Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Naskah Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Naskah Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas - Remaja, dewasa ini begitu rentan akan pengaruh buruk pergaulan bebas. Nah, pidato ini ingin menyampaikan peringatan bagi semua orang mengenai apa saja bahaya pergaulan bebas tersebut. 

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi dan salam sejahtera buat kita semua

Kepada yang terhormat Bapak Sanusi Utama M.Pd selaku kepala sekolah SMPN 32 Surya Putra
Yang saya hormati Ibu Siti Zubaidah M.Pd selaku wakil kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff SMPN 32 Surya Putra
Dan seluruh teman-teman yang saya banggakan

Terlebih dahulu, marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kita ke hadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan, seperti kesehatan, kesempatan, dan kebahagiaan yang dapat kita rasakan saat ini. Tanpa kemurahan-Nya, Kita tidak akan bisa berkumpul di dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Yang kedua, Shalawat serta salam tak lupa selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkan agama Islam dan telah menuntun kita pada jalan yang diridhai oleh Allah SWT.

Selanjutnya, perkenankan pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, dengan tema mencegah pergaulan bebas dikalangan remaja.

Hadirin yang berbahagia,

Dewasa ini, Pergaulan antar remaja sudah tidak ada batasnya lagi. Kebanyakan mereka telah terjerumus ke dalam suatu perbuatan yang tidak baik yaitu pergaulan bebas. Lalu apakah pergaulan bebas itu? Pergaulan bebas adalah pergaulan yang terlalu berlebihan dan telah menyimpang dari aturan-aturan atau norma-norma yang berlaku di dalam agama dan di masyarakat. Pergaulan bebas ini diantaranya adalah, mabuk-mabukan, menggunakan narkoba, melakukan seks bebas, dan masih banyak lagi.

Apa yang terjadi saat ini cukup mengkhawatirkan. Ini bisa dilihat dari hasil survey yang dilakukan di salah satu kota besar di Indonesia bahwa hampir sekitar 65% remaja sudah kehilangan keperawanannya dan terlebih lagi survey yang dialakuakn oleh BNN menunjukan bahwa 79% pengguna narkoba adalah para remaja. Hal ini sangat berbahaya jika kita hanya diam tanpa melakukan apapun.

Hadirin yang berbahagia,

Untuk mengatasi masalah pergaulan bebas ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu faktor- faktor yang mendorong timbulnya pergaulan bebas di kalangan remaja saat ini. Faktor-faktor pemicu tersebut diantaranya adalah:

1.    Pengaruh buruk dari lingkungan

Remaja yang melakukan hubungan bebas biasanya dikarenakan terpengaruh oleh lingkungannya, baik dari teman, tetangga, orang lain atau bahkan dari lingkungan keluarganya.

2.    Kurangnya kesadaran

Para remaja yang telah terjerumus ke dalam perilaku pergulan bebas biasanya tidak memiliki kesadaran di dalam dirinya bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah perbuatan yang buruk sehingga mereka tidak takut untuk melakukannya.

3.    Kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua

Mereka kurang atau tidak mendapat perhatian dari orang tua sehingga mereka akan mencari perhatian di luar lingkungan keluarganya yang akan menjerumuskan mereka.

4.    Faktor yang terakhir adalah kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak.

Faktor inilah sangatlah krusial. Ketiadaaan ilmu agama membuat para remaja tidak memiliki benteng di dalam dirinya sehingga mereka tidak mengetahu perbuatan mana yang baik dan buruk. Oleh karena itu mereka tidak merasakan atau bahkan mengetahui dosa.

Faktor-faktor tersebut lah yang mengakibatkan para remaja terjerumus ke dalam lingkaran setan ini yang akan merugikan mereka sendiri maupun orang lain di sekitarnya.


Advertisement

Hadirin yang berbahagia,

Setelah mengetahui faktor-faktor tersebut, kita bisa merumuskan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menaggulangi pergaulan bebas yang telah merajalela di kalangan remaja saat ini.

Yang bisa kita lakukan diantaranya adalah:

1.    Memilih lingkungan yang baik

Untuk menghindari pergaulan bebas ini, hendaknya kita semua selektif dalam memilih tempat pergaulan. Lingkungan pergaulan yang baik akan membuat kita baik juga dan begitupun sebaliknya.

2.    Membangun keluarga yang harmonis

Keluarga merupakan tempat yang sangat penting untuk mencegah pergaulan bebas. Hendaknya kita menciptakan keluarga yang harmonis dengan saling terbuka satu sama lain. Dan untuk para oranng tua, janganlah sibuk mengurusi pekerjaannya karena keluarga seharusnya menjadi hal yang harus diutamakan.

3.    Dan yang terakhir pelajarilah ilmu agama

Agama merupakan hal yang penting yang bisa mengontrol hidup kita. Hendaknya kita mengingat tuhan yang menciptakan kita dan menjauhi semua larangannya agar kita semua tidak menjadi pendosa dan calon-calon penghuni neraka. Oleh sebab itu marilah kita memperdalam ilmu agama kita untuk mrencegah kita terjerumus dari pergaulan bebas.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri pidato kali ini, saya menyimpulkan bahwa pergaulan bebas yang telah terjadi belakangan ini memiliki beberapa faktor pendorong seperti pengaruh lingkungan, kurangnya kesadaran, kurangnya fungsi keluarga dan lemahnya agama. Oleh karena itu marilah kita mencegah pergaulan bebas ini berkembang lebih parah dengan melakukan hal-hal positif seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Demikinlah pidato yang bisa saya sampaikan kali ini. Jika ada kesalahan saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr.wb

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top