Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Pengertian dan Contoh Majas Klimaks Lengkap

Pengertian dan Contoh Majas Klimaks Lengkap - Klimaks menandakan sesuatu yang memuncak, sampai pada puncak suatu hal. Majas klimaks merupakan anggota kelompok majas penegasan yakni kelompok majas yang menggunakan kata – kata penegasan untuk meningkatkan kesan makna dari gagasan, ide, opini, kata yang ingin diutarakan. Dalam kalimat majas klimaks mengutarakan maksud dengan mengatakan kata – kata yang berturut –turut yang memiliki hubungan herarki, dari yang sederhana menjadi yang lebih kompleks. Penyusunan gagasan dalam suatu kalimat yang bertahap dari yang paling simple sampai ke puncaknya paling kompleks merupakan ciri khas dari majas klimaks. Tahapan atau urutan kata yang digunakan dalam kalimat ini merupakan kata – kata yang berada pada satu rumpun atau kelompok suatu proses atau golongan. Penggunaan gaya bahasa yang demikian mampu memikat kesan dari lawan bicara atau pembaca. Tanpa disadari dalam kehidupan sehari – hari kita sering mendengar atau bahkan menggunakan kalimat klimaks untuk mengutarakan maksud.oleh karennya untuk memahami lebih lanjt mengenai majas klimak, berikut diuraikan beberapa contoh yang dapat menambah pemahaman tentang majas klimaks.

 

Contoh Kalimat Majas Klimaks


1. Ajang pencarian penyanyi dangdut itu diikuti oleh semua kalangan dari yang muda sampai yang tua.
2. Baik kalangan bawah, menengah, sampai kalangan atas mengeluhkan kenaikan yang terjadi pada harga kebutuhan pokok rumah tangga.
3. Rakyat harus pandai dalam memilih pemimpin. Karena mulai dari pemimpin desa, kota, gubernur, DPR, MPR, dan presiden itu semua berada di tangan rakyat.
4. Manusia mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan semasa hidupnya mulai dari kandungan, bayi, anak – anak, remaja, dewasa, dan usia lanjut.
5. Perkembangan arsyi telah melewati masa tengkurap, merangkap, duduk, berdiri, dan berjalan, tak terasa waktu begitu cepat

Advertisement

6. Toko murah menjual barang – barang yang dibanderol dengan harga yang sangat murah dari ribuan, pulahan, ratusan, dan jutaan, banyak pilihan yang dapat kamu beli di sana.
7. Harapan setiap orang tua terhadap anaknya sungguh mulia, orang tua ingin agar anak – anaknya menjadi anak yang berguna bagi keluarga, nusa, dan bangsa.
8. Para kepala keluarga, ketua RT, ketua RW, dikumpulkan oleh kepala desa untuk membahas keamanan desa yang akhir – akhir ini membuat onar.
9. Organisme multiseluler tersusun atas sel, jaringan, organ, sistem organ.
10. Anak –anak, remaja, dewasa, dan orang tua asyik menikmati hiburan tradisional kuda lumping pada acara pergantian tahun baru imlek.
11. Ukuran baju abayaa merk aleeya ini tersedia untuk semua ukuran mulai dari S, M, L, dan XL, dapat pula order ukuran sesuai pelanggan.
12. Pendidikan yang murah masih menjadi harapan anak bangsa agar dapat mengenyam bangku sekolah dasar (SD), SMP, SMA, dan perguruan tinggi tanpa dibebani dengan biaya yang sangat mahal, mengingat pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa.
13. Tahapan ilmu dapat kita peroleh dari membaca, memahami, dan menerapkan pada kehidupan sehari – hari.
14. Katak dan kodok mengalami perubahan bentuk dari perkembangan telur, kecebong, katak muda dan katak dewasa
15. Sejarah manusia mengisahkan perkembangan kehidupan manusia pada masa itu dimulai dari zaman batu, berburu, bercocok tanam, dan industri
16. Setiap manusia memiliki warna kulit yang berbeda. Gen warna kulit manusia dipengaruhi oleh melanin yang mempegaruhi warna kulit manusia menjadi putih, kuning langsat, cokelat, dan hitam.
17. Indonesia merupakan penyumbang oksigen ketiga di dunia. Hal ini karena Indonesia kaya akan tumbuhan herba, semak, perdu, dan pohon  yang menghasilkan oksigen untuk kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bernafas.
18. Petani, buruh, karyawan, dan pengusaha adalah penggerak roda ekonomi dalam negeri kita.
19. Halaman parkir dipenuhi oleh sepeda, becak, motor, dan mobil orang –orang yang akan melaksanakan sholat jum’at.
20. Bukan hanya satu, puluhan, bahkan ratusan gadis yang telah aku kenal. Tapi hanya kau sajalah yang berkesan.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top