulangan kembali. Majas repetisi merupakan kelompok majas perulangan, bila ditinjau dari bentuknya. Dan jika dilihat dari maknanya, majas repetisi digolongkan menjadi majas penegasan. Majas repetisi merupakan gaya bahasa yang mengungkapkan pengulangan kata, frasa, atau klausa yang sama untuk mempertegas makna dari kalimat atau wacana.

Dalam repetisi, pengulangan seluruh kata atau bentuk lain yang diulang memiliki arti kata yang sama. Dengan demikian, makna dan acuan yang terkandung pada kata pengulangan tersebut pun sama, yang juga menandakan bahwa keseluruhan makna yang terbentuk pada kalimat pertama, kedua, ketiga, dst, sama. Tetapi, bentuk pengulangan kata yang disajikan dapat digunakan untuk menunjukkan kuantitas, dan penegasan gagasan, atau mungkin pula sekedar menambah nilai estetika. Sehingga, meski keseluruhan makna dari kata – kaya yang diulang sama, namun akan memiliki kesan pada akhir pengulangan.

CONTOH KALIMAT DENGAN MAJAS REPETISI


1. Ia akan terus bekerja, bekerja, dan bekerja untuk melunasi hutang keluarganya pada rentenir.
2. Aku akan selalu bersamamu, selalu bersamamu, selalu bersamamu, dan akan terus  selalu bersamamu disetiap kehidupan yang Tuhan ciptakan.
3. Ditengah malam adik berteriak ,” Ibu, Ibu, Ibu” lantas akupun memanggil Ibu untuk menolongnya
4. Salah lagi, salah lagi, dan salah lagi, kenapa sulit sekali menemukan penyelesaian dari soal kalkulus ini sungguh membuatku gelisah.
5. Aku sudah mengingatkanmu untuk menjauh dari alkohol, tapi kau tak pernah mau mendengarkanku, kau meminumnya, meminumnya, meminumnya, dan meminumnya lagi sepanjang waktu. Itu akan membuat kesehatanmu menurun.

Advertisement
6.  Padahal gandi telah dilarang ibunya untuk menemui wanita itu, namun gandi memang keras kepala, ia tetap menemuinya, menemuinya, dan menemuinya seolah – olah gandi telah terhipnotis oleh wanita itu sampai mengabaikan nasihat ibunya.
7. Meski sudah tau konsekuensinya, Ibunya terus berdoa dan berusaha, berdoa dan berusaha, dan berdoa dan berusaha, apa saja yang dapat dilakukan untuk kesembuhan andi dari penyakit keturunan yang menimpanya.
8. Meski telah diberi peringatan berulang kali, siska tetap menggunakan rok mini ke sekolah, siska tetap menggunakan rok mini ke sekolah, siska tetap menggunakan rok mini ke sekolah, sampai akhirnya guru memotong roknya itu.
9.  Dikala senang ataupun susah, sebaiknya kita sebagai seorang hamba harus senantiasa bersyukur, bersyukur, dan senantiasa bersyukur pada Tuhan, karena semua ini hanya bersifat sementara.
10. Selamat menikmati sajian makan malam di rumah kami, selamat menikmati menu makanan tradisional khas budaya kami,selamat menikmati semoga kalian menikmati.
11. Aroma  bunga mawar ini merebak ke seluruh ruangan, aroma bunga mawar memberi kesan pegunungan, aroma bunga mawar membawaku  terbang.
12. Semoga mereka sadar, semoga mereka sadar, semoga mereka sadar atas tindak kejahatan yang telah dilakukan dengan menyakiti janji kepada rakyat.
13. Akhir –akhir ini sedang marak terjadi pembegalan di sejumlah wilayah, pembegalan sesungguhnya kejahatan lama yang belum terpecahkan, bahkan pembegalan pun dilakukan oleh oknum –oknum penegak hukum.
14. Meski ditolak aku akan terus mencoba, mencoba, dan mencoba sampai kau lelah menolakku.
15. Operasi zebra rutin dilakukan setiap hari, namun masih saja banyak pengguna jalan yang melanggar, dan jika diselidiki banyak dari mereka yang melanggar lebih dari satu kali. Seharusnya mereka yang melanggar aturan itu dapat belajar dari pengalaman atau dari kisah para pelanggar lainnya. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top