Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Narkoba Singkat

Contoh Teks Nakkah Pidato Bahasa Indonesia Tentang Narkoba Singkat - Pidato berikut ini, akan memberikan pemahaman kepada Anda semua, tentang bahaya narkoba dan bagaimana seharusnya kita bersikap terhadap obat-obatan terlarang yang satu ini. 

Selamat pagi dan salam sejahtera!

Kepada yang terhormat Bapak Muhammad Zakaria, MH sebagai Gubernur Provinsi Karang Makmur
Yang terhormat Bapak Muzakir, M.Si sebagai Walikota Sukamaju
Yang terhormat Bapak Amrulloh sebagai ketua KNPI
dan seluruh anggota KNPI yang berbahagia,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt yang selalu memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua berkumpul di dalam gedung ini dalam rangka memperingati hari anti narkotika nasional dalam keadaan sehat walafiat dan tanpa halangan sedikitpun. Tak lupa shalawat serta salam tak lupa selalu kita curahkan kepada Nabi besar Muhammad Saw beserta seluruh keluarga, sahabat, dan umatnya. Semoga kita semua mendapatkaan syafaatnya di hari akhir kelak, aminnn

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya menyampaikan sebuah pidato tentang bahaya narkoba. Untuk mengingatkan kembali akan bahaya narkoba bagi kehidupan kita ini. Saya berharap apa yang akan saya sampaikan ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Hadirin yang saya hormati,

Saat ini negara kita sedang berada dalam keadaan darurat narkoba. Hal ini dibuktikan dengan riset yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) bahwa pengguna narkoba di Indonesia mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya sekitar 40%. Bahkan menurut pihak kepolisian, jumlah kurir narkoba yang  tertangkap di bandara mengalami kenaikan sekitar 40 kasus di tahun 2015 ini dan pihak kepolisian telah menyita narkoba sekitar 20 ton. Tapi apa yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian tidak juga membendung laju peredaran narkoba di negara kita ini. Bahkan Bapak Jokowi sendiri telah menolak permohonan-permohonan para terdakwa hukuman mati untuk menangguhkan hukumannya, namun masih saja tidak menciutkan nyali para pengedar narkoba di Indonesia.

Hadirin yang saya hormati,

Narkoba atau yang disenut juga dengan NAPZA  telah membunuh ratusan nyawa terutama para pemuda-pemudi kita yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa ini. Hal ini bisa dilihat dari presentase para pengguna narkoba di Indonesai yang menunjukan bahwa sekitar 70% penggunanya adalah para pemuda. Bahkan setiap 5 menit ada satu orang yang meninggal dunia akibat menggunakan narkoba. Saat ini peredaran Narkoba sudah tidak terbendung lagi, narkoba telah menyusupi semua element masyarakat, dimulai dari artis, pemuka agama, pejabat daerah maupun pusat, anak-anak sekolah bahkan para penegak hukum. Mereka tidak menyadari bahwa efek kenikmatan yang diberikan narkoba hanyalah sementara, dan selanjutnya kematianlah yang menunggu mereka.

Advertisement


Hadirin yang saya hormati,

Narkoba memiliki dampak negative yang sangat buruk untuk tubuh kita. Sejatinya narkoba merupakan obat untuk keperluan medis. Sebagai contoh, heroin digunakan untuk proses anestesi atau pembiusan sebagai pengurang rasa sakit. Namun, obat-obat tersebut malah disalahgunakan. Secara umum, bahaya dari penyalahgunaan narkoba bagi tubuh dan kesehatan manusia, diantaranya adalah:

Depresan

Dalam hal ini para pemakai narkoba akan merasa tidak sadarkan diri dan tertidur sepanjang hari. Mereka akan merasakan kenyamanan sementara akibat pengaruh dari obat-obatan.

Halusinogen

Para pengguna narkoba akan merasakan halusinasi atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Hal inilah yang bisa membahayakan pemakai narkoba dan orang disekitarnya. Jika mereka mengendarai kendaraan atau memegang senjata tajam, tentunya mereka tidak bisa mengontrol diri mereka.

Stimulan

Zat-zat stimulan yang ada pada narkoba akan memeberikan pengaruh terhadap kerja organ-organ tubuh penggunanya,  seperti jantung dan otak sehingga para pemakainya akan merasa lebih bertenaga untuk sementara waktu. Organ tubuh yang terus dipaksa untuk bekerja di luar batas normal inilah yang akan merusak saraf-saraf organ tubuh sehingga akan mengakibatkan kematian. 

Adiktif (Kecanduan)

Dampak yang terakhir adalah kecanduan. Para pengguna narkoba akan merasakan ketagihan yang luar biasa sehingga mereka tidak bisa lepas dari narkoba itu sendiri. Mereka akan terus mengkonsumsi narkoba dan rela melakukan apa saja untuk mendapatkannya. Hal inilah yang akan menimbulkan perilaku-perilaku criminal karena jika mereka tidak mendapatkannya, mereka akan sakaw dan menyebabkan kematian bagi mereka.

Hadirin yang saya hormati,

Itulah dampak-dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh narkoba. Oleh karena itu, janganlah terpengaruh dengan kesenangan sesaat yang mereka tawarkan karena sesungguhnya narkoba itu sangat mematikan. Marilah kita menjaga diri kita dari pengaruh narkoba, dengan cara menghindari dan memeranginya. Khususnya kita sebagai para calon penerus bangsa, janganlah menggunakan narkoba karena nerkoba akan merusak masa depan kita.

Hadirn yang saya hormati,

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan saat ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Sebagai manusia biasa saya memohon maaf jika ada kesalahan dalam hal penyampaian pidato. Terim kasih saya ucapkan atas perhatiannya dan saya akhiri

Wabilahitaufik walhidayah, wasalamalaikum wr. wb.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top