Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Deskripsi Lengkap

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Deskripsi Lengkap - Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan objek, tempat, atau peristiwa tertentu yang tengah menjadi topik kepada para pembacanya dengan jelas dan terperinci sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang sedang diungkapkan oleh penulis.

 

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi


Suatu paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf deskipsi jika memiliki ciri-ciri khusus di bawah ini:

1. Paragraf deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
2. Penggambaran di dalam pargraf  tersebut dilakukan dengan sangat jelas dan terperinci dan turut melibatkan kesan indera.
3. Saat pembaca membaca paragafaf deskripsi, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami sendiri apa yang sedang dibicarakan di dalam paragraf tersebut.
4. Paragraf ini menjelaskan ciri-ciri fisik objek seperti warna, ukuran, bentuk dan ciri-ciri psikis atau keadaan suatu objek dengan terperinci.

 

Jenis-Jenis Paragaraf Deskripsi


Paragraf deskripsi berkembang menjadi beberapa pola pengembangan paragraf berdasarkan objek yang diseskripsikannya. Berikut ini adalah jenis-jenis paragraf deskripsi:

 

1. Paragraf Deskripsi Spatial


Objek yang digambarkan di dalam paragraf ini berupa benda, ruangan atau tempat tertentu:

Contoh

Paragraf 1

Hari itu aku bangun pagi kesiangan. Rasanya tubuh ini tidak mau beranjak dari tempat tidur yang terletak di pojok kamarku tepat di bawah jendela. Kasurnya yang empuk melekat erat di tubuhku. Ditambah lagi dengan selimut yang terbuat dari kain sutra berwarna pink dan harum membuatku betah berlama-lama di atasnya. Kulihat jam dinding berukuran besar yang kuletakan di atas meja belajar terbuat dari kayu dengan cat hijau telah menunjukan angka 8. Segera aku bangun dari tempat tidurku. Kemudian aku kelilingi ruangan yang berukuran 5 X 6 meter itu dan aku amati semua isi kamarku seperti lemari baju yang berada di samping tempat tidurku dengan cermin yang cukup besar di tengah-tengahnya dan poster-poster idolaku yang menempel di tembok berwarna putih. Aku pun tersadar bahwa aku akan sangat merindukan kamarku ini karena aku akan segera pergi ke luar negeri untuk menuntut ilmu.  

Paragraf 2

Kelasku sangat bersih dan nyaman. Luasnya kiraa-kira sekitar 6 X 7 meter dengan dinding tembok berwarna putih dan lantai keramik yang sangat bersih. Kelasku memiliki 35 kursi dan bangku yang terbuat dari kayu. Tepat di depan kelas terdapat 2 buah papan tulis yang sangat besar. Meja guru terlihat sangat rapi dengan balutan alas meja bermotif kembang berwarna biru dengan sebuah vas bunga dan tumpukan buku diatasnya berada di samping papan tulis. Di samping meja guru terdapat sebuah lemari tempat menyimpan peralatan kebersihan seperti sapu, alat pel dan lap kaca. Tembok kelas kami yang indah dihiasi dengan gambar-gambar presiden dan para pahlawan. Itulah kelasku, kelas yang sangat bersih dan nyaman.

Paragraf 3

Sungai Dareh adalah sungai yang sangat bersih dan alami. Lebar sungainya yang hanya 6 meter membuatnya aman sebagai tempat berenang. Airnya pun bersih dan segar hampir tidak ada sampah satupun yang mengapung. Di sepanjang pinggiran sungai terdapat batuan-batuan yang cukup besar. Bagian kiri sungai meruapakan sawah yang sangat luas. Sedangkan bagian kanan sungai merupakan hutan. Itulah mengapa sungai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata.

Advertisement

2. Paragraf Deskripsi Subjektif


Paragraf ini mendeskripsikan objenya dengan tafsiran dan kesan dari penuis itu sendiri.

