Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

20 Contoh Kalimat Kritikan dan Pujian dalam Bahasa Indonesia

20 Contoh Kalimat Kritikan dan Pujian dalam Bahasa Indonesia - Kritikan dan pujian merupakan dua jenis perkataan yang memiliki makana yang berlawanan yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu akibat ulah atau tindakan yang ditimbulkannya. Kritikan biasanya ditujukan atas kerugian atau dampak negatif yang ditimbulkan, sebaliknya pujian dituaikan berkat hasil yang fantastis atau membawa bnyak keuntungan (dampak positif) dari suatu tindakan. Lebih lanjut pembahasan dan contoh mengenai kritikan dan pujian akan diuraikan dalam artikel ini.

 

a. Kritik


Kritik adalah suatu ungkapan atau tanggapan mengenai baik atau buruknya suatu tindakan yang akan atau sudah dibuat. Menurut kamus besar bahasa Indonsesia (KBB), kritik ialah suatu pernyataan kecaman atau tanggapan, yang seringkali diuraikan dengan uraian dan pertimbangan baik dan buruknya suatu kebijakan, atau karya, atau pendapat, atau penampilan seseorang. Kritik biasanya disampaikan oleh kritikus yaitu orang yang ahli atau pengamat dalam bidang tertentu. Kritikus biasanya memang sengaja diminta atau juga tidak akan memberikan penilaian, ulasan mengenai baik atau buruk dari dampak suatu tindakan, karya, atau penampilan yang telah dibuat. kritik dapat dikatakan sebagai suatu sikap ketidaksetujuan atas upaya atau tindakan yang telah dilakukan. Hal ini tentunya diambil dari uraian analisis masalah yang dapat muncul dari tindakan tersebut.

Berikut contoh kalimat yang mengandung kritikan:

1. Penampilan kamu malam ini sudah bagus, hanya saja pemilihan kostum yang kau gunakan pada malam ini kurang cocok dengan postur tubuh kamu yang pendek.
2. Kenaikan BBM akan menimbulkan kesejahteraan masyarakat semakin menurun. Hal ini karena kenaikan BBM akan diikuti dengan kenikan harga – harga lain serta tarif angkutan. Nasib rakyat kecil semakin diujung tanduk
3. Penegakkan hukum dinegara kita masih dimanipulasi oleh pemainan orang – orang yangberkuasa. Seharusnya mata hukum harus sama tanpa mengenal status sosial, aparat penegak hukum hendaknya mampu menegakkan hukum tanpa pandang bulu.
4. Pendidikan tak hanya melulu tanggung jawab aparat sekolah, namun keluarga serta masyarakat justru memiliki andil besar dalam pembentukkan pendidikan disekolah. Harapannya para stakeholder mampu saling bersinergi membentuk karakter anak bangsa.
5. Mengingat sekarang jumlah pengangguran makin bertambah, sekolah ataupun universitas sebaiknya tak hanya melulu membekali siswaya hanya dengan pengetahuan namun juga dengan keterampilan agar setelah keluar dari sekolah siswa mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.
6. Sebenarnya kamu sama cantiknya seperti mereka, hanya saja kau menyembuyikan kecantikanmu itu hingga banyak orang tak menyadari bahwa kau memamng amat cantik
7. Hari ini kamu telah mencatatkan rekor terbaru dengan berhasil finis pada 3 detik, hanya saja kamu harus menjaga posisi ketika sedang berada ditikungan, gunakan teknik pengereman yang baik agar menjaga kecepatan motormu.
8. Tayangan serial kartun Sinchan memang lucu dengan karakternya, namun tayangan ini memberikan contoh yang tidak baik bagi perkembangan anak – anak.
9. Orang tua hendaknya jangan melepas begitu saja anak –anak mereka. Orang tua harus mendampingi putra –putrinya dalam menonton acara televisi, mengingat banyak tayangan TV yang tidak patut ditonton apalagi dicontoh putra – putri.
10. Tulisanmu ini kurang teratur dan belum tersusun dengan baik. Tambahkan data – data pendukung untuk menguatkan pernyataan yang kamu buat.

Advertisement

 

b. Pujian


Pujian adalah suatu kalimat atau pernyatan yang mengungkapkan perasaan kekaguman atau tanggapan positif terhadap hasil suatu karya. Menurut KBBI, pujian adalah suatu pernyataan pengakuan dan penghargaan yang diutarakan suatu kebaikan atau keunggulan atau hasil yang spektakuler terhadap sesuatu. Pujian biasanya diutarakan karena suatu bentuk kesyukuran terhadap Tuhan akan prestasi yang dicapainya, atau dapat juga disampaika kepada seseorang yang melakukan suatu kebaikan, atau mencapai hasil yang memuaskan. Sehingga melalui pujian, sama halnya memberikan penghargaan kepada lawan bicara.

Contoh kalimat pujian:

1. Kami bangga padamu, meski keterbatasan ekonomi, kau berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Kau adalah contoh perjuangan anak bangsa, semuanya mungkin jika kita berusaha.
2. Selamat kuucapkan, atas penampilanmu malam ini yang amat memukau, bahkan sang juri pun tak mampu mengatakan apa – apa.
3. Alhamdulillah, segala puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa, acara ulang tahun Lampung sukses digelar sesuai rencana, kerja tim yang amat bagus, terimakasih rekan – rekan.
4. Tak hanya parasmu yang ayu, namun hatimu juga. Tindakanmu membangun desa ini menuai hasil yang bagus, kini anak – anak tak mampu itu berhasil pergi ke sekolah.
5. Tak diragukan lagi kemampuanmu ini sungguh luar biasa, lukisan penuh makna berhasil kau sulap mengandung sejuta makna, siapapun akan terpanah dengan arti yang terkandung di dalamnya.
6. Kamu memang pintar, tiga kali berturut turut menjadi juara kelas.
7. Subhanallah, begitu indahnya Indonesia, negri yang kaya akan kekayaan alam. Banyak hewan dan tumbuhan yang langka tinggal disini.
8. Kalian memang pasangan yang amat serasi, saling melengkapi satu sama lain.
9. Ibu, kau memang malaikatku. Kasih sayangmu tak terbalas oleh dunia.
10. Kesuksesn ini kupersembahkan untuk orang tuaku yang senantiasa menyertai langkahku. Ibu – bapak, ini untukmu.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top