Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Pengertian dan Contoh Kalimat Utama Adalah (Penjelasan Lengkap)

Pengertian dan Contoh Kalimat Utama Adalah (Penjelasan Lengkap) - Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama atau topik yang sedang didiskusikan di dalam sebuah paragraf. Kalimat utama biasanya merupakan sebuah kalimat utuh dan  bersifat umum. Kalimat ini didukung oleh kalimat-kalimat penjelas yang berupa data, contoh, dan penjabaran sehingga terbentuk suatu paragraf yang utuh.

Di dalam sebuah paragraf, kalimat utama terletak di awal, akhir dan ada juga yang terletak di awal dan akhir sebuah paragraf. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf disebut dengan paragraf deduktif, kalimat utama yang terletak di akhir paragraf disebut dengan paragraf induktif, sedangkan kalimat utama yang terletak di awal dan akhir disebut juga dengan paragraf campuran.

Menentukan Kalimat utama di dalam sebuah paragraf:

1. Bacalah paragraf tersebut dengan seksama.
2. Carilah topik atau masalah yang sedang didskusikan di dalam paragraf
3. Temukan Kalimat yang bersifat umum atau yang berupa kesimpulan.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah contoh-contoh kalimat utama di dalam sebuah paragraf.

Paragraf 1


Rumah Ani merupakan rumah yang sangat mewah dan luas. Dia memiliki sebuah taman bunga di halaman depan dan kolam ikan yang luas di halaman belakang. Rumahnya memiliki 3 lantai dengan banyak ruangan. Dinding-dinding rumah di bagian dalam dihiasi oleh ornament-ornamen cantik. Lantainya terbuat dari marmer yang sangat berkilau. Rumahnya dipenuhi oleh barang-barang yang berkelas. Semua pintu rumahnya terbuat dari kayu jati yang sangat mahal. Meja, kursi dan furniture lainnya buatan luar negeri dari bahan-bahan yang berkualitas dan juga sangat mahal.

Kalimat utama pada paragraf di atas terdapat di awal paragraf yaitu Rumah Ani merupakan rumah yang sangat mewah dan luas sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama. Oleh karena itu paragraf ini disebut dengan paragraf deduktif.

Paragraf 2


Pada era globalisasi saat ini. Dunia kerja menjadi semakin kompetitif dan sulit.  Seseorang yang memiliki soft skill mampu bebricara Bahasa Inggris memiliki peluang yang lebih besar untuk dapat diterima di tempat kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris memiliki peluang yang sangat kecil karena para pencari tenaga kerja lebih memilih karyawan yang berkualitas dan siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri. Itulah mengapa Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah daya saing di dalam dunia kerja.

Kalimat utama pada paragraf di atas terdapat di akhir paragraf yaitu Itulah mengapa Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah daya saing di dalam dunia kerja. Kalimat ini merupakan simpulan dari kalimat-kalimat penjelas di atasnya. Paragraf ini disebut juga dengan paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

Paragraf 3


Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa melakukan aktivitas apapun tanpa bantuan orang lain. Dimulai sejak kita dilahirkan di dunia ini bahkan sampai meninggal pun kita masih membutuhkan orang lain. Kita sangat membutuhkan pertolongan orang lain di dalam segala aspek kehidupan contoh yang sederhana adalah kita memerlukan petani untuk makan. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi karena memang begitu adanya sejak awal kehidupan di muka bumi ini.  Oleh karena itu manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. 

Kalimat utama di dalam paragraf di atas adalah Manusia adalah makhluk sosial dan Oleh karena itu manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Paragraf tersebut memiliki 2 buah kalimat utama dimana kalimat utama yang terletak di awal paragraf sebagai kalimat utama yang memperkenalkan topik yang akan di bahas dan yang terletak di akhir merupakan penegasan kembali kalimat utama yang disampaikan di awal paragraf. Paragraf ini disebut dengan paragraf campuran.


Advertisement

Latihan


Temukanlah kalimat utama di dalam paragraf-paragraf berikut ini!

Paragraf 1


Andi adalah anak yang sangat baik. Dia selalu membantu orang lain tanpa pamrih. Andi tidak pernah berbuat kasar kepada orang-orang disekitarnya. Dia bahkan di sukai oleh semua temannya. Apabila dia melihat temannya sedang mengalami masalah, dia adalah orang pertama yang menolongnya. Andi pasti akan sangat senang melakukan itu.

Paragraf 2


Udara di sekolahku sangatlah segar. Lingkungannya juga bersih dan hampir tidak ada sampah yang berserakan. Pohon-pohon yang rindang terawat dan terjaga dengn baik. Motor dan mobil terparkir dengan rapi di halaman parkir. Di sana juga terdapat taman bunga yang sangat indah yang memanjakan mata para penghuni sekolah. Itulah mengapa sekolah ku merupakan sekolah yang hijau dan bersih.

Paragraf 3

Olahraga sangat penting bagi tubuh kita. Dengan olahraga yang teratur dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit seperti jantung, stroke dan masih banyak lagi. Namun olahraga yang berlebihan juga tidak bagus untuk tubuh kita karena akan menyebabkan kita kelelahan. Olahraga juga akan membakar lemak-lemak yang terkumpul di dalam tubuh sehingga bagus untuk orang yang mengalami obesitsas. Bagi yang menginginkan bentuk tubuh yang bagus, oalahraga yang teratur dan asupn vitamin yang cukup akan membentuk masa otot. Olehkarena itu tubuh kita sangat memerlukan olahraga.

Kunci jawaban

Paragraf 1
Andi adalah anak yang sangat baik

Paragraf 2
Itulah mengapa sekolah ku merupakan sekolah yang hijau dan bersih.

Paragraf 3
Olahraga sangat penting bagi tubuh kita.
Olehkarena itu tubuh kita sangat memerlukan olahraga.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top