Contoh:

Paragraf 1

Bakso Pak Sholeh adalah bakso yang paling enak di kota ini. Baksonya yang terbuat dari daging sapi sangat empuk dan lezat di lidah. Ukurannya cukup besar tidak seperti ukuran bakso pada umumnya. Biasanya bakso berbentuk bulat, namun bakso Pak Sholeh berbentuk segitiga. Tak hanya baksonya saja yang enak. Mienya pun kenyal dan nikmat karena terbuat dari tepung pilhan. Ditambah lagi dengan kuahnya yang sangat nikmat dan gurih menyatu dengan rasa bakso dan mie. Kuah Bakso Pak Sholeh terbuat dari bumbu-bumbu warisan keluarga yang sangat dirahasiakan. Itulah mengapa bakso ini cukup banyak penggemarnya.

Paragraf 2

Taman Buah Argo adalah tempat wista yang sangat baik buat keluarga. Tempatnya yang nyaman dan juh dari kebisingan kota membuat acara kumpul keluarga menjadi lebih bermakna. Di taman buah ini banyak terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti wisata air, wisata panen buah dan out bond. Di taman ini Anda akan menemukan sebuah kolam buatan yang sengaja di bangun tepat di tengah-tengah taman. Tak hanya itu tempat wisata ini memiliki ratusan pohon buah yang bermacam-macam berbaris dengan sangat rapih.

Paragraf 3

Pak Usman adalah guru yang sangat di takuti oleh siswanya. Dia terlihat sangat gagah dan galak. Tingginya yang sangat besar kira-kira hampir 2 meter membuat dia seperti seorang tentara. Pak Usman sangatlah disiplin. Dia selalu memarahi murid-muridnya yang menyalahi aturan seperti telat, rambut panjang dan membolos. Meskipun begitu Pak Usman tetaplah guru yang bertanggung jawab. Dia selalu mengajar dengan ikhlas dan giat.

 

3. Paragraf Deskripsi Objektif


Paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan keadaan yang sebenarnya dan tanpa kesan atau opini penulis.

Contoh:

Paragraf 1

Sepak bola adalah permainan team, Olahraga ini membutuhkan sebelas orang pemain, yang terdiri dari 1 penjaga gawang, 4 pemain belakang, dan sisanya pemain tengah dan penyerang. Olahraga ini membutuhkan sebuah bola dan gawang sebagai alat pelengkap permainan. Tidak hanya itu, sepak bola juga memerlukan wasit sebagai pengadil di atas lapangan. Olahraga ini berlangsung selama 90 menit dan terbagi menjadi 2 babak di mana setiap babak memerlukan waktu 45 menit.

Paragraf 2

Patung monas adalah sebuah monument yang dibangun untuk melambangkan semangat perjuangan bangsa Indonesia. Monumen ini dibangun pada tanggal 1959 atas prakasa Presiden Soekarno. Monas memiliki tinggi sekitar 132 meter dan terdiri dari 3 bagian, yaitu pelataran bawah yang lebarnya 45 meter, pelataran atas yang tingginya 11 meter dan lidah apai yang terbuat dari emas yang tingginya 17 meter. Monumen ini terletak di sebuah lapangan dengan luas sekitar 80 hektar tepat di tengah-tengah kota Jakarta.

Paragraf 3

Pemandian Air Panas Ciledug adalah wisata air yang ada di Jawa Barat. Tempat wisata ini berjarak sekitar 5 km dari pusat kota. Di tempat ini ada beberapa kolam air panas yang bersumber dari dalam bumi. Kolam air panas yang pertama panasnya sekitar 20 derajat celcius, kolam kedua memiliki suhu 25 derajat celcius, dan kolam yang terakhir merupakan kolam yang tidak digunakan sebagi tempat berendam karena panasanya mencapai 70 derajat celcius. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 15 hektare  dan memiliki tempat belanja, tempat pertemuan dan rumah makan.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top