Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Kalimat Eksposisi dan Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Eksposisi dan Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia - Sesuai dengan makna dari kata “Ekspos” yang berarti memaparkan atau menjelaskan sesuatu kepada orang lain. Sesuatu yang dimaksud dengan kalimat eksposisi adalah kalimat yang isinya memaparkan, menjelaskan, atau memberikan pengertian dengan singkat, akurat, jelas dan padat kepada pembaca atau pendengarnya.

Ciri-ciri kalimat eksposisi:

1. Memaparkan atau menjelaskan sesuatu dengan jelas
2. Memiliki alasan penguat atau pendukung seperti, contoh, data, dan lain-lain.
3. Bisa merupakan sebuah penafsiran yang objektif terhadap suatu peristiwa.
4. Biasanya merupakan data faktual atau kejadian yang benar-benar terjadi.
5. Bersifat informatif.

Contoh kalimat eksposisi:

1. Cengkeh (eugenia-carllophulinta) adalah tumbuhan yang selalu hijau sepanjang tahun dan merupakan tanaman asli kepulauan Maluku.
2. Sapi Limousin adalah jenis sapi yang berukuran sangat besar dari hasil rekayasa genetik yang beratnya mencapai 2 ton.
3. Kecelakaan itu disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk saat mengendarai mobil dan menabrak beberapa pengendara sepeda motor.
4. Indonesia disebut dengan Negara Kepulauan karena terdiri dari ribuan pulau kecil dan 6 pulau besar yang tersebar dari sabang hingga merauke.
5. Ikan bisa dijadikan sebagai alat terapi yang sangat bagus untuk kesehatan kaki manusia karena ikan bisa memakan kulit-kulit mati yang menumpuk.
6. Letusan gunung merapi yang terjadi pada saat itu sangatlah dahsyat disertai dengan gemuruh dan awan panas yang menyembur dari kawah puncak gunung.
7. Saat ini telepon mengalami pergeseran fungsi yang pada awalnya berfungsi sebagai alat komunikasi kini menjadi media hiburan.

 

Paragraf Eksposisi


Kalimat-kalimat eksposisi yang beriringan membentuk suatu paragraf yang disebut dengan paragraf eksposisi. Paragraf eksposisi  adalah paragraf yang menyajikan sejumlah informasi atau pengetahuan yang disampaikan kepada para pembaca atau pendengarnya. Pada paragraf eksposisi, pembaca atau pendengar bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas karena paragraf ini menyajikan sejumlah informasi yang lebih banyak dan lengkap.
Advertisement

Paragraf eksposisi memiliki beberapa jenis yaitu:

1. Eksposisi Definisi

Eksposisi definisi adalah paragraf yang memaparkan suatu definisi atau pengertian tentang suatu topik atau benda.

Contoh:

Gajah sumatera adalah jenis gajah yang terkecil di dunia. Beratnya yang hanya mencapai 1 ton dan memiliki tinggi badan 3 meter sangat jauh jika dibandingkan dengan gajah afrika. Gajah sumatera tersebar di seluruh hutan hujan pulau sumatera dari Aceh hingga ke Lampung. Gajah merupakan hewan herbivora. Mereka memakan tanaman seperti rumput, pohon kecil bahkan ranting pohon.

2. Eksposisi Proses

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang memaparkan suatu proses terjadinya sesuatu secara detail.

Contoh:

Oksigen yang kita hirup sehari-hari dihasilkan dari proses yang cukup panjang yang disebut dengan proses Photosynthesis. Pertama-tama tumbuhan menyerap karbondioksida melalui stomata. Kemudian karbondioksida tersebut dipecah menjadi beberapa unsur yang salah satunya adalah oksigen. Oksigen yang merupakan hasil proses Photosynthesis dilepaskan di udara.

3. Eksposisi Pertentangan

Eksposisi pertentangan adalah paragraf yang memaparkan sesuatu dengan memberikan dua buah ilustrasi atau contoh yang saling bertentangan.

Contoh:

Orang-orang sukses selalu memanfaatkan waktu mereka dengan sebaik mungkin. Mereka mampu melihat peluang yang tersembunyi di dalamnya. Sebaliknya, orang gagal adalah orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu dan tidak bisa melihat kesempatan dalam suatu keadaan.

4. Eksposisi Klasifikasi

Eksposisi klasifikasi adalah paragraf yang memaparkan suatu topik dengan cara mengklasifikasikan atau mengelompokan.

Contoh:

Kehidupan mahasiswa dikampus sangat beragam. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok yang berdasarkan keaktifan mereka di kampus. Kelompok mahasiswa yang pertama disebut mahasiswa aktifis. Mereka sangat aktif dalam kegiatan organisasi kampus. Yang kedua adalah mahasiswa kutu buku. Mereka selalu menghabiskan waktunya dengan belajar sehingga tak heran mahasiswa ini selalu memiliki nilai yang bagus. Yang terakhir adalah mahasiswa Kupu-Kupu. Kupu-kupu merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut mahasiswa yang tidak aktif dan tidak terlalu pintar. Kupu-kupu sendiri merupakan singkatan dari Kuliah pulang-Kuliah pulang.

5. Eksposisi Ilustrasi

Eksposisi ilustrasi adalah paragraf yang memaparkan suatu topik dengan menggambarkan suatu hal yang memiliki kesamaan atau kemiripan dengan suatu hal lainnya.

Contoh:

Hubungan keluarga merupakan hubungan yang sangat kuat. Hubungan ini pun diibaratkan seperti sebuah tubuh. Dimana semua anggota keluarga akan merasakan hal yang dirasakan oleh anggota lainnya. Seperti halnya sebuah tubuh yang akan merasa sakit jika salah satu anggota tubuhnya sakit.

6. Eksposisi Berita

Eksposisi berita adalah paragraf yang memaparkan suatu peristiwa tertentu dengan detail.

Contoh:

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada hari senin malam kemarin menyebabkan satu orang meninggal dunia dan 6 orang luka-luka. Insident ini berawal dari sebuah bus yang melaju dengan kencang tiba-tiba oleng dan menumbur sejumlah kendaraan yang diparkirkan di pinggir jalan. Korban tewas bernama Surtono 34 tahun seorang pejalan kaki yang kebetulan sedang melintas.

7. Eksposisi Perbandingan

Eksposisi perbandingan adalah paragraf yang memaparkan sesuatu dengan cara membandingkan dengan yang lain.

Contoh:

Hukuman bagi para koruptor di Indonesia sangatlah ringan. Mereka biasanya hanya dikenai hukuman penjara selama 5 tahun. hal ini tidak sama dengan apa yang pemerintah China terapkan. Mereka akan menghukum mati koruptor disaksikan oleh seluruh masyarakat umum. Itulah mengapa tingkat korupsi di China sangat sedikit.

8. Eksposisi Analisis

Eksposisi analisis adalah paragraf yang memaparka topiknya dengan menyampaikan beberapa pandangan atau analisa pada suatu topic yang sedang dibahas.

Contoh:

Sudah sepekan Pesawat Air Asia yang jatuh di tengah laut belum juga ditemukan. Hal ini menimbulkan beberapa spekulasi tentang musibah ini. Ada yang mengatakan bahwa telah terjadi aksi terorisme di dalam pesawat yang mengakibatkan pesawat meledak di udara dan jatuh di Lautan Sulawesi.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top